Sukses

Sony Rilis Update Besar-Besaran ke PS5, Hadirkan Deretan Fitur Baru

Sony resmi menggulirkan pembaruan besar-besaran untuk konsol PS5 yang menghadirkan banyak fitur baru, seperti dukungan Dolby Atmos hingga kontroler DualSense kedua.

Liputan6.com, Jakarta - Sony remsi menggulirkan pembaruan besar-besaran untuk PlayStation 5 atau PS5. Update ini dirilis setelah uji coba beta digulirkan dalam waktu kurang lebih satu bulan.

Mengutip informasi dari The Verge, Jumat (15/9/2023), update ini membawa sejumlah pembaruan untuk konsol PS5. Salah satunya adalah dukungan fitur Dolby Atmos.

Dukungan Dolby Atmos ini hadir dalam bentuk 3D Audio Sony. Fitur ini kompatibel dengan perangkat audio yang mendukung Dolby Atmos seperti sound bar, TV, hingga home theater.

Bersama dengan pembaruan ini, aplikasi media seperti Netflix di PS5 juga akan segera mendukung fitur audio Dolby Atmos. Selain itu, pengguna juga bisa mematikan suara yang muncul ketika konsol menyala atau mati.

Fitur lain yang juga tidak kalah menarik adalah kemampuan menambahkan kontroler DualSense kedua di satu akun. Kontroler ini nantinya bisa berfungsi untuk kontroler bantuan ketika memainkan PlayStation 5.

"Kamu sekarang bisa menambahkan kontroler kedua di satu akun sebagai bantuan, dan menggunakan dua kontroler itu untuk mengoperasikan PS5 sehingga seolah-olah dikontrol dari satu kontroler," tutur SVP Platform Sony Interactive Entertainment Hideaki Nishino.

Menurut Hideaki, fitur ini memperkenalkan cara baru dalam berkolaborasi ketika bermain game. Sebagai contoh, fitur ini dapat digunakan pemain mendapatkan bantuan dari orang lain ketika menemukan permainan yang menantang.

Sony juga meningkatkan dukungan memori internal eksternal M.2 SDD hingga 8TB. PS5 juga menambahkan sejumlah peningkatan UI dan perubahan navigasi lewat pembaruan ini.

Sebagai contoh, pengguna PS5 kini bisa mengaktifkan haptic feedback langsung dari kontroler DualSense sambil tetap menjelajahi menu yang ditampilkan. Kemampuan voice command juga ditingkatkan.

Tidak hanya itu, Sony juga memperluas dukungan PS Remote Play ke lebih banyak perangkat Android TV. Kini, aplikasi PS Remote Play tersedia di perangkat yang menjalankan Android TV OS 12, Chromecast dengan Google TV (4K), dan TV Sony Bravia XR A95L.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Roblox Siap Hadir di Konsol PS5 dan PS4 pada Oktober 2023

Di sisi lain, Roblox bakal hadir di konsol PlayStation 4 (PS4) dan PlayStation 5 (PS5) pada bulan Oktober 2023. Pengumuman ini disampaikan dalam Roblox Developers Conference (RDC) 2023 Jumat pekan lalu.

Selain di konsol PS, Roblox juga bakal dibawa ke platform Meta Quest pada akhir bulan September ini, setelah sebelumnya diluncurkan melalui akses versi beta bagi para developer.

Game Roblox memang sudah bisa tersedia di berbagai platform mulai dari PC, Mac, Xbox, sampai iOS dan Android. Namun, mereka belum hadir di konsol milik Sony tersebut.

"Kami mengumumkan bahwa bulan depan, jutaan pemilik konsol PlayStation akan bisa mengakses katalog lengkap pengalaman Roblox," tulis pihak pengembang dalam blog resminya, dikutip Senin (11/9/2023).

"Memasukkan pengalaman pengembang kami ke dalam dua platform luar biasa ini merupakan langkah signifikan dalam menjadikan Roblox tersedia di semua perangkat paling populer," kata mereka.

Mengutip The Verge, isyarat kehadiran Roblox di PlayStation sebenarnya mulai terlihat pada tahun 2022. Ketika itu, mereka membuka lowongan kerja untuk PlayStation engineer.

Selain itu, CEO David Baszucki dalam laporan pendapatannya bulan Agustus juga menyebutkan perusahaan sedang berusaha membawa Roblox ke PlayStation dan Nintendo Switch.

 

3 dari 4 halaman

Sony Luncurkan PlayStation Portal Buat Main PS5 Dari Jarak Jauh via Wi-Fi

Sebelumnya, Sony meramaikan tren handheld gaming dengan meluncurkan perangkat terbaru mereka, PlayStation Portal remote player.

Namun, alih-alih perangkat yang dapat berdiri sendiri seperti Steam Deck atau ROG Ally, PlayStation Portal dihadirkan sebagai pendukung atau pelengkap dari konsol PS5, sehingga pemain tak perlu berada terus menerus di depan layar besar.

Hideaki Nishino, Senior Vice President, Platform Experience, Sony Interactive Experience mengatakan, PlayStation Portal menghadirkan pengalaman menggunakan PlayStation 5 (PS5) di tangan pemain.

"PlayStation Portal adalah perangkat yang sempurna untuk para gamer di rumah yang mungkin perlu berbagi TV di ruang tamu atau sekadar ingin memainkan game PS5 di ruangan lain di rumah," kata Nishino.

Dengan PlayStation Portal, pengguna akan dapat terhubung dari jarak jauh ke perangkat PS5-nya melalui Wi-Fi, sehingga pemain bisa beralih dengan cepat dari konsol PS5 ke PlayStation Portal.

4 dari 4 halaman

Kemampuan PlayStation Portal untuk PS5

Di sini, pemain hanya bisa memainkan game yang didukung dan sudah diinstal di konsol PS5, serta menggunakan kontroler Dualsense.

Perangkat ini juga hadir dengan jack audio 3,5 mm untuk perangkat audio dengan kabel. Fitur-fitur seperti DualSense wireless controller, termasuk adaptive triggers dan haptic feedback juga didukung.

Sementara, layarnya menggunakan LCD 8 inci dan sudah dapat menampilkan resolusi 1080 di 60fps.

Dikutip dari blog resmi PlayStation, PlayStation Portal bakal dirilis akhir tahun ini dengan harga USD 199,99 di Amerika Serikat, EURO 219,99 di Eropa, GBP 199,99 di Britania Raya, dan YEN 29.980 di Jepang.

Apabila dikonversi ke Rupiah dari USD, PlayStation Portal dibanderol dengan harga Rp 3 jutaan. Meski begitu, tidak diketahui apakah perangkat pendukung PS5 ini akan dirilis di Indonesia atau tidak.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.