Sukses

iPhone 15 Hadir dengan Port USB C, Berpotensi Tawarkan Kemampuan Layaknya PC

Keputusan Apple untuk merilis iPhone 15 dengan port USB C diprediksi akan membawa perubahan pada penggunaan smartphone tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Melalui Apple Event, Selasa 12 September 2023, Apple akan mengumumkani iPhone terbaru yang digadang-gadang akan menggunakan port USB C. Konektor ini disebut akan menggantikan port lightning yang digunakan Apple pada iPhone 5 sejak 2012.

Dikutip dari Tech Crunch, Selasa (12/9/2023), perubahan ini diprediksi akan membuka akan membuka potensi baru pada perangkat iPhone 15. Terlebih untuk iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max yanng disebut-sebut akan mendapatkan dukungan port Thunderbolt dengan USB C. 

Penggunaan port USB C ini diprediksi akan menambah kemampuan iPhone, mulai dari opsi input dan output data, tampilan, daya, hingga fungsi lainnya. Dampaknya, kehadiran port ini memiliki potensi besar dalam mengubah penggunaan iPhone. 

Mengingat para pesaing, seperti Samsung dan Motorola, telah mengembangkan beberapa smartphone yang memungkinkan pengguna melakukan lebih banyak hal. 

Samsung DeX, misalnya, telah menjadi pengganti desktop yang sangat kompeten. Selain itu, sistem operasi Android juga berpotensi untuk mendapatkan mode desktop sendiri jika rumor mengenai Pixel 8 terbukti akurat.

Sementara Apple belum membuktikan iPadOS dapat menjadi pengganti desktop yang tepat, meski sistem operasi itu sudah menawarkan pengalaman mendekati perangkat PC. Namun, belum terlalu ringkas untuk dibawa kemana-mana.

Sebagai informasi, gagasan "PC Seukuran Kantong" ini telah ada sejak lama. Karenanya, iPhone 15 dengan port USB berfitur lengkap diprediksi dapat menggantikan fungsi iPad. 

Apalagi, jika nantinya iPhone mengeluarkan mode desktop, atau setidaknya mirip dengan sistem kerja iPadOS, bukan tak mungkin smartphone ini akan menggantikan Mac dalam mengedit foto, mengerjakan tugas, hingga menonton video dengan fitur sambungan perangkat lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadwal dan Link Live Streaming Peluncuran iPhone 15 di Apple Event 12 September 2023

Apple secara resmi bakal meluncurkan smartphone teranyar mereka, iPhone 15 melalui gelaran Apple Event pada Selasa, 12 September 2023 waktu setempat.

Dalam keterangan di situs resminya, Apple Event 2023 akan diselenggarakan pada 12 September pukul 10.00 Waktu Pasifik, atau pada Rabu, 13 September jam 00.00 Waktu Indonesia Barat.

Untuk tahun ini, Apple Event 12 September 2023 mengusung tagline "Wonderlust", plesetan kata "wanderlust" yang berarti keinginan kuat untuk bepergian.

Kemungkinan hal ini diterjemahkan sebagai "keinginan kuat untuk dibuat kagum" dengan deretan HP iPhone 15 series ini, sebagaimana dikutip dari GSM Arena, Selasa (12/9/2023).

Seperti biasa, acara ini juga dapat disaksikan melalui live streaming yang disiarkan di kanal-kanal resmi milik Apple seperti YouTube Apple, Apple TV, dan Apple.com.

Link Live Streaming Peluncuran iPhone 15

Berikut tautan atau link live streaming untuk peluncuran iPhone 15 di Apple Event pada 13 September 2023, pukul 00.00 WIB:

  • Apple.com: www.apple.com/apple-events/
  • Apple TV: tv.apple.com
  • YouTube: https://www.youtube.com/watch?v=ZiP1l7jlIIA

Tak cuma jajaran iPhone 15 Series, mengutip 9to5mac, Apple kemungkinan juga akan meluncurkan lini smartwatch terbaru mereka yaitu Apple Watch Series 9, Apple Watch Ultra 2, serta AirPods Pro dengan USB-C

Pengumuman lain yang mungkin diungkap dalam Apple Event September ini adalah mengenai detail lebih lanjut dari iOS 17.

3 dari 4 halaman

Bocoran dan Prediksi Spesifikasi iPhone 15

Adapun, untuk bocoran dan prediksi spesifikasi iPhone 15 dan iPhone 15, berdasarkan berbagai informasi yang beredar, iPhone terbaru ini kabarnya akan hadir dengan Dynamic Island yang sebelumnya hanya ada di versi Pro dari iPhone 14.

Selain itu, iPhone 15 juga akan punya port USB-C menggantikan Lightning. Rumor juga menyebut Apple akan membawa kabel USB-C dengan warna yang cocok dengan perangkatnya dalam kemasan penjualan.

iPhone 15 juga bakal membawa peningkatan prosesor ke A16 Bionic, dari sebelumnya A15 Bionic. Smartphone baru Apple ini juga kemungkinan hadir dengan Qi2 wireless charging, dengan kemampuan pengisian daya tanpa kabel 15W.

4 dari 4 halaman

Bocoran dan Prediksi iPhone 15 Pro

Sementara untuk iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, dikabarkan hadir dengan perubahan desain dan peningkatan performa serta kamera.

iPhone 15 Pro mungkin akan datang dengan bezel yang lebih kecil, di mana kabarnya akan terpangkas hingga 1,5 mm dibanding pendahulunya iPhone 14 Pro di 2,17 mm.

Untuk pengisian daya, akan memakai USB-C dengan pengisian daya cepat sampai 35W, dengan transfer data Thunderbolt bisa mencapai 40 Gbps.

Chassis-nya diprediksi akan memakai titanium, menggantikan baja tahan karat yang ada saat ini, membuat perangkat ini bakal lebih ringan dibandingkan iPhone 14 Pro dan menampilkan tekstur matte.

Untuk chipnya mungkin memakai A17 Bionic baru dengan fabrikasi 3nm. Selain itu, iPhone 15 Pro Max, juga disebut akan membawa kamera dengan lensa periskop.

Lensa periskop baru ini dirumorkan akan menawarkan peningkatan zoom optik, hingga 5x atau 6x.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.