Sukses

Langgar Hak Cipta, Game Tiruan The Last of Us Ditarik dari Nintendo Switch

Selain game-nya yang ditarik dari Nintendo Switch eShop, video trailer game tiruan The Last of Us ini juga terkena klaim hak cipta dari Sony.

Liputan6.com, Jakarta Gim dari seri The Last of Us belum dirilis di platform Nintendo Switch. Namun, popularitas waralaba ini rupanya membuat kemunculan gim tiruannya yang berjudul The Last Hope: Dead Zone Survival.

Mendapatkan banyak kritik, baru-baru ini, The Last Hope: Dead Zone Survival dilaporkan dicabut dari Nintendo Switch eShop karena masalah pelanggaran hak cipta.

Mengutip Gamerant, Minggu (6/8/2023), The Last Hope tersedia di eShop Nintendo Switch pada awal Juli lalu.

Banyak komentator yang menyebut bahwa judul game, premis, sampai desain karakter, cuma sekadar meniru The Last of Us pertama yang rilis awal di tahun 2013, namun dalam tampilan yang lebih buruk.

Selain itu, meski hadir dengan gameplay yang menggunakan perspektif third-person, game ini ditandai sebagai first-person shooter.

Asumsi hilangnya The Last Hope di eShop karena pelanggaran copyright, juga diperkuat dengan video trailer mereka yang terkena klaim hak cipta dari Sony Interactive Entertainment selaku publisher The Last of Us.

Mengutip IGN, The Last Hope: Dead Zone Survival juga mendapatkan kritik negatif karena kualitasnya, di mana beberapa menyebutnya sebagai "game terburuk" yang pernah dimainkan.

"The Last Hope dirancang untuk mengambil uang Anda. Tidak ada permainan di sini - ini adalah penipuan yang efektif," jelas kata John Linneman dari situs Digital Foundry.

"Kita semua tahu ini dari trailernya, tetapi fakta bahwa game yang sebenarnya jauh lebih sedikit daripada trailer yang mengerikan itu benar-benar mengejutkan," imbuhnya.

Tidak ada komentar baik dari PlayStation, Nintendo, dan publisher The Last Hope V. G. Games terkait dicabutnya game tiruan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

The Last of Us Part I PC Banjir Ulasan Negatif

The Last of Us Part I sendiri baru saja dirilis di platform PC lewat Steam dan Epic Games Store. Versi PC ini merupakan remake dari The Last of Us yang pertama kali dirilis di konsol PlayStation.

Di Steam, The Last of Us Part I bisa dibeli dengan harga Rp 879.000 untuk versi dasarnya dan Rp 1.029.000 untuk Digital Deluxe Edition. Sementara di Epic Games Store, game ini juga dirilis dengan harga Rp 879.000.

Kesuksesan versi PlayStation-nya, dan hype karena serialnya di HBO, memang membuat para gamer berekspektasi tinggi untuk versi PC dari game ini.

Namun rupanya, banyak pemain yang mengeluhkan banyaknya masalah terhadap performa game besutan Naughty Dog ini.

Mengutip Gamerant, Rabu (29/3/2023), keluhan banyak dilontarkan karena buruknya optimalisasi di PC, sederet masalah performa, hingga beberapa gamer mengeluhkan permainan yang crash dan tidak bisa dimainkan.

3 dari 4 halaman

Naughty Dog Respon Ulasan Buruk The Last of Us PC

Port PC The Last of Us Part I juga dilaporkan mengalami masalah seperti gerakan kamera mouse yang tersendat-sendat, hilangnya pengaturan penting, serta kurangnya pengoptimalan secara umum.

Pemain lain juga menggambarkannya sebagai "port PC terburuk mutlak" yang pernah mereka temui. Ada juga yang memintanya untuk tidak membeli dulu game tersebut.

Menyusul ulasan buruk ini, melalui cuitan di akun Twitter-nya, Naughty Dog mengatakan bahwa mereka sudah mendengar keluhan para pemain, dan akan memeriksa berbagai masalah yang dilaporkan.

"Kami dengar perhatian Anda, dan tim kami secara aktif menginvestigasi berbagai masalah yang Anda laporkan," tulis Naughty Dog.

"Kami akan terus memperbarui Anda, tetapi tim kami memprioritaskan pembaruan dan akan mengatasi masalah di tambalan yang akan datang," imbuh Naughty Dog.

4 dari 4 halaman

Spesifikasi PC Buat Main The Last of Us

Jika kamu ingin memainkan The Last of Us Part I, berikut ini syarat spesifikasi PC yang dibutuhkan:

Spesifikasi PC Minimal The Last of Us Part I

  • OS: Windows 10 (Version 1909 atau lebih baru)
  • Prosesor: AMD Ryzen 5 1500X, Intel Core i7-4770K
  • Memori: 16 GB RAM
  • Grafik: AMD Radeon RX 470 (4 GB), AMD Radeon RX 6500 XT (4 GB), NVIDIAGeForce GTX 970 (4 GB), NVIDIA GeForce GTX 1050 Ti (4 GB)
  • Penyimpanan: 100 GB
  • Catatan tambahan: SSD direkomendasikan

Spesifikasi PC Rekomendasi The Last of Us Part I

  • OS: Windows 10 (Version 1909 atau lebih baru)
  • Prosesor: AMD Ryzen 5 3600X, Intel Core i7-8700
  • Memori: 16 GB RAM
  • Grafik: AMD Radeon RX 5700 XT (8 GB), AMD Radeon RX 6600 XT (8 GB), NVIDIA GeForce RTX 2070 SUPER (8 GB), NVIDIA GeForce RTX 3060 (8 GB)
  • Penyimpanan: 100 GB
  • Catatan tambahan: SSD direkomendasikan  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.