Sukses

Apa itu Scrim Mobile Legends? Istilah Populer di Kalangan Pro Player

Mengenal arti kata Scrim, sebuah istilah latihan yang banyak digunakan pro player dalam skena kompetitif.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi kamu yang sering menonton livestream pro player ML idola, atau mengikuti pemberitaan esports ML, pasti sudah tak asing denggan istilah scrim atau scrimmage.

Scrim dalam ML (Mobile Legends: Bang Bang) adalah istilah umum didengar pemain skena kompetitif atau mereka akrab dengan dunia esports.

Mengutip AFK Gaming, Rabu (20/9/2023), istilah ini mengacu pada rutinitas latihan simulasi, dengan sebuah tim bertanding melawan tim lain melalui format turnamen custom untuk melihat seberapa baik performa mereka dalam pertandingan kompetitif.

Meskipun scrim di ML merupakan pertandingan kompetitif, sebagian besar tim berhati-hati untuk tidak mengungkapkan terlalu banyak gaya bermain atau strategi mereka kepada tim lain.

Tujuan utama dari turnamen custom ini adalah untuk meningkatkan chemistry tim melawan tim kompetitif lain yang memiliki kemampuan yang sama dengan mereka.

Melakukan scrim di ML jauh lebih disukai dalam esports daripada hanya bermain di pertandingan ranked sebagai sebuah tim profesional.

Layaknya pertandingan kompetitif, scrim mensimulasikan aturan dan mekanisme turnamen sebenarnya di antara dua tim, pertandingan ini tidak resmi atau bagian dari turnamen apa pun.

Scrim murni berfungsi sebagai tempat pelatihan bagi tim untuk mengasah skill dan strategi mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tujuan Scrim dalam ML

Mengasah Skill

Scrimmage memungkinkan pemain untuk meningkatkan keterampilan mereka, bereksperimen dengan pahlawan yang berbeda, dan menyempurnakan mekanisme permainan mereka.

Hal ini sangat penting untuk mempertahankan keunggulan kompetitif dalam turnamen ML.

Chemistry

ML adalah permainan berbasis tim, dan komunikasi yang efektif serta sinergi adalah kunci keberhasilan. \

Scrimmage memberikan kesempatan kepada tim untuk meningkatkan koordinasi dan kerja sama tim, menyempurnakan strategi dan taktik mereka.

Memahami Meta

Meta game ML terus berkembang, dengan pahlawan dan strategi baru yang muncul secara teratur.

Scrimmage membantu tim untuk tetap mengikuti perkembangan meta saat ini, beradaptasi dengan perubahan, dan menyusun strategi balasan.

Menganalisis Kelemahan 

Scrimmage adalah saat yang ideal untuk mengidentifikasi dan mengatasi kelemahan dalam permainan tim.

Dengan melihat rekaman scrim, tim dapat menentukan area yang perlu ditingkatkan dan fokus pada aspek tertentu dari kinerja mereka.

3 dari 4 halaman

Bagaimana Sesi Scrim Bekerja di ML

Scrimmage biasanya diselenggarakan oleh tim Mobile Legends sendiri atau dengan bantuan komunitas dan organisasi game. Berikut ini adalah gambaran umum dasar tentang cara kerjanya:

Penjadwalan

Tim menyepakati tanggal dan waktu untuk scrimmage. Biasanya tim menjadwalkan beberapa scrimmage dalam satu periode untuk memaksimalkan kesempatan latihan.

Drafting and Picking

Mirip dengan turnamen resmi Mobile Legends, tim melalui fase drafting di mana mereka memilih dan melarang hero untuk digunakan dalam sebuah pertandingan. Hal ini memungkinkan mereka untuk melatih strategi dan komposisi tim.

Gameplay

Scrimmage berlangsung dalam permainan Mobile Legends standar, tetapi penekanannya adalah pada pembelajaran dan peningkatan daripada menang atau kalah. Tim memainkan beberapa ronde, menganalisis kinerja mereka setelah setiap ronde.

Analisis Pasca Scrim

Setelah melakukan scrim di ML, tim sering kali meninjau tayangan ulang permainan, mendiskusikan strategi mereka, dan memberikan umpan balik satu sama lain. Analisis ini sangat penting untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

4 dari 4 halaman

Infografis: Film Horror Digemari Masyarakat Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini