Sukses

Simpel! Ini Cara Simpan Konten Foto dan Video dari Instagram, WhatsApp hingga Twitter

Kamu pengguna Instagram, WhatsApp, Snapchat, Twitter, atau Messenger? Ini caranya untuk simpan konten foto dan video dari media sosial favorit.

Liputan6.com, Jakarta - Kamu pengguna aktif media sosial? Sering berkirim foto atau video, tapi tidak tahu bagaimana cara menyimpannya ke penyimpanan kamu? Tenang, Tekno Liputan6.com sudah merangkum tips sederhana yang perlu kamu ketahui dan pastinya akan bermanfaat.

Tips ini bukan cuma untuk foto dan video yang dikirim oleh orang lain ke kamu, lho. Kamu juga bisa menyimpan dan mencadangkan foto dan video yang kamu kirim lewat media sosial.

Berikut kami rangkum tips-tips menyimpan foto dan video melalui lima aplikasi media sosial yang mungkin sering kamu gunakan, seperti dikutip dari Gizmodo, Selasa (22/8/2023). 

1. Instagram

Siapa di sini yang tidak mengenal aplikasi media sosial satu ini? Instagram merupakan salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak. Menurut laporan We Are Social, jumlah pengguna Instagram secara global mencapai 1,32 miliar per Januari 2023.

Dari banyaknya pengguna, tentu ada beberapa di antara kalian yang belum mengetahui cara menyimpan konten dari aplikasi media sosial ini. Padahal, cara melakukannya sangat mudah dan merupakan trik sederhana yang sudah disediakan oleh Instagram.

Setelah masuk ke aplikasi Instagram dan masuk ke akun kamu, ketuk gambar profil kamu yang terletak di sebelah kanan bawah, lalu ketuk tiga garis di kanan atas. Pilih 'Aktivitas Anda' dan 'Transfer Informasi Anda'.

Dengan begitu, kamu memiliki opsi untuk mengirim stories, foto, dan video ke beberapa layanan, seperti Google Photos dan Dropbox.

Ada pula alternatif lain yang bisa kamu coba. Kamu bisa pilih 'Unduh Informasi Anda' untuk menyimpan foto dan video, kemudian cadangkan sendiri.

Setelah itu, kamu akan menerima tautan unduhan dari Instagram yang berisi semua unggahan kamu dalam jangka waktu yang telah dipilih sebelumnya. Jangan lupa pastikan kamu memilih HTML untuk format dan kualitas yang bagus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips untuk Media Sosial Kamu yang Lain

2. Twitter

Aplikasi burung biru yang kini telah berganti menjadi X ini tidak bisa mengekspor semua foto dan video yang sudah diunggah ke layanan lain. Jadi, kamu harus mengunduhnya kemudian menyimpannya sendiri.

Caranya, kamu cukup ketuk gambar profil kamu yang terletak di sebelah kiri atas. Kemudian ke 'Pengaturan dan Privasi', pilih 'Akun Anda', dan 'Unduh Arsip Data Anda'.

Setelah itu, kamu akan menerima tautan unduhan. Arsip unduhan ini isinya mencakup semua yang pernah kamu unggah di Twitter, termasuk folder gambar dan video.

3. Snapchat

Berbeda daro dua aplikasi di atas, Snapchat masih memungkinkan menyimpan semua yang kamu kirimkan ke kamera di perangkat kamu. Dengan begitu, kamu bisa mencadangkan langsung ke layanan yang kamu inginkan, seperti Google Photos atau yang lainnya.

Melalui aplikasi, kamu bisa mengetuk gambar profil di sebelah kiri atas, kemudian pilih 'Kenangan'. Pada bagian ini, pastikan tombol simpan menyimpan gambar dan video dari arsip kenangan Snapchat dan kamera kamu.

3 dari 4 halaman

Menyimpan dan Mencadangkan Foto serta Video di WhatsApp Juga Tidak Kalah Mudah

4. WhatsApp

Bagi para pengguna WhatsApp, pasti tahu kalau aplikasi ini memiliki fungsi pencadangan bawaan yang mencakup foto, video, dan obrolan. Selain itu, aplikasi ini juga memanfaatkan Google Drive atau iCloud untuk mendacangkan data dan file.

Untuk mencadangkan secara manual, yang perlu kamu lakukan adalah ketuk tiga titik di sebelah kanan atas, lalu pilih 'Pengaturan Obrolan' dan pastikan Visibilitas media diaktifkan. Tips ini berlaku untuk perangkat Android.

Selain itu, kamu juga perlu menyertakan folder WhatsApp di Google Photos. Untuk mengaturnya, kamu perlu ketuk gambar profil, kemudian pilih 'Cadangkan' dan ikon roda gigi. Kemudian 'Cadangkan Folder Perangkat'.

Sementara untuk perangkat iOS, ketuk 'Pengaturan' dan 'Obrolan'. Kemudian aktifkan 'Simpan ke Rol Kamera'.

Di WhatsApp kamu juga bisa menyimpan file secara manual, lho. Dalam percakapan, ketuk nama kontak atau grup di bagian atas. Kemudian pilih 'Media, tautan, dan dokumen', dengan begitu kamu bisa melihat semua foto, video, bahkan dokumen dalam percakapan tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Menyimpan Foto dan Video dari Facebook Hampir Sama dengan WhatsApp

5. Facebook

Cara yang perlu kamu lakukan untuk menyimpan atau mencadangkan foto dan video dari aplikasi yang satu ini hampir mirip dengan aplikasi WhatsApp. 

Kamu hanya cukup ketuk gambar atau video dalam percakapan untuk menemukan opsi. Kemudian akan muncul pilihan untuk menyimpan foto dan video yang ingin kamu simpan ke galeri kamu. 

Namun, untuk pengguna iOS, kamu perlu mengetuk 'Lainnya' untuk menemukan opsi tersebut.

Agar semua foto dan video dari percakapan kamu tersimpan secara otomatis ke galeri, kamu perlu masuk ke pengaturan aplikasi Facebook Messenger.

Melalui iOS kamu juga bisa membuka Facebook Messenger, kemudian ketuk tiga garis horizontal. Setelah itu pilih ikon roda gigi dan 'Foto & Media'. Kemudian aktifkan 'Simpan Foto dan Video'.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini