Sukses

Apple Pangkas Produksi iPhone 15 Jelang Peluncuran, Kenapa?

Apple mengurangi produksi iPhone 15 sebelum peluncurannya karena masalah pasokan dan permintaan. Ini berdampak pada harga dan penjualan iPhone 15 series, sementara iPhone 16 series dijanjikan akan lebih canggih.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah kabar kurang baik datang dari Apple menjelang peluncuran iPhone 15 pada September 2023 mendatang.

Berdasarkan informasi dari leaker Jeff Pu, jumlah pesanan iPhone 15 berkurang dari 83 juta menjadi 77 juta unit pada akhir tahun ini.

Kenapa? Mengutip GSM Arena, Selasa (22/8/2023), hal ini terjadi karena masalah pasokan dan permintaan untuk iPhone 15 series lebih rendah dari biasanya.

Lagi-lagi, isu dengan sensor kamera CMOS Sony mencuat dalam laporan ini. Selain itu, masalah dengan bingkai titanium baru untuk model Pro dan bezel lebih tipis juga menjadi perbincangan.

Hal berbanding terbalik dengan bocoran dari leaker Ming-Chi Kuo pada bulan. Dia menyebutkan, total pengiriman seri iPhone 15 diperkirakan stabil tanpa ada masalah.

Bila memang kabar dari Jeff Pu ini benar, maka diharapkan perusahaan bermarkasi di Cupertino, California, Amerika Serikat ini akan menjual iPhone 15 series lebih sedikit ketimbang seri sebelumnya.

Tak hanya membatasi jumlah, ada kemungkinan pengguna setia iPhone akan dihadapkan dengan kenaikan harga iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max saat penjualan.

Dalam laporan sama, Jeff mengonfirmasi kabar iPhone 16 Pro dan Pro Max akan menggunakan kamera ultrawide 48MP dan sudah mendukung Wi-Fi 7.

HP iPhone 15 akan datang dengan dukungan pengisian daya hingga 35W, di samping port-nya yang akan diganti USB-C dari sebelumnya Lightning.

Kabar ini dilaporkan oleh 9to5mac, dari narasumber mereka. Disebutkan, kemampuan pengisian daya 35W pun diperkirakan akan didukung dengan kemampuan pengisian daya yang lebih cepat untuk HP Apple ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

iPhone 15 Pakai USB-C dan Pengisian Daya hingga 35W

Bocoran gambar iPhone 15 Pro dengan port USB-C. (Twitter/@URedditor)

Saat ini, iPhone 14 Pro memiliki dukungan pengisian daya di 27W. Sementara, iPhone 14 versi dasar terbatas di 20W. Dengan kecepatan tersebut, butuh waktu sekitar dua jam untuk mengisi penuh iPhone 14 Pro Max

Apple tahun lalu juga memperkenalkan charger 35W Dual USB-C, yang dapat mengisi ulang semua model iPhone saat ini dengan kecepatan penuh.

Jika kabar burung soal pengisian daya 35W di iPhone 15 benar, perangkat tersebut mungkin saja bakal menggunakan 35W yang disediakan oleh charger khusus saat ini, ketika tidak terhubung dengan perangkat lainnya.

Apple sendiri juga menjual pengisi daya USB-C 30W, yang dirancang untuk MacBook Air tetapi juga berfungsi dengan iPhone dan iPad.

Namun, tidak diketahui apakah fitur pengisian daya 35W akan hadir hanya di model iPhone 15 Pro, atau apakah didapatkan di seluruh lini iPhone 15 Series. Sekali lagi, perlu ditunggu pengumuman resmi terkait kabar ini.

Bulan Maret 2023, analis Ming-Chi Kuo mengklaim bahwa iPhone 15 akan mendukung kecepatan pengisian daya yang lebih cepat dengan USB-C, tetapi hanya melalui kabel yang bersertifikat.

3 dari 4 halaman

Kabar Jadwal Peluncuran iPhone 15

<p>iPhone 15 Pro (Source Macrumors) </p>

Sementara itu, baru-baru ini, sebuah rumor menyebutkan bahwa Apple bakal menggelar sebuah acara peluncuran di pekan ketiga bulan September tahun 2023 mendatang. Kabar burung pun menyeruak, di mana itu akan jadi jadwal rilis iPhone 15.

Dikutip Senin (7/8/2023), 9to5mac menyebutkan, menurut beberapa sumber mereka, karyawan operator seluler diminta tidak mengambil libur pada tanggal 13 September karena ada pengumuman smartphone besar.

Memang, bisa jadi tanggal tersebut bukan pasti peluncuran dari Apple. Namun jika melihat kebiasaan di tahun-tahun sebelumnya, perusahaan teknologi itu memang biasanya meluncurkan iPhone baru di bulan September.

Biasanya, iPhone baru diperkenalkan pada hari Selasa. Namun tahun lalu, kala merilis iPhone 14 Series, acaranya dilangsungkan pada hari Rabu, 7 September.

13 September 2023 mendatang pun akan jatuh pada hari Rabu. Jadi diprediksikan, Apple mungkin saja memilih tanggal itu untuk meluncurkan HP iPhone terbaru mereka.

Mengingat kabar ini masih rumor, tentu saja kebenarannya masih patut dipertanyakan. Sehingga, patut ditunggu pengumuman resmi dari Apple mengenai peluncuran seri iPhone 15 mereka. 

4 dari 4 halaman

Bocoran Spesifikasi iPhone 15

Gambar render iPhone 15 Pro menunjukkan varian warna merah tua (9to5mac)

Sejauh ini, beberapa bocoran tentang iPhone 15 sudah bertebaran di internet. Perangkat ini kabarnya akan hadir dengan desain baru dengan tepian yang sedikit melengkung, serta bezel yang lebih tipis di sekeliling layar.

Empat model iPhone 15 pun akan hadir dengan USB-C dan meninggalkan Lightning, sebagai bentuk kepatuhan terhadap aturan di Uni Eropa. Mereka juga akan tampil dengan Dynamic Island.

Kendati demikian, laporan menyebut Apple masih akan mempertahankan teknologi ProMotion untuk model Pro. Oleh sebab itu, meski varian reguler kini mendukung Dynamic Island, layarnya belum mendukung kemampuan refresh rate yang adaptif.

Sementara untuk versi Pro-nya, Apple diprediksikan mengganti rangka baja tahan karat, dengan titanium.

Untuk rumor spesifikasi iPhone 15, versi dasar dan Plus disebut-sebut akan mendapatkan tenaga dari chip A16 Bionic yang ada di iPhone 14 Pro. Sementara iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max, akan hadir dengan chip A17.

Versi Pro juga kabarnya bakal menambahkan lensa periskop baru, sehingga memiliki kemampuan optical zoom yang lebih baik. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini