Sukses

Telkomsel Rilis Paket Langganan YouTube Premium, Per Bulan Rp 49 Ribu

Telkomsel bekerja sama dengan YouTube Indonesia untuk menawarkan paket bundling YouTube Premium dengan harga terjangkau

Liputan6.com, Jakarta - Lewat paket bundling yang dibanderol Rp 49 ribu per bulan (termasuk pajak) ini, selain mendapatkan layanan YouTube bebas iklan, pelanggan juga mendapatkan kuota mengakses YouTube dan streaming lain sebesar 2GB.

Paket bundling Telkomsel dan YouTube ini berlaku bagi pelanggan Telkomsel Prabayar dan Telkomsel Halo.

Pelanggan Telkomsel yang mau berlangganan bundling YouTube Premium sekaligus mendapat kuota untuk menonton YouTube bisa mengakses di aplikasi MyTelkomsel.

Paket yang dibanderol Rp 49 ribu ini berlaku untuk satu bulan dan termasuk tambahan kuota nonton sebesar 2GB.

Paket kuota ini bisa dipakai untuk mengakses YouTube, Maxstream, dan layanan platform streaming lain yang bekerja sama dengan Telkomsel.

Adapun paket bundling YouTube Premium dari Telkomsel ini menghadirkan kemudahan akses ke sejumlah fitur eksklusif yang hanya tersedia untuk pelanggan premium.

Misalnya fitur download video untuk diputar secara offline, background play sehingga bisa mengakses aplikasi lain saat membuka YouTube, hingga akses penuh untuk fitur YouTube Music Premium, dan YouTube Kids.

Dalam peluncuran paket bundling Telkomsel YouTube Premium di Telkomsel Smart Office, Jakarta, Senin (21/8/2023) ini, Vice President Digital Lifestyle Telkomsel Nirwan Lesmana mengatakan, saat ini Telkomsel mendukung gaya hidup digital masyarakat Indonesia.

Apalagi, menurutnya, kini pelanggan Telkomsel bisa menikmati lebih dari dua aplikasi streaming, bahkan segmen tertentu malah menggunakan lebih daru dua aplikasi streaming.

"Video berkontribusi besar untuk payload, YouTube menjadi partner terbesar kami, di mana lebih dari 80 juta pelanggan Telkomsel mengakses YouTube," kata Nirwan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

100 Juta Pengguna Mengakses YouTube

<p>Vice President Digital Lifestyle Telkomsel Nirwan Lesmana. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Sekadar informasi, berdasarkan data perusahaan per akhir kuartal 2 2023, jumlah pelanggan Telkomsel sebesar 153 juta. Dari jumlah tersebut 120 juta adalah pelanggan data dan lebih dari 80 juta di antaranya mengakses YouTube.

Sementara, pelanggan yang memakai YouTube Premium sekitar 80.000 pelanggan. Nirwan mengatakan, dengan kehadiran paket bundling ini, Telkomsel melihat masih ada ruang untuk tumbuh dari segi pelanggan YouTube Premium maupun kuota yang dikeluarkan pelanggan.

"Jika 80 juta pelanggan yang mengakses YouTube itu beralih ke YouTube Premium, engagement-nya bisa meningkat double, dari 2GB per bulan menjadi 4GB dan mendorong agar YouTube Premium bisa lebih diterima masyarakat Indonesia," kata Nirwan.

Sementara itu, Country Head YouTube Indonesia Suwandi Widjaja, mengatakan, ini Telkomsel jadi operator pertama di Indonesia yang berkolaborasi hadirkan paket bundling YouTube Premium.

Saat ini, menurutnya, ada lebih dari 100 juta pengguna internet di Indonesia yang mengakses YouTube tiap harinya.

"Layanan YouTube Premium sendiri di Indonesia baru dirilis pada November 2019 dan ini merupakan pertama kalinya YouTube bekerja sama dengan partner telko. Dengan jaringan, basis pelanggan, dan distribusi Telkomsel ini akan mendorong pertumbuhan YouTube Premium dan Telkomsel," tutur Suwandi.

3 dari 4 halaman

Internet Telkomsel Paling Ngebut di Mobile Broadband Ookla Speedtest Awards 2023

Telkomsel meraih seluruh penghargaan pada kategori mobile broadband dari Ookla Speedtest Awards 2023 untuk periode Januari – Juni 2023. (Telkomsel)

Lebih lanjut, Telkomsel menyapu bersih penghargaan pada kategori mobile broadband dari Ookla Speedtest Awards 2023, untuk periode Januari sampai Juni 2023.

Penghargaan yang diraih yaitu pada kategori Best Mobile Network, Best Mobile Coverage, Fastest Mobile Network, Top-Rated Mobile Network, Best Mobile Video Experience, dan Best Mobile Gaming Experience.

Direktur Marketing Telkomsel Derrick Heng pun menyampaikan apresiasi atas laporan dan penghargaan yang telah diberikan oleh Ookla.

"Pengakuan ini merupakan hasil nyata dari kerja keras dan dedikasi Telkomsel dalam menghadirkan pengalaman konektivitas digital terbaik bagi seluruh pelanggan," ujarnya, mengutip siaran pers, Rabu (16/8/2023).

Dalam laporan Ookla periode Januari sampai Juni 2023, capaian Telkomsel di kategori Best Mobile Coverage mendapatkan skor 887.

Telkomsel dinilai sebagai operator yang memiliki cakupan infrastruktur yang merata dan mampu menyediakan konektivitas yang andal, termasuk di daerah dengan tantangan geografis.

4 dari 4 halaman

98 Persen Pelanggan Telah Nikmati Jaringan 4G Telkomsel

Ilustrasi Telkomsel dengan IndiHome. (Foto: Istimewa)

Sekitar 98 persen pelanggan diklaim telah tercakup jaringan broadband 4G/LTE Telkomsel.

Di kategori Fastest Mobile Network, operator telekomunikasi plat merah ini mendapatkan capaian Speed Score 35,33 dengan rata-rata kecepatan download 26,74 Mbps dan kecepatan upload 12,98 Mbps.

Skor yang didapatkan di dua kategori itu juga membuat Telkomsel meraih predikat di kategori Best Mobile Network untuk ketiga kalinya.

Di Best Mobile Video Experience, Telkomsel mendapatkan Video Score 69,92. Sementara untuk kategori Best Mobile Gaming Experience, nilai yang didapatkan atau Game Score adalah di 76,45.

Sedangkan pada kategori Top-Rated Mobile Network, skor yang diraih Telkomsel dari Ookla adalah 3,8.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini