Sukses

Cek Cara Mudah Transfer Data dari HP Android ke PC Windows, Ikuti Langkah Berikut Ini

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui cara memindahkan file dari perangkat Android kamu ke perangkat komputer atau laptop dengan mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone Android merupakan teknologi canggih yang memudahkan kamu dalam melakukan berbagai pekerjaan dan menyimpan berbagai file. 

Berbekal perangkat smartphone Android pula, kamu semakin dimudahkan dalam memindahkan file ke perangkat lain seperti komputer dan laptop.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah menghubungkan perangkat Androidmu dengan sistem Windows, Mac, atau ChromeOS, dan memindahkan file yang ingin kamu pindahkan.

Tidak seperti iPhone, perangkat Android mengizinkanmu mengakses sistem file langsung dari dekstop. Lalu, mentransfer file dari atau ke perangkat Android tidak berbeda dengan mentransfer file menggunakan hard drive eksternal ke komputer.

Terdapat dua cara mentransfer file, yakni dengan kabel dan tanpa kabel. Untuk mentransfer menggunakan kabel, yang perlu kamu sediakan adalah micro USB atau USB C dan USB A, tergantung spesifikasi perangkat.

Kabel USB ini juga biasanya sama dengan kabel yang digunakan untuk pengisi daya atau charger.

Untuk mentransfer file Android ke PC Windows, caranya cukup sederhana. Kamu hanya perlu colokkan smartphone kemudian pada bilah notifikasi pilihlah "Transfer File".

Kamu juga bisa pilih "Transfer Foto" jika hanya ingin memindahkan foto-foto kamu ke komputer atau laptop. 

Setelah memilih pilihan yang sesuai, buka dekstop dan buka jendela File Explorer. Caranya, klik ikon File Explorer, buka menu Start dan klik This PC or Computer, klik ikon This PC; Computer; atau My Computer pada dekstop.

Selanjutnya, carilah ikon yang mewakili smartphone kamu, klik dua kali ikon tersebut, dan keluar tampilan penyimpanan internal Android kamu. Langkah terakhir, kamu tinggal pilih dan klik folder atau file yang ingin ditransfer ke komputer atau laptop.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Transfer File Android ke Mac dan Komputer ChromeOS

Untuk mentransfer file dari perangkat smartphone Android ke Mac, kamu perlu menginstal program resmi Google yang disebut Android File Transfer.

Untuk menggunakan program ini, Mac yang kamu gunakan harus menjalankan macOS 10.7 atau terbaru, dan perangkat Android kamu harus menjalankan minimal Android 3.0.

Setelah program terpasang di Mac, cukup colokkan smartphone kamu ke komputer. Kemudian ketuk "Transfer File" pada bilah notifikasi. Program Transfer File Android akan otomatis terbuka di Mac dan kamu bisa mentransfer.

Sementara untuk melakukan transfer data perangkat Android ke perangkat ChromeOS, mirip dengan dengan transfer file ke Windows.

Kamu perlu menyambungkan smartphone Android kamu ke Chromebook menggunakan USB. Langkah selanjutnya sama, kamu pilih "Transfer File" atau "Tranfer Foto" pada bilah notifikasi.

Kemudian pada Chromebook, kamu akan menemukan opsi untuk mencadangkan semua file media dari perangkat Android ke Google Drive.

3 dari 4 halaman

Transfer File dari Android Bisa Juga Tanpa Bantuan Kabel atau Wireless

Mentransfer file dari Android ke perangkat lain kini lebih mudah tanpa perlu menggunakan kabel. Namun, yang kamu perlukan adalah layanan penyimpanan, seperti Google Drive; Dropbox; atau Microsoft OneDrive.

Cara melakukannya sangat mudah. Kamu bisa melakukannya di mana pun dan kapan pun. Cukup unggah file yang tersimpan di perangkat Android kamu ke salah satu dari tiga layanan penyimpanan tersebut.

Sebelumnya, pastikan kamu telah menginstal aplikasi layanan penyimpanan yang sama di kedua perangkat. Kamu juga bisa mengaksesnya melalui situs web jika membukanya di komputer atau laptop.

Dengan membuka aplikasi yang sama, baik dari Android ataupun komputer dan laptop, kamu akan bisa menemukan folder atau file yang sama di dalamnya. 

4 dari 4 halaman

Jangan Lupa Untuk Mengelola File di Perangkat Android Kamu

Dengan perangkat Android, kamu juga dimungkinkan dapat mengakses seluruh file perangkat. Pengelolaan file sistem tersedia pada bagian "Penyimpanan" atau "storage" pada sistem Pengaturan.

Kamu akan menemukan baris "Jelajahi" atau "explore" untuk menemukannya.

Setiap versi Android memiliki sistem yang  berbeda dalam hal ini. Pada Android sekarang, pengelola file dapat ditemukan pada aplikasi "Files".

Dengan membuka aplikasi tersebut, kamu bisa menjelajahi penyimpanan lokal dan Drive yang terhubung. Kamu bisa menggunakan ikon jenis file di bagian atas layar atau bisa juga dengan klik garis tiga di sebelah kiri atas dan pilih "Tampilkan Penyimpanan Internal".

Dengan begitu kamu dapat melihat isi penyimpanan di perangkat Android kamu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini