Sukses

Jangan Sampai Datamu Dicuri! Ini Cara Deteksi dan Hapus Spyware di HP Android

Spyware dikenal bisa diam-diam menyusup ke HP Android korbannya, sehingga kamu perlu mengetahui cara mendeteksi dan menghapusnya.

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone sekarang telah digunakan untuk menyimpan banyak data berharga seperti identitas, rekening bank, hingga segala sertifikat. Semua jenis data pribadi yang berharga ini sangat rawan menjadi sasaran spyware. 

Untuk diketahui, spyware adalah jenis malware mata-mata yang dapat menyerang perangkat kamu dan mencuri data untuk kemudian dibagikan kepada pihak ketiga.

Spyware muncul sebagai aplikasi biasa di ponsel Android kamu, tetapi mengumpulkan data pribadi dan mengirimkannya ke orang lain untuk tujuan mulai dari peretasan, penipuan, peniruan, serta penjualan data pribadi, seperti yang dijelaskan oleh Make Use Of, Sabtu (9/9/2023).

Jenis spyware yang paling umum mampu untuk merekam audio dan video kamu, mencuri kata sandi, pengumpul informasi, pelacak cookie, dan pembobol rekening.

Spyware dapat masuk ke ponsel Android kamu secara sengaja maupun tidak sengaja, seperti ketika memencet link pop-up. Meski bisa menyusup dengan diam-diam, ada beberapa cara mendeteksi spyware di ponselmu.

Tanda kalau perangkat kamu terinfeksi malware antara lain, ponsel cepat panas, kinerjanya melambat, baterai dan data cepat habis, iklan pop-up yang muncul terus-menerus. Tanda lainnya adalah kehadiran aplikasi yang tidak dikenal, seperti mSpy, XNSPY, CocoSpy, dan Hoverwatch.

Spyware sering kali menghilang dari layar beranda setelah penginstalan agar tetap tersembunyi tetapi terus berjalan di latar belakang. Untuk itu, berikut ini cara-cara untuk mendeteksi dan menghapus spyware di HP Android.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cek Aplikasi Tidak Dikenal

Cara sederhana untuk memeriksa spyware adalah dengan mengecek ulang semua aplikasi yang diinstal pada perangkat Android kamu. Berikut ini cara memeriksa aplikasi yang tidak dikenal melalui mode aman atau Android Safe Mode.

1. Tekan dan tahan tombol power untuk melihat opsi matikan ponsel.

2. Tekan dan tahan tombol Daya mati hingga opsi Safe Mode muncul, lalu klik opsi tersebut.

3. Setelah perangkat kamu dihidupkan ulang, buka Pengaturan dan pilih Aplikasi.

4. Jelajahi daftar aplikasi, periksa aplikasi apa pun yang tidak kamu kenali.

5. Jika kamu menemukan aplikasi yang tidak dikenal, ketuk aplikasi tersebut dan tekan Uninstall untuk menghapusnya. Kemudian, reboot untuk mematikan mode aman.

Saat mencari aplikasi yang tidak dikenal, ingatlah beberapa aplikasi sistem mungkin juga muncul di Pengaturan. Jika tidak yakin, cobalah mencari nama aplikasi tersebut secara online untuk memeriksa apakah aplikasi tersebut aman digunakan.

3 dari 4 halaman

Periksa Aplikasi dengan Akses Admin

Hak istimewa admin dapat memberi akses aplikasi ke fungsi dan pengaturan sistem, termasuk penghapusan data. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menemukan aplikasi dengan hak istimewa admin.

1. Buka aplikasi Pengaturan.

2. Ketuk Keamanan dan privasi.

3. Ketuk Pengaturan keamanan lainnya.

4. Ketuk Aplikasi admin perangkat.

Nonaktifkan hak istimewa admin untuk aplikasi yang tidak dikenal, atau aplikasi yang tidak kamu percaya.

4 dari 4 halaman

Scan Antivirus

Jika kamu tidak dapat menemukan spyware secara manual, coba pindai perangkat Android kamu menggunakan aplikasi antivirus seperti Avast. Berikut ini cara menggunakan aplikasi antivirus.

1. Instal Avast Mobile Security dari Play Store.

2. Ketuk Start Scan untuk menjalankan pemindaian malware.

3. Ketuk Resolve untuk menghapus malware, termasuk spyware.

Jika semua metode di atas gagal, dan kamu merasa terkena spyware, pertimbangkan mengatur ulang HP Android ke setelah pabrik untuk menghapusnya. Namun ingat, cara ini akan menghapus semua data kamu, jadi cadangkan terlebih dahulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini