Sukses

Warganet Twitter Geger Seteru Food Vlogger Codeblu dan Farida Nurhan Buntut Review Warung Nyak Kopsah

Warganet di Twitter ikut geger dengan perseteruan antara food reviewer Codeblu dengan Farida Nurhan imbas review jujur warung Nyak Kopsah yang sempat viral beberapa hari lalu.

 

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari lalu viral tentang pemilik restoran Warung Oseng Madun Nyak Kopsah, Bang Madun, yang marah-marah karena tidak terima rumah makan miliknya mendapatkan review jujur dari food vlogger Makanlurr alias Aa Juju.

Hal ini pun jadi viral, sehingga membuat food reviewer lain yang terkenal dengan review jujur-nya, Codeblu, turut datang ke warung makan Nyak Kopsah untuk me-review tempat tersebut.

Rupanya, hasil review jujur Codeblu menyebutkan sejumlah keluhan pada rasa dan tampilan makanan dari rumah makan di daerah Tangerang itu.

Hasil review Codeblu tersebut juga viral di media sosial, pasalnya selain menyebutkan rasa sejumlah makanan, Codeblu juga mendapati bahwa warung makan Nyak Kopsah ternyata memberikan kresek merah ke pembeli lain yang mau membungkus makanannya.

Sementara saat Codeblu meminta makanan dibungkus, ia mendapatkan stereofoam untuk membungkus makanan dan kantong kresek merah untuk membawa makanan yang dibungkus.

Hal ini pun memicu respon dari food vlogger Farida Nurhan. Ia menegur kedua food vlogger yang memberikan kritik pada warung makan Nyak Kopsah dengan cara yang tidak tepat. Imbasnya adalah berujung saling serang di media sosial.

Apalagi, saling serang makin panas ketika Farida Nurhan menyebarkan data pribadi Codeblu tanpa izin alias doxxing. Faridah Nurhan membongkar nama asli food reviewer tersebut.

Bukan hanya itu, Codeblu juga dituding menculik anak perempuan orang lain. Ia menyebarkan rekaman suara diduga ibu mertua Codeblu yang curhat pada pemilik warung Nyak Kopsah bahwa anaknya diculik dan dicuci otak oleh Codeblu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Farida Nurhan Dituding Lakukan Doxxing ke Codeblu

Nama asli Codeblu pun disebutkan dalam rekaman yang disebarkan itu. Atas hal ini, Codeblu pun melayangkan somasi, ia memberi batas waktu 1x24 jam agar Farida Nurhan meminta maaf.

Belakangan, seteru keduanya jadi ramai di media sosial, khususnya Twitter alias X. Warganet banyak yang memberikan komentar atas keributan dua food vlogger ini.

Ada warganet yang menjelaskan soal keributan antara Codeblu dengan Farida Nurhan alias Omay.

"War omay vs codeblu berlanjut sampai akhirnya codeblu ngelaporin si omay karena ngelakuin doxing, udah doxing bodyshaming pula, lupa kalau ada UU ITE. Karena emang si codeblu ini tiap review makanan gapernah nunjukkin mukanya selain istrinya," kata seorang warganet.

Komentar warganet pun terbelah, ada yang membela Codeblu tetapi ada juga yang tidak mau membenarkan cara Codeblu dalam mengkritik makanan.

"Yang bikin kesel, dia bawa-bawa masalah pribadi istri Codeblu sama bawa fisik Codeblu, itukan sama aja body shaming," kata seorang warganet.

3 dari 4 halaman

Warganet Respon Seteru Farida Nurhan dan Codeblu

Mereka yang tak membela Codeblu menyebut pria tersebut bermasalah.

"Codeblu ini emang kayaknya rada bermasalah orangnya. Kok bisa ya ada orang ngaku-ngaku punya standard tinggi tapi ikutan makan di warung biasa. Dia ikut makan di situ karena warungnya lagi bermasalah ama vlogger lain. Pengen numpang rame doang sih," kata seorang warganet.

Ada pula yang beranggapan kalau kejadian viral ini sebenarnya jadi momentum.

"Iya bener ada yang bilang there's no such things as bad marketing, viral ini juga bisa jadi momentum. Terlepas dari respon restoran, gue cuma mau komentarin dari cara review Codeblu aja. Kalau misalnya dia kasih bad review abis itu restonya bangkrut gimana?" tulis seorang pengguna Twitter.

Warganet lain menyebut, Farida Nurhan malah ikut panjat sosial. "Si Omay makin menjadi-jadi pansos sama masalah orang, padahal nnggak ada urusan," kata seorang pengguna Twitter.

4 dari 4 halaman

Warganet Tunggu Klarifikasi di Podcast Close The Door dan Denny Sumargo

Ada pula pengguna Twitter lain yang kecewa dengan sikap Farida Nurhan.

"Jujur gue suka kontennya dia tapi lama-lama rada kesel, kenapa dia bawa-bawa fisik Codeblu," tulis pengguna Twitter tersebut.

Warganet lain pun ikut sebal karena Farida Nurhan melakukan body shaming terhadap Codeblu.

"Coba liat video dia body shaming ke Codeblu, gila ngeri banget, bikin gedeg liatnya," tulis seorang pengguna Twitter.

Ada lagi komentar lucu yang justru menunggu Codeblu dan Farida Nurhan untuk duduk di podcast Close The Door hingga Denny Sumargo.

"Menunggu Aa Juju, Codeblu, dan Farida Nurhan diundang ke podcast Densu dan Deddy Corbuzier," kata seorang warganet.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.