Sukses

Makin Canggih, Dokter Bedah Pakai VR Meta Quest 2 untuk Bantu Operasi Pasien

Teknologi VR milik Meta dilaporkan telah membantu melatih para ahli bedah dan merawat pasien. Meskipun demikian, biaya pengembangan ini merupakan sebuah tantangan bagi pihak penyedia alat dan jasa.

Liputan6.com, Jakarta - Kemajuan teknologi telah banyak membantu dunia profesi. Setelah maraknya penggunaan robot operasi yang diklaim memiliki akurasi tinggi, kini teknologi virtual reality (VR) milik Meta membantu para ahli bedah dan perawatan pasien

Menurut laporan CNBC, dikutip Minggu (17/9/2023), hanya beberapa hari sebelum membantu operasi penggantian bahu pertamanya pada 2022, Dr. Jake Shine mengenakan headset virtual VR dan mulai bekerja.

Sebagai residen ortopedi tahun ketiga di Kettering Health Dayton di Ohio, Shine berdiri di laboratorium VR yang ditunjuk pusat medis dengan dokter yang merawatnya, untuk mengawasi prosedur.

Kedua dokter tersebut mengenakan headset Meta Quest 2 saat mereka memasuki ruang simulasi 3D operasi. Prosedur yang disebut artroplasti bahu total terbalik ini berlangsung sekitar dua jam dan mengharuskan dokter bedah untuk mengoperasi secara hati-hati di sekitar struktur neurovaskular dan paru-paru.

Setelah prosedur simulasi, Shine membawa pulang headset-nya untuk berlatih. Dia melakukannya kira-kira dua kali sehari sebelum operasi.

"Anda benar-benar dapat menyempurnakan dan mempelajari apa yang harus dilakukan, juga apa yang tidak boleh dilakukan (dalam operasi), tanpa risiko bagi pasien," kata Shine kepada CNBC dalam sebuah wawancara.

Pada akhirnya, tidak ada komplikasi dalam prosedur ini dan pasien sembuh total, katanya.

"Secara anekdot, saya pikir ini berjalan lebih lancar dan lebih cepat daripada yang seharusnya," kata Shine, daripada jika dokter yang merawat "Harus memandu saya melalui setiap langkah dalam kasus ini dengan cara yang sama seperti yang dia lakukan di VR."

Sementara VR tetap menjadi produk yang menghabiskan banyak uang untuk CEO Meta, Mark Zuckerberg, teknologi ini terbukti bermanfaat di beberapa sudut perawatan kesehatan.

Kettering Health Dayton adalah salah satu dari puluhan sistem kesehatan di AS yang bekerja dengan teknologi baru seperti VR sebagai salah satu alat untuk membantu dokter melatih dan merawat pasien.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Teknologi yang Tak Murah

Konsep "Extended Reality" mencakup headset VR seperti Quest 2 milik Meta, dan perangkat augmented reality (AR), yang memungkinkan pengguna untuk melihat lingkungan dunia digital di atas lingkungan dunia nyata.

Apakah teknologi yang baru lahir ini dapat menjadi produk murah di seluruh industri medis, masih menjadi pertanyaan banyak orang, tetapi tes awal menunjukkan adanya potensi kegunaan VR dalam membantu dunia kesehatan.

Meta, yang dulu dikenal sebagai Facebook, memasuki pasar dengan membeli Oculus pada 2014. Tiga tahun kemudian, perusahaan memperkenalkan headset pertama yang berdiri sendiri.

Pada 2021, Facebook berganti nama menjadi Meta, dan Zuckerberg berkomitmen untuk menghabiskan miliaran dolar, bertaruh bahwa metaverse akan menjadi "bab berikutnya untuk internet."

Sejak awal 2022, unit Reality Labs Meta, yang mengembangkan VR dan AR perusahaan, telah kehilangan lebih dari USD 21 miliar.

Apple sedang bersiap untuk memasuki pasar VR, mengincar pengguna kelas atas dengan Vision Pro seharga USD 3.500 yang diperkirakan akan memulai debutnya pada awal 2024. Meta dijadwalkan untuk merilis Meta Quest 3 secepatnya pada 27 September di acara Meta Connect 2023.

