Sukses

Apple Watch Series 9 Meluncur, Ini Harga dan Spesifikasinya

Apple memperkenalkan Apple Watch Series 9, berikut fitur-fitur dan spesifikasinya.

Liputan6.com, Jakarta - Apple memperkenalkan smartwatch baru mereka Apple Watch Series 9 dalam gelaran Apple Event pada Rabu (13/9/2023) dini hari WIB.

Di Apple Watch Series 9, Apple menghadirkan SiP (system in package) S9 baru yang memiliki performa lebih baik ketimbang pendahulunya.

Chip SiP S9 ini membawa 60 persen lebih banyak transistor dan 30 persen lebih cepat dibanding Series 8. Penggunaan S9 SiP ini juga memungkinkan smartwatch diklaim bisa bertahan hingga 18 jam.

Permintaan dengan Siri juga kini bisa diproses langsung dalam perangkat wearable yang satu ini, sehingga membuatnya lebih cepat dan aman, permintaan umum seperti memulai olahraga pun tidak perlu dilakukan di cloud.

Berkat pemrosesan perangkat yang aman, perintah pada Series 9 25 persen lebih akurat jika dibandingkan Series 8.

Siri di jam tangan baru Apple ini juga bakal bisa mengakses data kesehatan, misalnya bagaimana tidur pengguna, level oksigen dalam darah, jumlah langkah, hingga berapa penambahan berat badan pengguna.

Kueri kesehatan Siri pun bakal tersedia akhir tahun ini dalam Bahasa Inggris dan Mandarin, dengan bahasa lainnya bakal menyusul.

Fitur lain yang dihadirkan di Apple Watch Series 9 adalah WatchOS 10, untuk mempermudah pengguna berbagi informasi kontak dengan Apple Watch orang lain memakai NameDrop.

Jam tangan pintar baru ini juga dapat melakukan ping ke iPhone berkat dukungan chip Ultra Wideband terbaru. Jadi, Watch Series 9 bakal memungkinkan pengguna lebih presisi menemukan iPhone-nya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur Double Tap

Series 9 juga memiliki layar Retina edge-to-edge yang always-on, dengan kecerahan hingga 2000 nits atau 2 kali lipat dibandingkan pendahulunya.

Kecerahan Apple Watch Series 9 bahkan bisa diturunkan 1 nits apabila digunakan di lingkungan seperti bioskop atau saat malam hari.

Apple juga menghadirkan gestur baru untuk smartwatch ini. Di Watch Series 9, dihadirkan gestur baru untuk skenario saat tangan pengguna sedang melakukan hal lain atau sibuk.

Watch Series 9 bisa menggunakan Double Tap, yaitu dengan mengetukkan ibu jari dan jari telunjuk dua kali. Fitur ini bisa dipakai untuk menjawab atau mengakhiri panggilan.

Fitur ini juga bisa dipakai untuk menghentikan timer, menunda alarm, atau memutar dan menjeda musik.

Ini juga dapat digunakan untuk memunculkan Smart Stack, melihat perubahan kecil pada gerakan dan aliran darah menggunakan akselerometer dan sensor oksigen darah.

 

3 dari 3 halaman

Ramah Lingkungan

Apple juga merilis Apple Watch SE terbaru, yang menawarkan fitur-fitur seperti Activity Tracking, notifikasi tinggi dan rendah heart rate, Fall dan Crash Detection, Emergency SOS, serta watchOS 10.

Apple menambahkan, mereka kini menggunakan casing dan band yang ramah lingkungan, dengan kombinasi tertentu untuk seri-seri terbaru ini menjadi produk netral karbon pertama perusahaan.

Apple mengklaim, sebagai bagian dari Apple 2030, jejak karbon dari Apple Watch telah berkurang secara signifikan.

Apple Watch Series 9 tersedia dalam dua varian ukuran yaitu 41 mm dan 45 mm, dengan pilihan warna case starlight, midnight, silver, (PRODUCT) RED, dan case pink alumunium, serta case stainless steel gold, silver, dan graphite.

Di AS, Apple Watch Series 9 dijual dengan harga mulai dari USD 399 (Rp 6,1 juta) sementara Apple Watch SE terbaru dipasarkan di harga mulai dari USD 249 (sekitar Rp 3,8 juta).

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.