Sukses

Pengguna Lama Protes IndiHome Cuma Kasih Promo Diskon ke Pelanggan Baru, Ini Respons Telkomsel 

IndiHome dinilai sejumlah pengguna nyaris tak pernah memberikan harga spesial untuk pengguna existing atau pelanggan lama. Begini tanggapan Telkomsel.

Liputan6.com, Jakarta - IndiHome adalah salah satu layanan fixed broadband yang kerap mengumbar diskon untuk pelanggan atau pengguna baru. 

Namun sayangnya, layanan internet yang kini sepenuhnya milik Telkomsel tersebut dinilai sejumlah warganet nyaris tak pernah memberikan harga spesial untuk pengguna existing atau pelanggan lama. 

Misalnya, pada paket Jitu IndiHome yang ditawarkan untuk pengguna baru IndiHome ditawarkan harga spesial Rp 375 ribu per bulan untuk bisa mendapatkan kecepatan 100 Mbps (promo ini berlaku hingga 31 Agustus 2023). Setelahnya, harga paket tersebut menjadi Rp 425 ribu per bulan. 

Harga ini ternyata berbeda dengan pelanggan lama IndiHome. Untuk mendapatkan 50 Mbps saja, salah seorang konsumen IndiHome harus merogoh Rp 500 ribuan per bulan. Angka itu jauh dari paket kecepatan 100 Mbps tanpa promo. 

Terkait hal ini Vice President Home Broadband and FMC Consumer Marketing Telkomsel, Dedi Suherman, menjelaskan bahwa setiap pelanggan memiliki kontraknya masing-masing. Aturan tersebut harus ditaati oleh kedua pihak. 

“Tentunya kita akan comply dengan apa yang ada, seperti perubahan harga. Kami sangat memikirkan itu dengan menambahkan benefit kepada pelanggan lama,” ujar Dedi di sela acara Media Gathering Telkomsel, Rabu (26/7/202) di Kuta, Bali. 

Ia menambahkan, benefit yang diberikan IndiHome kepada pelanggan lama adalah penambahan kecepatan dengan harga yang sama (harga tak naik). 

“Kami akan beri high speed same price (HSSP) untuk pelanggan lama secara bertahap, dengan kriteria tertentu. Kami akan memberikan benefit itu ke masing-masing pelanggan secara personal, yang akan dikontak oleh custumer service kami,” ucap Dedi memungkaskan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rilis Produk Fixed-Mobile Convergence Telkomsel One, Bagaimana Nasib IndiHome dan Orbit?

Sejak 1 Juli 2023, Telkomsel mengintegrasikan layanan mereka dengan IndiHome dan mulai fokus pada fixed-mobile convergence (FMC). Bersamaan dengan digelarnya Telkomsel Awards 2023 pada 21 Juli 2023, operator pelat merah ini merilis solusi FMC bernama Telkomsel One.

Perilisan produk konvergensi (FMC) ini dilakukan di sejumlah kota besar, yakni Jabodetabek, Bandung, Medan, Surabaya, dan Makassar.

Dikatakan oleh Presiden Direktur Telkomsel Hendri Mulya Syam, lewat produk ini, Telkomsel berupaya jadi game changer untuk memperkuat peran perusahaan di industri telekomunikasi, sebagai penyedia layanan telekomunikasi juga platform dan digital.

Dengan produk baru Telkomsel One, Telkomsel menghadirkan solusi all in one, menggabungkan layanan fixed dan mobile broadband secara seamless. Artinya, dengan satu aplikasi, satu billing (tagihan), dan jaringan bersama, Telkomsel One berupaya hadirkan unbreakable internet saat pelanggan di dalam dan di luar rumah.

Lantas, bagaimana nasib IndiHome dan Orbit yang selama ini keduanya merupakan solusi internet untuk rumah?

Diungkapkan oleh Senior Vice President Consumer Sales Operation Telkomsel Gilang Prasetya, setelah dirilisnya Telkomsel One, IndiHome bakal tetap jadi brand terbaik untuk layanan fixed broadband di Inodnesia.

"IndiHome tetap ada seperti biasa. Jadi, Telkomsel One ini adalah produk atau layanan gabungan bundling dari mobile, fixed, Telkomsel Orbit, dan lainnya," kata Gilang.

 

3 dari 4 halaman

Telkomsel One Hadirkan Solusi Konektivitas Bundling Mobile dan Fixed Broadband

Ia pun menjelaskan bahwa Telkomsel One bukanlah produk yang menggantikan IndiHome, melainkan sebuah produk bundling yang di dalamnya terdapat layanan mobile dan fixed melalui IndiHome serta internet rumah berjaringan mobile, Orbit.

"Solusi (konektivitas dan layanan digital) ini yang tadinya terpecah-pecah, pelanggan kalau mendaftar bisa diberikan satu solusi yang sudah dibuat secara taylormade, tidak custom satu per satu pelanggan," katanya.

Nasib Telkomsel Orbit

Sementara itu untuk Telkomsel Orbit, modem rumah yang menggunakan jaringan Telkomsel, juga bakal tetap ada dan tidak digantikan posisinya oleh Telkomsel One.

Dikatakan oleh VP Home Broadband and FMC Consumer Marketing Telkomsel Dedi Suherman, "Orbit enggak akan ke mana-mana, sama seperti sekarang, tapi yang terjadi Telkomsel semakin melebarkan portofolio produknya."

Ia pun mencontohkan saat pelanggan membuat rumah baru dan memasang internet kabel (IndiHome) yang belum tersedia layanannya, Telkomsel akan menyarankan penggunaan Telkomsel Orbit.

Dikatakan Dedi, Orbit jadi solusi terbaik internet rumah bagi wilayah yang tidak dikover layanan fixed mobile. Namun, dengan kehadiran Telkomsel One, Telkomsel menggabungkan segmentasi pasar mobile dan fixed. Layanan Orbit pun jadi bagian dari bundling ini.

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.