Sukses

3 Cara Jadi Kreator Konten Viral dan Cuan ala Lystia Novilda

Dalam sebuah wawancara eksklusif di ajang workshop Samsung Join the Flip Side di Bandung, Lystia Novildaberbagi tips dan pengalamannya dalam membuat konten sehingga berpotensi viral dan cuan.

Liputan6.com, Jakarta - Tak dapat dimungkiri, media sosial telah menjadi salah satu platform populer untuk berbagi cerita di kalangan Gen Z dan milenial di Indonesia.

Laporan dari Meltwater menyebutkan, saat ini Indonesia memiliki total 167 juta pengguna sosial media per Januari 2023 lalu. Melihat perkembangan itu, wajar bila banyak orang bermimpi menjadi kreator konten sukses dan menghasilkan uang dari hobi mereka.

Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara membuat konten menarik, viral, dan akhirnya mendulang cuan. Apa sih rahasia di balik kesuksesan seorang kreator konten?

Salah satu kreator konten berhasil menembus pasar digital adalah Lystia Novilda, yang dikenal dengan konten-konten mini vlog, unboxing, get ready wih me (GWRM) atau pun outfit ideas di berbagai platform media sosial.

Dalam sebuah wawancara eksklusif di ajang workshop Samsung Join the Flip Side di Bandung, ia berbagi tips dan pengalamannya dalam membuat konten sehingga berpotensi viral dan cuan.

Menurut kreator konten dengan akun Instagram @lystianvid ini, awal mula ia membuat konten adalah karena terinspirasi dari orang lain. Namun Lystia Novilda tetap mengimplementasikan kepribadian dan gayanya sendiri dalam kontennya.

Tak hanya itu, Ia juga tidak takut untuk mencoba hal-hal baru dan bereksperimen dengan ide-ide kreatif muncul di kepalanya.

“Jangan takut untuk mencoba, jadi aku sering dapat curhatan dari audiens kurang pede saat ingin upload konten dengan mengatakan, mau upload ini tapi takut di-judge warganet atau audiens," katanya.

"Nah, sekarang sudah tidak ada pikiran seperti itu karena tujuan awal bikin konten adalah fokus dengan konten yang saya buat, disuka orang, dan engage,” ujar Lystia.

Ia juga menekankan pentingnya spontanitas sebagai kreator konten. Lystia mengaku sering kali langsung merekam video ketika ia memiliki ide, tanpa memikirkan waktu editing atau upload.

“Aku orangnya itu spontan banget, jadi kalau kepikiran sesuatu maka akan langsung buat. Soal edit kapan atau upload kapan itu urusan belakang. Yang penting video ada dan baru nantinya upload setelah rampung dari editing,” tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kiat sukses Lystia di dunia content making?

1. Kreasikan mirror selfie paling anti mainstream

Mirror selfie menjadi tren tersendiri di kalangan generasi muda, terutama karena marak dipakai di kalangan selebritas Korea Selatan.

Dengan menghadapkan layar HP lipatnya ke cermin untuk kemudian mengambil gambar dengan tujuan membuat frame baru unik.

Lystia menyebutkan, Galaxy Z Flip5 jadi smartphone cocok buat kamu yang suka mirror selfie dan ingin hasil foto unik beda dari lain.

Tips mirror selfie ala Lystia, kamu bisa dengan meletakkan Galaxy Z Flip5 di saku baju dengan membuka kamera pada Flex Window dan mengarahkan kamera ke cermin. Sesuaikan posisi dan frame paling aesthetic sesuai yang kamu inginkan.

 

3 dari 5 halaman

2. BIkin konten video OOTD lebih mudah

Dengan layar berukuran 3,4 inci, Flex Window di Galaxy Z Flip5 menawarkan fleksibilitas penggunanya di berbagai aktivitas, salah satunya adalah dengan Dual Preview.

Pengguna bisa melihat diri sendiri tanpa perlu meminta orang lain untuk memegang ponsel ketika ingin membuat konten video TikTok OOTD sehingga proses content creation jadi lebih praktis.

Menariknya lagi, kamu bisa mengontrol tombol shutter kamera di Galaxy Z Flip5 menggunakan fitur Camera Controller di Galaxy Watch6 Series.

“Kalau kita lagi bikin konten-konten OOTD itu seringkali ngerekam sendiri atau bahkan mungkin direkamin sama orang lain suka nggak sesuai keinginan," katanya.

"Kadang mungkin angle-nya nggak pas, ada frame yang terpotong, atau mungkin highlight yang mau kita tunjukin nggak kerekam. Makanya menurutku, fitur Dual Preview di Flex Window Galaxy Z Flip5 itu sangat memudahkan ketika lagi ngonten, nyaman banget untuk melihat hasil gambar sesuai keinginan kita tanpa perlu repot berpindah-pindah lokasi karena bisa langsung di-preview saat itu juga," Lystia memaparkan.

 

4 dari 5 halaman

3. Tampil standout

Sebagai seorang content creator fashion & beauty, Lystia sangat memperhatikan penampilan dan gaya Outfit of the Day (OOTD) di kesehariannya.

Hal ini turut mempengaruhi pengambilan keputusan Lystia dalam memilih Galaxy Z Flip5 sebagai smartphone andalannya.

“Tampilan Galaxy Z Flip5 ini aku banget, jadi lebih keren dan beda dengan Z Flip5 orang lain, apalagi smartphone lain. Bebas aku mix & match Flipsuit Case ini dengan fashion sehari-hari,” Lystia membeberkan.

Interactive card merupakan aksesori tambahan yang disediakan oleh Samsung untuk melengkapi Flipsuit Case. Selain mempercantik tampilan luar device, ‘kartu ajaib’ ini juga bisa customized tema pada Flex Window masing-masing.

5 dari 5 halaman

Infografis Ponsel Black Market Diblokir via IMEI. (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.