Sukses

9 Cara Atasi Jaringan WiFi yang Tak Bisa Terhubung ke HP Android

9 cara mengatasi jaringan WiFi yang tidak mau terhubung ke Hp Android kamu.

Liputan6.com, Jakarta - Koneksi WiFi yang berulang kali terputus dari perangkat Android tentu saja sangat mengganggu aktivitas dan kenyamanan saat menjelajahi internet.

Ada beberapa alasan mengapa koneksi WiFi sering terputus. Mengutip onlinetechtips, Kamis (14/9/2023), contoh permasalahannya seperti kesalahan acak pada antarmuka WiFi, pengaturan jaringan yang 'bertabrakan', atau setup router yang salah.

Berikut ini Tekno Liputan6.com rangkum cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan ini.

1. Nyalakan HP, kemudian matikan mode pesawat

Cara ini paling sederhana dan tercepat yang bisa kamu lakukan. Dengan menyalakan dan kemudian mematikan kembali mode pesawat di HP Android kamu, bisa membuat koneksi WiFi terhubung kembali.

2. Periksa kekuatan sinyal WiFi

Untuk memeriksa kekuatan sinyal, kamu bisa melihat garis sinyal yang tertera di layar HP kamu. Atau, kamu juga bisa mengeceknya dengan klik nama jaringan WiFi.

Perlu diketahui pula, kekuatan sinyal WiFi akan lebih baik dan kuat jika kamu berada dekat dengan router.

3. Lupakan dan tambahkan kembali jaringan 

Untuk melakukan cara ini, kamu perlu masuk ke Pengaturan. Ketuk Network & internet kemudian pilih Internet. Selanjutnya ketuk ikon roda gigi di sebelah nama jaringan kamu dan klik Forget.

Selanjutnya, tambahkan kembali jaringan WiFi kamu. Masukkan kata sandi dan ketuk Connect.

4. Restart router atau modem WiFi

Gangguan pada sisi router tentu saja menjadi permasalahan utama pada konektivitas WiFi kamu. Jika HP Android kamu tidak mau terhubung dengan koneksi WiFi, coba restart router atau modem WiFi untuk memperbaikinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Reset Jaringan

5. Perbarui atau reset firmware router

Selain me-restart router, kamu juga bisa memeriksa apakah router kamu memiliki pembaruan firmware yang tertunda. Caranya, kunjungi panel kontrol router kamu dan cari tab Router Update.

Kemudian, periksa pembaruan secara online atau unggah firmware dari situs web produsen router. Jika setelah diperiksa ternyata tidak ada pembaruan apa pun, pilihan yang dapat kamu ambil adalah me-reset router ke default pabrik.

6. Atur ulang pengaturan jaringan

Untuk mengatur ulang, buka Settings > System > Reset Option. Kemudian klik Reset WiFi, mobile, & Bluetooth dan klik Reset settings.

Setelah melakukan pengaturan ulang jaringan ponsel, buka Settings > Network & Internet > Internet untuk kembali menghubungkan ke jaringan WiFi.

3 dari 4 halaman

Pengaturan pada HP Android Kamu

7. Nyalakan ulang Hp Android kamu

Sama halnya dengan menyalakan dan mematikan kembali mode pesawat, cara ini merupakan cara sederhana dan mudah yang bisa kamu lakukan.

Menyalakan ulang perangkat Android kamu dapat membantu memperbaiki jaringan WiFi yang tidak mau terhubung ke perangkat.

8. Masuk ke mode aman

Aplikasi pihak ketiga, seperti pemindai virus, penguat sinyal WiFi, dan VPN berpotensi berbenturan dengan pengaturan WiFi di perangkat Android kamu. 

Dengan masuk ke mode aman atau Safe Mode, dapat membantu permasalahan ini. Dirangkum dari helpdeskgeek.com, berikut langkah-langkah untuk boot ke safe mode pada Hp Android.

  • Tekan dan tahan tombol daya.
  • Klik opsi Restart.
  • Setelah prompt safe mode muncul, klik OK.

9. Lakukan pembaruan pada Android kamu

Untuk melakukan pembaruan Android, masuk ke Settings kemudian pilih System > System update.

 

4 dari 4 halaman

Untuk Memperkuat Jaringan WiFi, Lakukan Cara Ini

Sering buffering saat internetan padahal sudah memasang WiFi di rumah Anda? Jika iya, besar kemungkinan jaringan WiFi di rumah Anda tidak stabil.

Salah satu hal yang menyebabkan hal itu terjadi adalah sinyal WiFi yang lemah. Lemahnya sinyal tersebut disebabkan oleh jarak router atau access point dengan perangkat yang terlalu jauh dari jangkauan. 

Nah, untuk meminimalisir sinyal WiFi lemah, Anda perlu mengikuti beberapa cara di bawah ini!

1. Jauhkan Router dari Objek yang Lemahkan Sinyal

Agar tidak 'berebut' sinyal dengan jaringan lainnya, Anda harus menjauhkan router dari objek atau barang elektronik yang berpotensi dapat melemahkan sinyal. Tak hanya objek yang dapat memancarkan sinyal semata, bahkan microwave pun dapat mengganggu kekuatan sinyal WiFi.

Untuk itu, Anda bisa meletakkan router di meja tersendiri atau ditempelkan di dinding agar daya tangkap sinyalnya jauh lebih baik dan kuat.

2. Ganti Antena Router

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengganti antena router yang sudah ada. Kini, telah banyak perangkat router yang menggunakan antena lepas-pasang agar Anda semakin mudah meningkatkan fungsi antena untuk router supaya lebih kuat menangkap sinyalnya. So, tidak ada salahnya untuk mencoba langkah ini!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.