Sukses

Cara Menghapus Cache YouTube di Android dan iOS, Panduan Lengkap Percepat Kinerja HP

Cara menghapus cache YouTube di Android dan iOS untuk mempercepat kinerja HP. Simak panduan lengkap dan dampaknya di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Anda pernah mengalami aplikasi di perangkat iOS dan Android semakin lemot, hingga terpaksa ditutup secara paksa (forced close). Ini adalah masalah umum dihadapi banyak pengguna, termasuk aplikasi populer seperti YouTube

Penting untuk memahami, aplikasi umumnya memiliki dua jenis penyimpanan, yaitu penyimpanan data dan cache

Cache aplikasi berfungsi untuk mempercepat proses memuat aplikasi dengan menyimpan data tertentu dari kunjungan-kunjungan sebelumnya. Namun, seiring berjalannya waktu, cache ini akan terkumpulkan, dan kumpulan cache yang berlebihan bisa memperlambat kinerja aplikasi.

Ini juga menjadi salah satu alasan mengapa aplikasi milik Google ini, dikomplain pengguna karena menghabiskan banyak ruang penyimpanan di perangkat kamu. 

Lalu bagaimana cara menghapus cache YouTube pada perangkat iOS dan Android? Anda dapat mengikuti langkah mudah di bawah ini.

Bagi pengguna Android, menghapus cache YouTube biasanya dapat dilakukan dengan cepat. Namun, pertanyaannya adalah bagaimana cara menghapus cache ini jika kamu adalah pengguna iPhone. Apakah kamu masih memiliki opsi yang sama?

Selanjutnya, kami akan menjelaskan efek dari menghapus cache YouTube dan memberikan panduan tentang cara melakukannya di smartphone, seperti yang dituliskan Guiding Tech pada Senin (25/9/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hal yang Akan Berubah Saat Menghapus Cache

Data Aplikasi

Sebagian besar data aplikasi kamu akan tetap utuh ketika menggunakan opsi hapus cache di perangkat Android. 

Namun, mencopot pemasangan aplikasi di iPhone kamu atau menghapus semua cache browser dapat menyebabkan beberapa atau semua data terhapus. 

Dalam kasus ini, kamu mungkin juga akan diminta untuk login ulang ke YouTube.

Kecepatan Memuat Aplikasi

Karena cache aplikasi adalah kumpulan data sementara yang dirancang untuk membantu aplikasi saat dimuat, kamu mungkin akan melihat waktu pemuatan yang lebih lama dari biasanya saat pertama kali menghapus cache YouTube.

Hal ini akan membaik setelah kamu menggunakan aplikasi beberapa kali.

Ukuran Aplikasi

Seiring waktu, cache akan bertambah banyak dan bertambah besar. 

Jadi, setelah kamu menghapus cache, ukuran aplikasi YouTube juga akan berkurang. Ukuran keseluruhan browser kamu juga akan berkurang pada perangkat kamu setelah kamu menghapus cache browser.

Masalah Aplikasi

Menghapus cache aplikasi adalah cara terbaik untuk menyelesaikan sebagian besar masalah aplikasi. 

Jadi, jika kamu sering mengalami masalah saat menggunakan YouTube di ponsel atau desktop, masalah tersebut juga dapat teratasi setelah cache dihapus.

Sekarang, mari ke intinya!

3 dari 4 halaman

Hapus Cache Aplikasi YouTube di Android

Menghapus cache untuk sebagian besar aplikasi lebih mudah bagi pengguna Android karena menu Pengaturan Android memiliki ketentuan yang diperlukan. Berikut ini cara melakukannya:

  1. Buka aplikasi Pengaturan pada perangkat kamu.
  2. Di sini, scroll ke bawah dan ketuk Aplikasi.
  3. Setelah daftar aplikasi terbuka, ketuk YouTube.
  4. Kemudian, ketuk Penyimpanan.
  5. Ketuk Hapus cache.

Ini akan langsung menghapus cache untuk aplikasi YouTube Android.

4 dari 4 halaman

Hapus Cache Aplikasi Youtube di iPhone

Menghapus cache akan menjadi rumit jika kamu menggunakan iPhone. Ini karena tidak adanya opsi asli. Jadi, kamu dapat menghapus dan menginstal ulang aplikasi YouTube. Ini akan menghapus semua data aplikasi, termasuk cache aplikasi.

  1. Tekan lama aplikasi YouTube.
  2. Di sini, ketuk Hapus Aplikasi.
  3. Kemudian, ketuk Hapus Aplikasi.
  4. Jika diminta, ketuk Hapus untuk mengonfirmasi. Ini akan menghapus aplikasi YouTube dari iPhone kamu. Setelah proses pencopotan pemasangan selesai, buka App Store dan pasang kembali aplikasi YouTube iOS.

Catatan: kamu harus login akun YouTube lagi untuk mengakses data aplikasi sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.