Sukses

WhatsApp Bakal Punya Fitur Jadwalkan Panggilan Grup, Kemampuan Mirip Zoom

Menurut temuan terbaru, WhatsApp tengah menguji coba fitur baru yang memungkinkan pengguna menjadwalkan panggilan grup, baik secara video maupun suara.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp dikabarkan akan menambahkan fitur baru untuk meningkatkan pengalaman para penggunanya. Kali ini, fitur anyar yang diketahui akan hadir adalah kemampuan menjadwalkan panggilan dalam grup.

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna WhatsApp menjadwalkan waktu ketika ingin melakukan panggilan dengan banyak orang. Sebagai gambaran, kemampuan ini mirip dengan yang dihadirkan di aplikasi video conference seperti Zoom atau Google Meet.

Mengutip informasi dari Gizmochina, Selasa (15/8/2023), fitur ini baru hadir pada WhatsApp Beta versi 2.23.17.7 di perangkat Android. Fitur ini pun disebut bisa memudahkan proses panggilan di dalam grup chat.

Alasannya, pengguna tidak perlu lagi berkirim banyak pesan ketika ingin membuat panggilan grup WhatsApp. Mereka cukup menentukan jadwal yang sesuai, lalu menjadwalkannya sehingga bisa diketahui anggota lain.

Informasi soal penjadwalannya pun terbilang lengkap, bahkan mirip dengan aplikasi video conference yang kerap digunakan. Pengguna bisa mengatur topik panggilan, tanggal, hingga jenis panggilan yang ingin dilakukan, video atau suara.

Begitu ditetapkan, jadwal akan dibuat secara otomatis di dalam group chat pada WhatsApp. Peserta juga akan mendapatkan notifikasi 15 menit sebelum waktu panggilan yang dijadwalkan.

Dengan demikian, mereka bisa bersiap lebih dulu, sekaligus mengurangi kemungkinan panggilan tidak terjawab. Kendati demikian, fitur ini baru tersedia secara terbatas untuk beberapa penguji saja.

Informasi mengenai kapan fitur ini digulirkan juga belum diketahui. Karenanya, menarik untuk menanti kapan aplikasi chatting milik Meta tersebut akan meluncurkan fitur ini ke lebih banyak pengguna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Meta Rilis Fitur Share Screen WhatsApp di HP Android hingga iPhone

Di sisi lain, WhatsApp sendiri baru saja mendapatkan fitur di mana pengguna dapat berbagi tampilan layar atau share screen WhatsApp saat video call.

Yup, dengan fitur ini Anda dapat dengan mudah menunjukkan tampilan di layar ponsel kepada lawan bicara saat video call WhatsApp, baik itu tampilan seluruh layar atau hanya aplikasi tertentu.

Mengutip keterangan resmi Meta, Rabu (9/8/2023), pengguna akan memiliki opsi untuk membagikan seluruh layar atau aplikasi tertentu langsung dari fitur share screen WhatsApp ini.

"Pengguna bisa berbagi dokumen pekerjaan, menelusuri foto dengan keluarga, merencanakan liburan, atau sekadar membantu kakek-nenek dengan dukungan teknis lewat fitur ini," tulis Mark Zuckerberg dalam keterangannya.

Diketahui, fitur ini sebenarnya sudah ada di beberapa layanan konferensi video populer, seperti Zoom, Google Meet, atau Microsoft Teams.

Dalam siaran persnya, Mark Zuckerberg mengatakan bahwa fitur ini sudah tersedia untuk seluruh pengguna WhatsApp di perangkat Windows, iOS, dan Android secara global.

3 dari 4 halaman

Cara Share Screen WhatsApp di HP Android dan iPhone

Lalu bagaimana cara share screen WhatsApp di iPhone atau HP Android? Pastikan untuk sudah meng-update aplikasi WhatsApp di perangkat.

Setelah itu, mulai lakukan panggilan video dan klik ikon "Share" atau "Bagikan" di bagian bawah aplikasi WhatsApp.

Tak hanya itu, Meta juga menambahkan fitur di mana pengguna dapat menikmati panggilan video dalam mode lanskap untuk pengalaman menonton dan berbagi lebih baik di ponsel.

Fitur share screen WhatsApp ini pertama kali diperkenalkan di versi beta beberapa bulan lalu oleh WABetaInfo, situs yang sering membocorkan informasi terbaru tentang WhatsApp.

Namun, saat itu fitur ini masih terbatas untuk beberapa pengguna saja. Kini, setelah melalui tahap pengujian dan penyempurnaan, fitur ini sudah siap untuk digunakan oleh semua pengguna WhatsApp.

4 dari 4 halaman

WhatsApp Luncurkan Fitur Pesan Video

Tidak hanya itu, WhatsApp juga mengumumkan kehadiran fitur baru berupa pesan video instan. Lewat fitur ini, pengguna bisa mengirimkan pesan video singkat dan membagikannya langsung ke orang lain.

Secara garis besar, fitur ini mirip dengan pesan suara atau voice note yang sudah lebih dulu hadir di WhatsApp. Bedanya, pesan yang dikirimkan kini bisa berupa video pendek.

"Menurut kami, ini akan menjadi cara yang menyenangkan untuk berbagi momen dengan semua emosi yang muncul dari video, untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada seseorang, menertawakan lelucon, atau membawa kabar baik," tutur WhatsApp dalam keterangan resmi yang diterima, Sabtu (29/7/2023).

Adapun durasi pesan video yang bisa direkam pengguna mencapai 60 detik. Cara mengirimkannya pun tidak berbeda dari voice note yang sudah biasa digunakan oleh para pengguna aplikasi WhatsApp.

"Cukup ketuk untuk beralih ke mode video, lalu tahan untuk merekam video," tulis aplikasi chatting milik Meta tersebut. Pengguna juga bisa mengusap opsi kirim ke atas untuk mengunci dan merekam video secara otomatis.

(Dam/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.