Sukses

Game Final Fantasy XVI Bakal Rilis di PC, Usai Tersedia Eksklusif untuk PS5

Produser mengumumkan bahwa Final Fantasy XVI akan rilis di PC, setelah sebelumnya eksklusif untuk konsol PS5.

Liputan6.com, Jakarta - Usai dirilis secara eksklusif di konsol PlayStation 5 (PS5), gim terbaru dari waralaba Final Fantasy, Final Fantasy XVI, secara resmi akan menuju platform PC.

Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Produser Final Fantasy XVI Naoki Yoshida, melalui akun X @finalfantasyxvi, mengenai sejumlah update terbaru untuk game ini.

Di video tersebut, Yoshida mengungkapkan, mereka sudah banyak mendapatkan permintaan dari gamer, yang meminta kehadiran Final Fantasy XVI di PC.

"Jadi, izinkan saya untuk dalam kesempatan ini mengumumkan secara resmi bahwa pengembangan untuk versi PC (Final Fantasy XVI) sedang berjalan," kata Yoshida, dikutip Rabu (6/9/2023).

Lebih lanjut, Yoshida mengatakan, dirinya berharap akan dapat memberikan lebih banyak informasi mengenai Final Fantasy XVI versi PC dan Downloadable Content (DLC) terbarunya pada akhir tahun ini.

Terkait konten tambahan sendiri, Yoshida mengungkapkan, game besutan Square Enix ini akan mendapatkan dua DLC berbayar.

Menurutnya, DLC ini dihadirkan karena banyaknya pemain yang ingin lebih banyak melihat cerita mengenai Valisthea dan para penghuni di dalamnya.

Sementara untuk update di game ini akan hadir secara gratis, di mana berisi kostum alternatif untuk sejumlah karakter, Onion Sword, dan kemampuan mengubah tampilan senjata Clive dengan menjaga statistik.

Belum diketahui kapan tanggal rilis game Final Fantasy XVI versi PC, serta apakah judul ini juga akan diluncurkan untuk konsol Xbox Series X/S.

Di PlayStation Store wilayah Indonesia, Final Fantasy XVI dijual dengan harga Rp 1.029.000.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Final Fantasy XVI Terjual 3 Juta Kopi Sepekan Rilis

Final Fantasy XVI sebelumnya dirilis secara eksklusif untuk konsol PlayStation 5 (PS5), pada 22 Juni 2023 oleh Square Enix.

Meski diluncurkan baru di satu platform, Square Enix mengklaim bahwa seri terbaru dari waralaba Final Fantasy ini sudah meraup penjualan hingga 3 juta kopi dalam pekan pertamanya.

Menurut perusahaan asal Jepang itu, tiga juta kopi itu sudah mencakup baik penjualan digital maupun fisik secara global.

Mengutip Engadget, Sabtu (1/7/2023), angka tersebut memang lebih sedikit jika dibandingkan dengan penjualan Final Fantasy VII Remake, yang terjual 3,5 juta unit dalam tiga hari perilisannya.

Meski begitu, Final Fantasy VII Remake diluncurkan untuk beberapa platform. Selain itu, PlayStation 4 juga tidak pernah mengalami masalah ketersediaan seperti PS5, sehingga basis pemasangannya jauh lebih tinggi.

Sementara, mengutip IGN, jika dibandingkan dengan prekuelnya, Final Fantasy XV terjual 5 juta kopi dalam penjualan pertamanya. Namun sekali lagi, game ini rilis di PlayStation 4 dan Xbox One pada November 2016.

3 dari 4 halaman

Berlatar di Valisteha

Meski Final Fantasy XV masih jadi judul dengan penjualan tercepat dari franchise ini, tapi dengan hanya rilisnya Final Fantasy XVI eksklusif di PS5, jumlah penjualan ini tetap dinilai sebagai hasil yang baik.

Final Fantasy XVI berlatar di Valisteha, dunia yang terbagi antara enam negara, yang memegang kekuasaan melalui akses Crystals magis dan Dominants, manusia yang bertindak sebagai host Eikon masing-masing negara.

Di Valisthea, terdapat enam faksi yang berkuasa yaitu Grand Duchy of Rosaria, Holy Empire of Sanbreque, Kingdom of Waloed, Dhalmekian Republic, Iron Kingdom, dan Crystalline Dominion.

Di game ini, Eikons, monster yang dipanggil dipanggil oleh atau diwujudkan melalui manusia bernama Dominants, akan menjadi plot utama dari cerita di FFXVI.

Ketegangan antar negara meningkat saat kekeringan yang dijuluki Blight, mulai mengonsumsi dataran.

Clive Rosfield, wali dari adik laki-lakinya Joshua, menyaksikan kerajaannya dihancurkan dan terlibat dalam konflik yang berkembang antara negara-negara, serta kekuatan rahasia di balik perang yang terkait Eikon Ifrit yang gelap.

4 dari 4 halaman

Marvel's Spider-Man 2 Rilis Oktober 2023

Tak cuma Final Fantasy XVI, Spider-Man 2 yang bakal rilis di PS5 juga jadi salah satu judul yang cukup ditunggu.

Baru-baru ini, informasi mengenai kapan game Spider-Man 2 untuk PS5 akhirnya diungkap oleh Insomniac, saat gelaran Summer Game Fest 2023.

Mengutip informasi dari Engadget, Jumat (9/6/2023), game Spider-Man 2 akan rilis secara ekslusif di PS5 pada 20 Oktober 2023. Menurut Insomniac, sekuel game Spider-Man yang rilis di 2018 ini dibuat dari awal khusus untuk PS5.

Community Director Insomniac Games James Stevenson menuturkan, Marvel's Spider-Man 2 akan membuka kekuatan konsol PS5 yang ditunjukkan dengan visual lebih baik, ayunan jaringan yang lebih cepat, hingga audio 3D dan pergantian karakter yang instan.

Dalam Marvel's Spider-Man 2, pemain akan merasakan pengalaman menjadi Peter Parker dan Miles Morales di New York versi Marvel. Pemain juga bisa mengendalikan kedua Spider-Man di sejumlah mode campaign.

Masih mengusung konsep open world, cakupan wilayah akan diperluas mencakup Manhattan, Queens, dan Brooklyn. Meski ada dua karakter, masing-masing Spider-Man juga akan memiliki cerita dan misinya sendiri.

(Dio/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.