Sukses

Game Red Dead Redemption Lawas Bakal Rilis di PS4 dan Nintendo Switch

Rockstar Games mengumumkan bahwa Red Dead Redemption akan diluncurkan di PS4 dan Nintendo Switch pada tanggal 17 Agustus 2023 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Pengembang game Rockstar Games, mengumumkan bahwa salah satu judul populer lawas mereka, Red Dead Redemption, bakal diluncurkan di PlayStation 4 (PS4) dan Nintendo Switch.

Judul kedua dari Red Dead Series ini, pertama kali diluncurkan tahun 2010 secara eksklusif di PlayStation 3 (PS3) dan Xbox 360. Adapun, versi PS4 dan Switch akan diluncurkan pada 17 Agustus 2023.

Red Dead Redemption berkisah tentang mantan penjahat John Marston, berpetualang melakukan perjalanan Amerika Barat dan Meksiko untuk melacak anggota terakhir dari Van der Linde Gang, demi menyelamatkan keluarganya.

Meski menjadi gim pertama, tetapi cerita di judul ini merupakan kelanjutan langsung dari gim Red Dead Redemption 2 yang dirilis pertama kali tahun 2018.

Untuk versi PS4 dan Switch-nya, game ini dikonversi oleh pengembang asal Britania Raya Double Eleven Studios, serta masih kompatibel buat dimainkan di PlayStation 5.

Mengutip laman resminya, Kamis (10/8/2023), Rockstar juga mengungkapkan versi Nintendo Switch dan PS4 akan mencakup Downloadable Content (DLC) Undead Nightmare.

Di DLC tersebut, sang karakter utama, John Marston, harus berjuang untuk bertahan hidup dari gerombolan zombie yang tak kenal lelah dan sembari mencari obat untuk masalah itu.

Game ini dapat dimainkan secara single-player. Rockstar juga menghadirkan penambahan bahasa yaitu Bahasa Mandarin Sederhana dan Tradisional, Korea, Polandia, Portugis Brasil, Rusia, dan Spanyol Amerika Latin.

Red Dead Redemption dan Undead Nightmare akan dijual dengan harga USD 50 (sekitar Rp 760 ribu) di Nintendo Switch eShop dan PlayStation Store, dengan peluncuran fisik dijadwalkan pada 13 Oktober 2023.

Meski begitu, buat para pemain PC, dikutip dari IGN, Rockstar tidak mengumumkan apa pun soal versi PC dan Xbox terkini dari Red Dead Redemption.

Namun buat para gamer Xbox, game Red Dead Redemption versi lawas diluncurkan di Xbox 360 bisa dimainkan di konsol Xbox generasi terkini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Game Tiruan The Last of Us Ditarik dari Nintendo Switch

Di sisi lain, beberapa waktu lalu, gim tiruan dari The Last of Us yang rilis di Nintendo Switch, ditarik dari peredaran. Seperti diketahui, game itu belum diluncurkan untuk perangkat handheld Nintendo itu.

Mendapatkan banyak kritik, baru-baru ini, The Last Hope: Dead Zone Survival dilaporkan dicabut dari Nintendo Switch eShop karena masalah pelanggaran hak cipta.

Mengutip Gamerant, Minggu (6/8/2023), The Last Hope tersedia di eShop Nintendo Switch pada awal Juli lalu.

Banyak komentator yang menyebut bahwa judul game, premis, sampai desain karakter, cuma sekadar meniru The Last of Us pertama yang rilis awal di tahun 2013, namun dalam tampilan yang lebih buruk.

Selain itu, meski hadir dengan gameplay yang menggunakan perspektif third-person, game ini ditandai sebagai first-person shooter.

Asumsi hilangnya The Last Hope di eShop karena pelanggaran copyright, juga diperkuat dengan video trailer mereka yang terkena klaim hak cipta dari Sony Interactive Entertainment selaku publisher The Last of Us.

 

3 dari 3 halaman

Game Tiruan The Last of Us Dapat Ulasan Negatif

Mengutip IGN, The Last Hope: Dead Zone Survival juga mendapatkan kritik negatif karena kualitasnya, di mana beberapa menyebutnya sebagai "game terburuk" yang pernah dimainkan.

"The Last Hope dirancang untuk mengambil uang Anda. Tidak ada permainan di sini - ini adalah penipuan yang efektif," jelas kata John Linneman dari situs Digital Foundry.

"Kita semua tahu ini dari trailernya, tetapi fakta bahwa game yang sebenarnya jauh lebih sedikit daripada trailer yang mengerikan itu benar-benar mengejutkan," imbuhnya.

Tidak ada komentar baik dari PlayStation, Nintendo, dan publisher The Last Hope V. G. Games terkait dicabutnya game tiruan ini.

The Last of Us Part I sendiri baru saja dirilis di platform PC lewat Steam dan Epic Games Store. Versi PC ini merupakan remake dari The Last of Us yang pertama kali dirilis di konsol PlayStation.

Di Steam, The Last of Us Part I bisa dibeli dengan harga Rp 879.000 untuk versi dasarnya dan Rp 1.029.000 untuk Digital Deluxe Edition. Sementara di Epic Games Store, game ini juga dirilis dengan harga Rp 879.000.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.