Seorang juru bicara Apple tidak memberikan komentar tentang potensi penggunaan dalam perawatan kesehatan dan mengarahkan CNBC ke pengumuman pada bulan Juni 2023 mengenai kit pengembang perangkat lunak Vision Pro.

Dalam pengumuman tersebut, Jan Herzhoff, presiden Elsevier Health, mengatakan bahwa penawaran realitas campuran Complete HeartX dari perusahaannya "akan membantu mempersiapkan mahasiswa kedokteran untuk praktik klinis dengan menggunakan model 3D hiper-realistis dan animasi yang membantu mereka memahami dan memvisualisasikan masalah medis, seperti fibrilasi ventrikel, dan bagaimana menerapkan pengetahuan mereka dengan pasien."

3 dari 4 halaman

Meta Disebut Gandeng LG Buat Garap Headset VR Pesaing Apple Vision Pro

Sebuah laporan menyebutkan bahwa Meta bakal menggandeng LG, untuk menggarap headset realitas virtual (virtual reality/VR) Quest Pro yang dapat bersaing dengan Apple Vision Pro.

Dalam laporan Maeil Business Newspaper yang dilihat oleh UploadVR, disebutkan Meta sudah mencapai kesepakatan untuk usaha patungan dengan LG.

Headset yang katanya hadir pada 2025 ini disebut bakal dihargai USD 2.000 atau sekitar Rp 30,7 juta, dengan menggunakan layar LG, serta komponen lain dari anak perusahaan mereka seperti LG Innotek.

Laporan itu juga menyebut bahwa headset high-end baru dari induk Facebook ini akan diberi nama Meta Quest 4 Pro.

Tak sampai di situ, Maeil Business Newspaper juga mengklaim Meta akan merilis headset Quest low-end pada tahun 2024, dengan harga di bawah USD 200 atau sekitar Rp 3 jutaan.

Tidak ada tanggapan dari Meta terkait hal ini, seperti dikutip dari The Verge, Sabtu (9/9/2023). Laporan ini sendiri masih terlalu dini sehingga kebenarannya masih perlu dikonfirmasi dengan pengumuman resmi.

Namun, The Verge sempat melaporkan Meta berencana untuk meluncurkan headset murah dengan codename Venture pada tahun 2024, dengan kemungkinan penerus Quest Pro setelahnya.

UploadVR juga mencatat, Meta yang sebelumnya bernama Facebook, juga sempat merilis headset sebagai produk kolaborasi dengan brand lain.

Sebut saja headset Oculus Rift S yang berada di bawah merek Lenovo, Oculus Go yang digarap bersama Xiaomi, serta Samsung untuk membuat Gear VR seluler.

4 dari 4 halaman

Apple Luncurkan Vision Pro

Headset AR Apple Vision Pro sebelumnya diluncurkan dalam ajang Worldwide Developer Conference atau WWDC 2023 pada Senin 5 Juni 2023 waktu setempat.

Mengutip siaran pers di laman resmi, Selasa (6/6/2023), headset AR Apple ini menggunakan visionOS, sistem operasi spasial pertama di dunia.

Menurut Apple, perangkat ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan konten digital, dengan cara yang terasa seperti hadir secara fisik.

Vision Pro menampilkan sistem tampilan beresolusi sangat tinggi yang mengemas 23 juta piksel dalam dua layarnya, serta menggunakan silikon Apple khusus dengan desain chip ganda.

"Apple Vision Pro jauh lebih maju dan tidak seperti apa pun yang dibuat sebelumnya—dengan sistem input baru yang revolusioner dan ribuan inovasi inovatif," imbuh CEO Apple Tim Cook.

Mengutip The Verge, headset Vision Pro dijual dengan harga USD 3499 (sekitar Rp 52 juta) dan baru mulai dirilis tahun depan di Amerika Serikat, kemudian menyusul ke lebih banyak negara.

Headset Vision Pro sendiri adalah perangkat AR, tetapi juga bisa dialihkan antara augmented reality dan virtual reality secara penuh menggunakan fitur dial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini