Sukses

6 Aplikasi Edit Foto Gratis yang Punya Fitur Mirip Photoshop

Daftar 6 aplikasi edit foto gratis yang dapat kamu gunakan bila tak ingin mengeluarkan uang untuk Adobe Photoshop

Liputan6.com, Jakarta - Editing merupakan salah satu hal terpenting di dunia fotografi. Dengan mengedit gambar, kamu dapat mengubah hasil jepretanmu menjadi lebih menakjubkan. Selain itu, kamu juga bisa menciptakan editan foto lucu maupun nyeleneh sebagai lelucon dengan teman-temanmu.

Selama ini orang mengetahui bahwa Adobe Photoshop merupakan tempat mengedit gambar paling banyak digunakan oleh para profesional.

Tak heran, Adobe Photoshop memiliki banyak sekali fitur dan kelebihan, yang dapat mengubah foto sesuai dengan keinginan editor. 

Belum lagi fitur baru AI Generatif yang memungkinkan kamu memadukan keahlian editing manual dengan kecerdasan buatan AI untuk mengubah gambar/foto.

Saking banyaknya alat yang dimiliki Adobe Photoshop, kamu mungkin perlu waktu untuk mempelajari, dan dapat menguasai penggunaan seluruh fitur dari aplikasi editing ini.

Selain karena alatnya yang lengkap, Adobe Photoshop juga dapat terintegrasi dengan aplikasi Adobe lainnya, sehingga memudahkanmu dalam mengerjakan projek antar aplikasi.

Untuk memakai seluruh fiturnya, kamu dapat berlangganan dengan membayar Rp 283.300 per bulan, atau Rp 3.237.600 per tahun. Kamu juga akan mendapatkan penyimpanan cloud setara 100GB jika membeli paket langganan ini.

Tetapi bagi mereka yang ingin belajar, atau pun tak ingin menghabiskan uang untuk membeli langganan bulanan, aplikasi editing foto gratis dapat menjadi alternatif dari Adobe Photoshop.

Berikut Tekno Liputan6.com rangkum 6 aplikasi editing gratis yang memiliki fitur seperti Adobe Photoshop, sebagaimana dikutip dari How to Geek, Kamis (21/9/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. GIMP

GNU Image Manipulation Program atau yang lebih dikenal sebagai GIMP telah lama menjadi alternatif Photoshop bagi pengguna Linux, tetapi kini tersedia juga di macOS dan Windows.

Kamu bisa menggunakan dokumentasi bantuan dan tutorial GIMP untuk cepat memahami aplikasi ini. Aplikasi ini menyertakan seperangkat alat dan UI yang familiar dengan Photoshop.

Hal ini membuat GIMP ideal untuk mengedit foto, mendesain elemen dari awal untuk tujuan desain, membuat karya seni orisinil, atau mengonversi gambar yang digambar dengan tangan menjadi lukisan digital.

Aplikasi ini juga mendukung berbagai opsi pemrograman dan daftar plugin yang dapat kamu jelajahi menggunakan peramban plugin di bawah menu "Bantuan".

2. Paint.NET

Paint.NET adalah editor gambar dan foto gratis di Windows, dengan beberapa alat editing yang mirip dengan Photoshop. Seperti layer, masking, pen, dan berbagai alat dasar lainnya.

Inti dari pengalaman Paint.NET adalah komunitas yang aktif dan forum yang sibuk. Di sinilah kamu dapat menelusuri ratusan plugin dan tutorial, mendapatkan bantuan untuk masalah tertentu, berbagi kreasi kamu, dan mengikuti perkembangan aplikasi.

Paint.NET adalah editor gambar yang cepat dan mudah digunakan yang seharusnya sudah diinstal oleh semua pengguna Windows. Aplikasi ini gratis untuk diunduh dari situs web Paint.NET, tetapi perlu diketahui bahwa versi yang ditampilkan di toko Microsoft adalah aplikasi premium.

3 dari 5 halaman

3. Windows 11 Photos

Windows Photos adalah aplikasi editor foto, namun tidak memiliki fitur kreatif seperti Photoshop. Aplikasi ini memiliki semua alat yang diperlukan untuk pengeditan foto dasar.

Windows Photos terintegrasi dengan OneDrive dan bahkan iCloud Photos sehingga kamu bisa mengedit foto dari perangkat yang terhubung langsung di dalam OS desktop Microsoft.

Pengeditan dibagi berdasarkan Cahaya (Pencahayaan, Kontras, Sorotan, dan sebagainya) dan Warna (Saturasi, Kehangatan, dan Rona) untuk pengeditan dasar. Gambar dapat dikrop, dicerminkan, diputar, dan diluruskan.

Ada juga pilihan filter instan yang didesain agar kamu dapat memilih tampilan yang spesifik dan opsi penyempurnaan otomatis untuk memperbaiki gambarmu.

4. Apple Photos

Apple Photos adalah editor di Mac, iPhone, dan iPad. Meskipun memiliki UI berbeda antar versi, namun rangkaian fitur dasarnya sama.

Tidak seperti Photoshop, yang sangat bagus untuk membuat karya seni, menggunakan kuas, menambahkan lapisan, menggambar dengan tablet, dan tugas seni kreatif lainnya, Apple Photos terbatas pada pengeditan foto.

Alat bantu pengeditan dasar dibagi menjadi dua kategori: Cahaya (termasuk Pencahayaan, Bayangan, Sorotan, Kontras, dan sebagainya) dan Warna (Saturasi, Vibrance, dan Rona).

Kamu juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengedit gambar monokrom, memperbaiki noda dengan alat Retouch, menghilangkan mata merah, menyesuaikan white balance, menambahkan penajaman, memperbaiki atau menambahkan vinyeting, dan banyak lagi.

 

 

4 dari 5 halaman

5. Pixlr

Pixlr tersedia dalam dua versi, Pixlr X yang dirancang untuk proyek desain kreatif yang cepat (seperti poster, selebaran, dan postingan sosial), dan Pixlr E yang merupakan editor gambar lengkap yang ada di peramban Anda.

Pixlr menawarkan opsi gratis yang mirip Photoshop, tetapi Anda harus membayar langganan mulai dari USD 1,99 per bulan untuk membuka fungsionalitas penuhnya.

Pixlr memiliki fitur dan tampilan didesain mirip dengan Photoshop, sayangnya kamu akan mendapat beberapa batasan pada opsi gratisnya. Sementara dengan harga yang sangat murah, kamu dapat memilih aplikasi ini ketimbang Photoshop, sebagai opsi lebih hemat.

6. Sumopaint dan Sumophoto

Seperti Pixlr, Sumopaint dan Sumophoto memiliki opsi gratis yang menarik tetapi tak selengkap versi berbayar. 

Meskipun keduanya merupakan dua aplikasi yang terpisah, Sumopaint dan Sumphoto bersama-sama membuat alternatif Photoshop yang cukup lengkap fiturnya.

Sumopaint adalah alat kreatif yang mencakup dukungan untuk lapisan, kuas (dan kuas khusus), bentuk, teks, dan beberapa alat manipulasi gambar seperti kuas noda dan penyesuaian.

Sumophoto adalah editor foto dengan sejumlah parameter penyesuaian yang layak yang bekerja mirip dengan Apple Photos.

Dengan membayar upgrade Pro seharga USD 4 per bulan, Anda bisa mengunduh aplikasi untuk penggunaan offline, meskipun aplikasi ini sebenarnya merupakan aplikasi web yang berjalan secara lokal, bukan perangkat lunak asli seperti Photoshop atau GIMP.

5 dari 5 halaman

Infografis: Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini