Sukses

Samsung Rilis Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Fold 5 ke Indonesia Beserta Ekosistem Galaxy Watch 6 Series dan Tab S9 Series

Samsung resmi mengumumkan kehadiran Galaxy Z Flip dan Galaxy Fold 5 ke pasar Indonesia setelah pertama kali diperkenalkan pada event Galaxy Unpacked di Korea Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menggelar Unpacked 2023 di Seoul, Korea Selatan, Samsung secara resmi meluncurkan smartphone layar lipat terbarunya Samsung Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5 ke pasar Indonesia, di Jakarta, Selasa (15/8/2023).

President Samsung Electronics Indonesia Simon Lee mengatakan, kini dunia memiliki kemungkinan tanpa batas, perangkat layar lipat Samsung yang baru pun hadir dengan sejumlah peningkatan untuk mengekspresikan diri dan terhubung dengan ekosistem yang seamless

Sebelumnya dikatakan, menjadi penerus generasi sebelumnya, kedua perangkat ini didesain Samsung dengan dengan sangat hati-hati untuk memenuhi ekspektasi konsumen akan durabilitasnya.

Kini, layar utama Galaxy Z Flip 5 dan Z Fold 5 dilengkapi dengan struktur lapisan yang membuat lebih tahan terhadap guncangan dan bagian belakang yang telah didesain ulang untuk menciptakan layar yang lebih solid.

Perangkat layar lipat ini dilengkapi dukungan IPX8, rangka Armor Aluminum, dan Corning Gorilla Glass Victus 24 yang dipasang di Flex Window dan bagian belakang perangkat, Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5 menawarkan perlindungan yang diharapkan pelanggan, lengkap dengan adanya Flex Hinge.

Engsel terintegrasi yang baru ini telah dilengkapi dengan struktur rel ganda yang mampu meredam benturan eksternal.

Adapun Galaxy Z Flip 5 hadir dalam dua opsi  memori: 

  • Galaxy Z Flip 5 8/512GB: Rp 17.999.000
  • Galaxy Z Flip 5 8/256GB: Rp 15.999.000

Sementara, Galaxy Z Fold 5 datang dengan tiga opsi memori yang dibanderol: 

  • Galaxy Z Fold 5 12/1TB: Rp 29.999.000
  • Galaxy Z Fold 5 12/512GB: Rp 26.999.000
  • Galaxy Z Fold 5 12/256GB: Rp 24.999.000

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ekosistem Seamless Samsung Galaxy 

Head of MX Business Samsung Electronics  Indonesia Lo Khing Seng mengatakan, para pengguna kini bisa mengekspresikan diri dengan Galaxy Z Flip 5 dan Fold 5 tersebut dengan aksesoris-aksesoris yang mendukungnya lewat ekosistem Samsung. 

Termasuk dengan menghubungkan Galaxy Z Flip 5 atau Fold 5 dengan Galaxy Tab S9 series. 

“Kami memberikan solusi ekosistem, mulai dari semua foto dan video yang diambil bisa di-drag and drop dengan S Pen, bisa bekerja di device secara syncronize. Selain itu (Galaxy Tab S9 series) mendukung aplikasi-aplikasi editing untuk membuat produktif  dalam desain dan konten. Pengalaman semakin nyaman dengan S Pen dan layar yang semakin luas,” katanya. 

Galaxy Z Flip 5 dan Fold 5 juga bisa dihubungkan dengan Galaxy Watch 6 Series. Salah satunya, kata Lo Khing Seng, adalah mengontrol foto selfie lewat jam pintar terbaru Samsung tersebut. 

Apalagi, Galaxy Watch 6 Series kini dilengkapi dengan fitur personalise heart rate zone dan banyak fitur kesehatan yang mampu meningkatan hidup sehat penggunanya. Salah satunya adalah fitur Advanced Sleep Coaching untuk membuat pola tidur yang seimbang. 

Di sisi lain, Galaxy Z Fold 5 dilengkapi Dynamic Amoled 2X membuat pengalaman di smartphone makin menyenangkan. Kedua smartphone juga menggunakan prosesor yang diklaim paling canggih saat ini yakni Snapdragon 8 Gen 2. 

 

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Galaxy Z Flip 5 

Dari Samsung Galaxy Z Flip, peningkatan signifikan paling mencolok adalah layar depan atau cover screen, di mana kali ini, Galaxy Z Flip 5 membawa Flex Window yang jauh lebih besar ketimbang pendahulunya, dengan ukuran 3,4 inci Super AMOLED, serta mendukung refresh rate-nya 60Hz.

Perbedaan paling terlihat lainnya adalah tidak terlihatnya lagi celah saat ponsel dalam mode lipat, di mana Flex Hinge turun hingga 2mm sampai mencapai 15,1 mm, karena menggunakan sistem waterdrop.

Selain itu, layar depan Samsung Galaxy Z Flip5 yang lebih besar ini juga datang dengan fitur yang lebih kaya jika dibandingkan dengan pendahulunya, salah satunya adalah 11 widget yang bisa dipasang di cover screen-nya. Sementara untuk refresh rate-nya mencapai 60Hz.

Sementara untuk layar dalamnya, menggunakan layar Dynamic Amoled ukuran 6,7 inci FHD+ Dynamic AMOLED 2X dengan Adaptive Refresh Rate 120Hz. Perangkat ini menghadirkan lipatan yang lebih mulus. 

Di sektor kamera utama, Samsung juga menghadirkan kamera Ultrawide 12MP f2.2, bersama kamera wide 12MP f1.8 yang sudah mendukung fitur Optical Image Stabilization (OIS). Untuk kamera dalamnya menggunakan 10MP F2.2.

Seperti yang sudah-sudah pengguna juga dapat melakukan selfie menggunakan layar depan dengan ponsel tertutup.

Samsung kini menghadirkan fitur Dual Preview, sehingga pengguna bersama orang lain bisa mendapatkan hasil foto dan video yang oke dari mana pun. Fitur anyar lainnya adalah Flex Mode Panel yang telah ditingkatkan. 

Prosesor yang dipakai sendiri adalah Snapdragon 8 Gen 2 dengan kemampuan Multi Frame Processing. Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip5 lainnya, smartphone ini hadir dengan baterai 3.700 mAh dengan kemampuan fast charging 25W. Perangkat ini datang dengan One UI 5.1.1. 

 

4 dari 4 halaman

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 5

Samsung juga meluncurkan Galaxy Z Fold 5 untuk menemani Z Flip5 dalam acara Unpacked di Korea Selatan.

Perangkat ini membawa layar utama 7,6 inci QXGA+ Dynamic AMOLED 2c, serta Infinity Flex Display 2176 x 1812 dengan Adaptive Refresh Rate 120Hz. Sementara layar depannya berukuran 6,2 inci HD+ Dynamic AMOLED 2X Display 2316 x 904 dengan 120Hz adaptive refresh rate.

Perangkat ini memiliki perbedaan dari segi ketipisan dan bobotnya dibanding Fold4, di mana 10 gram lebih ringan sehingga bobotnya cuma 253 gram, serta ketipisan hanya 13,4 mm.

Selain itu, Galaxy Z Fold5 datang dengan zero gap atau tidak ada celah yang terlihat saat ponsel dalam mode layar dalam tertutup, berkat sistem waterdrop hinge

Galaxy Z Fold5 mendapatkan dukungan dari chipset Snapdragon 8 Gen 2. Selain itu, perangkat ini juga membawa Vapor Chamber yang 38 persen lebih besar dibanding pendahulunya, dengan peningkatan GPU 32 persen, NPU 25 persen, dan CPU 18 persen.

Di sektor kamera, Samsung menghadirkan kamera Rear Ultra Wide 12MP F2.2, Wide 50MP Dual Pixel OIS F1.8, serta Telephoto 10MP F2.4 OIS dengan 3x Optical zoom. Untuk kamera cover-nya sebesar 10MP F2.2, sementara kamera UDC-nya menggunakan 4MP F1.8.

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold5 lainnya, perangkat ini hadir dengan baterai 4.400mAh dan mendukung pengisian daya cepat 25W, serta sudah mendapatkan sertifikasi IPX8.

(Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini