Sukses

HUB.ID x Nex-BE Fest 2023 Gandeng Kominfo Ciptakan 750 Potensi Sinergi Antara BUMN dan Startup

Acara HUB.ID x Nex-BE Fest 2023 diklaim menghasilkan 750 potensi sinergi yang menghubungkan 80 peserta startup dan 80 mitra bisnis yang hadir dalam total 12 sesi.

Liputan6.com, Jakarta - MDI Ventures dan Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), menggelar Partner Day HUB.ID x Nex-BE Fest 2023 yang mengangkat tema 'Fostering Synergy Network for Stronger Digital Economic Growth'.

Nex-BE Fest (Next Billion Ecosystem Festival) merupakan acara tahunan dari MDI Ventures dan TMI yang bertujuan untuk menjembatani peluang solusi digital serta sinergi baru dari startup digital ke dalam ranah BUMN dan berbagai unit bisnis di lingkungan Telkom Group.

MDI Ventures dan TMI memperluas kerjasama dengan program akselerator Kominfo, HUB.ID, untuk semakin memperbesar dampak sinergi BUMN dan startup.

Acara HUB.ID x Nex-BE Fest 2023 yang digelar 13-14 September 2023 ini dihadiri oleh 500 peserta, baik dari sektor privat, universitas, BUMN, dan lini bisnis Telkom Group yang mengikuti match-making dengan startup di portofolio MDI Ventures, TMI, dan HUB.ID.

Hasilnya, ada sekitar 750 sesi match-making yang menghubungkan 80 peserta startup dan 80 mitra bisnis yang hadir dalam total 12 sesi.

“Para startup, perusahaan BUMN dan swasta dapat melakukan eksplorasi mendalam untuk memahami kebutuhan bisnis masing-masing, sekaligus bertukar solusi sesuai dengan kapabilitas yang mereka miliki," kata CEO MDI Ventures, Donald Wihardja, melalui keterangannya, Sabtu (16/9/2023).

Ia menambahkan, esensi utama dari Nex-BE Fest adalah menggali peluang sinergi baru yang akan berdampak positif bagi pertumbuhan bisnis startup dan juga perusahaan BUMN hingga swasta yang berpartisipasi.

Potensi kolaborasi strategis antara BUMN dan startup terwujud dalam penandatanganan proyek baru dari kedua belah pihak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

498 Busines Matchmaking

Direktur Digital Business Telkom Group Fajrin Rasyid menilai melalui HUB.ID X NEX-Be Fest 2023, Telkom Indonesia dengan MDI Ventures dan TMI dapat menggali potensi sinergi dan ide-ide inovatif yang diharapkan dapat memberi dampak yang real dan signifikan bagi ekonomi digital Indonesia.

"Hal tersebut diwujudkan melalui business matchmaking antara startup-startup portfolio MDI & TMI, dengan berbagai perusahaan Telkom Group dan juga BUMN lainnya," ucapnya.

Sejak pertama kali diselenggarakan pada 2019, Nex-BE Fest telah berhasil mendukung pengembangan ekosistem digital BUMN dan startup melalui total 498 business matchmaking.

Hingga pada pertengahan 2023, tercatat nilai sinergi antara startup dan BUMN mencapai lebih dari USD 686 juta, begitu pun dengan jumlah peserta yang meningkat sebesar 3,2 kali lipat.

Selain itu, pertemuan bisnis juga diklaim meningkat sebesar 5,4 kali dan nilai sinergi yang dihasilkan juga ikut meningkat 2,7 kali lipat dari awal penyelenggaraannya.

3 dari 3 halaman

Infografis: Apa untungnya membeli Freeport? (Dok Kementerian BUMN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.