Sukses

5 Fakta Seru tentang Film Gran Turismo, Adaptasi Game yang Sudah Tayang di Bioskop

Film Gran Turismo adalah film adaptasi dari game simulasi balap yang populer di PlayStation. Film ini bercerita tentang kisah nyata Jann Mardenborough, seorang remaja yang bermain game Gran Turismo dan menjadi pembalap profesional.

Liputan6.com, Jakarta - Pertama kali meluncur di PlayStation 1 (PS1), game simulasi balap ini langsung populer di kalangan gamer. Alhasil, hingga kini ada delapan judul game Gran Turismo dalam rentang waktu 1997 sampai 2022.

Berkaca dari kesuksesan tersebut dan memiliki fan base besar, game simulasi balap ini akhir diadaptasi ke dalam sebuah film berjudul Gran Turismo.

Sinopsis Gran Turismo

Film ini didasarkan pada kisah nyata menginspirasi, yaitu tentang seorang remaja gemar bermain Gran Turismo dan berhasil menjadi seorang pembalap profesional.

Disutradarai oleh Neill Blomkamp, yang dikenal sebagai pembuat film-film sci-fi seperti District 9, Elysium, dan Chappie. Film ini dibintangi oleh David Harbour, Orlando Bloom, Archie Madekwe, dan Djimon Hounsou.

Berhubung film Gran Turismo sudah tayang di sejumlah bioskop di Indonesia sejak 9 Agustus 2023, ada baiknya Anda mengintip informasi menarik tentang film ini.

5 Fakta Seru tentang Film Gran Turismo wajib Anda ketahui:

1. Diangkat dari Kisah Nyata Pembalap Jann Mardenborough

Film ini menceritakan kisah nyata Jann Mardenborough, seorang remaja asal Inggris yang gemar bermain Gran Turismo di kamar tidurnya.

Pada tahun 2011, ia mengikuti kompetisi GT Academy, yang digear oleh Nissan dan PlayStation, untuk mencari pembalap terbaik dari para pemain game Gran Turismo.

Alhasil, dia sukses mengalahkan 90 ribu peserta lainnya dan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan intensif sebagai pembalap profesional.

Sejak itu, dia melanjutkan karir sebagai pembalap dan mengikuti berbagai ajang, seperti Formula 3, GP3, Super GT, dan Formula E12.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Tampilkan Deretan Mobil Super Cepat, Seperti di Dalam Game

<p>Film ini telah ditayangkan untuk pertama kalinya di Circuit de Spa-Francorchamps di Belgia pada 30 Juli 2023 dan direncanakan akan dirilis secara global pada 25 Agustus 2023 mendatang oleh Sony Pictures Releasing. Sementara di Indonesia, film ini bakal tayang mulai 9 Agustus 2023. (Gordon Timpen/Sony Pictures via AP)</p>

Seperti di dalam game Gran Turismo, di mana pemain dapat memilih deretan mobil super cepat buatan merek terkenal, film ini juga menampilkan mobil-mobil keren.

Beberapa diantaranya yang tampil, seperti Nissan GT-R, Audi R8, McLaren P1, Ferrari LaFerrari, dan Bugatti Veyron.

Mobil-mobil ini digunakan oleh para karakter dalam film untuk berlomba di lintasan-lintasan spektakuler seperti Nürburgring, Le Mans, Monaco, dan Tokyo.

Film ini juga menampilkan teknologi-teknologi canggih yang digunakan oleh para pembalap dan timnya, seperti simulator virtual reality, telemetri data, dan sistem aerodinamis.

3. Nama Besar di Berbagai Industri Tampil Sebagai Kameo

Sejumlah nama besar dari dunia balap dan game disebut-sebut akan tampil sebagai konsultan dan kameo. Salah satunya adalah Kazunori Yamauchi, sang kreator game Gran Turismo.

Beberapa pembalap profesional seperti Lucas Ordóñez hingga salah satu anggota grup ternama asal Inggris, yakni Spice Girls pun tampil di dalam film ini.

Yup, Geri Halliwell atau Ginger Spice dari grup Spice Girls tampil sebagai ibu dari Jann bernama Lesley Mardenborough.

 

3 dari 3 halaman

4. Film Gran Turismo Digarap Sejak 2013

<p>Sinopsis film Gran Turismo menceritakan tentang kisah seorang remaja bernama Jann Mardenborough yang merupakan seorang pemain Gran Turismo. (Gordon Timpen/Sony Pictures via AP)</p>

Mengutip Sportskeeda, Rabu (23/8/2023), laporan tentang film berdasarkan game Gran Turismo dikembangkan dengan Michael De Luca dan Dana Brunetti sebagai produser sudah mencuat sejak 2013.

Kala itu, Alex Tse disebutkan bertindak sebagai penulis naskahnya, dan disutradarai oleh Joseph Kosinski.

Setelah menyutradarai film-film terkenal seperti Tron: Legacy, Top Gun: Maverick, dan banyak lagi, Kosinski jelas merupakan pilihan yang baik. Namun, rencana itu gagal pada 2018.

Akhirnya pada tahun 2022 ini, perkembangan film Gran Turismo kembali dimulai. Kali ini, Blomkamp bergabung dengan tim sebagai sutradara.

5. Tayang Perdana di Circuit de Spa-Francorchamps

Film Gran Turismo ditayangkan perdana di Circuit de Spa-Francorchamps pada 30 Juli 2023.

Dikenal sebagai Spa di kalangan pembalap, ini adalah sirkuit balap motor sepanjang 7,004 km terletak di Belgia. Sirkuit ini menyelenggarakan berbagai balapan dan kejuaraan, termasuk Grand Prix.

Itulah lima fakta seru tentang film Gran Turismo yang sudah tayang di bioskop. Jika Anda belum menontonnya, segera kunjungi bioskop terdekat dan nikmati sensasi balap yang menegangkan dan mengharukan.

Jika Anda sudah menontonnya, bagikan pendapat Anda di kolom komentar di bawah ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini