Sukses

Timnas CS:GO Indonesia Lolos Kualifikasi Asia Pasifik, Siap Berlaga di IESF WEC 2023

Tim Nasional Esports CS:GO Indonesia bakal berlaga di IESF 15th World Esports Championship, usai lolos di kualifikasi dan meraih posisi kedua di klasemen Grup B Kualifikasi Kontinenal Asia Pasifik. (PBESI)

Liputan6.com, Jakarta - Tim Nasional Esports Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO) Indonesia, sukses melanjutkan perjalanannya di IESF 15th World Esports Championship, usai lolos di kualifikasi kontinental Asia Pasifik.

Keberhasilan ini diraih usai Timnas CS:GO Tanah Air meraih posisi kedua di klasemen Grup B Kualifikasi Kontinenal Asia Pasifik.

Mengutip siaran pers, Minggu (16/7/2023), Timnas Esports CS:GO berhasil mengalahkan Pakistan dengan skor 16-11, Australia dengan skor 16-7, dan Palestina dengan skor 16-8.

Skuad Indonesia sempat menelan kekalahan satu kali dalam pertandingan sengit melawan tim Mongolia dengan skor 19-22, yang berhasil meraih kemenangan sempurna di fase grup.

Selain Indonesia, lima negara lainnya yang turut lolos ke Kejuraan Dunia Esports IESF ke-15 adalah Mongolia, Palestina, Vietnam, Uzbekistan, dan Arab Saudi.

Pelatih Timnas IESF Richard Permana mengatakan, Timnas telah membuktikan kualitasnya, dengan meraih salah satu finish tertinggi dilihat dari rasio kemenangan-kekalahan serta selisih kills.

Ia mengatakan, hal ini memperkuat optimisme terhadap kans Indonesia di IESF WEC 2023.

"Tentunya, kami tidak akan lengah dan terus meningkatkan performa Indonesia untuk dapat bersaing dengan tim-tim terbaik dari seluruh dunia," pungkasnya.

Justin Wilhem, anggota Timnas CS:GO IESF World Esports Championship mengatakan, mereka mendapatkan dukungan yang lebih dari yang diharapkan.

"Ini tentunya sangat berdampak positif terhadap performa tim, dan kami semakin mantap untuk menghadapi IESF 15th World Esports Championships mendatang," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Indonesia Ikuti Sejumlah Gim di IESF WEC 2023

Kepala Badan Tim Nasional IESF 15th World Esports Championships Eddy Lim pun menyampaikan selamatnya, kepada Timnas CS:GO yang telah berjuang sejak tahap open qualifier.

"Namun, perjalanan kalian baru saja dimulai," kata Eddy Lim.

"Maksimalkan seluruh persiapan pada pemusatan latihan nasional (Pelatnas) dan tetap pertahankan mentalitas juara sekaligus semangat bela negara hingga IESF 15th World Esports Championships nanti," imbuhnya.

Dengan hasil tersebut, Indonesia dipastikan bakal ikut nomor-nomor gim CS:GO, Mobile Legends: Bang-Bang, DOTA 2, eFootball, serta Tekken 7 pada IESF 15th World Esports Championships Iasi, Rumania.

Skuad Timnas CS:GO Indonesia sendiri terdiri dari Daniel Adimasta, Andre Yosua, Muhammad Sulaiman, Grant Hadiputra, Achmad Rismana Handachnie, dan Justin Wilhelm.

3 dari 4 halaman

Bigetron Alpha Wakili Indonesia di MLBB IESF WEC 2023

Bigetron Alpha bakal menjadi wakil Indonesia untuk IESF World Esports Championship 2023 nomor Mobile Legends: Bang Bang, yang akan digelar di Rumania.

Sebelumnya, Bigetron Alpha berhasil keluar sebagai juara H3RO Esports 4.0 usai menundukkan Aura Fire. Kemenangan ini membuat mereka lolos untuk Seleknas IESF 2023.

Saken dkk, pun bergabung dengan empat tim lainnya yaitu roster Timnas SEA Games Women 2023, Evos Legends yang merupakan juara IESF WEC 2022, serta EVOS Icon sebagai juara MDL ID S7.

Sementara ONIC Esports, juara MPL ID S11 serta MSC 2023, terpaksa mengundurkan diri dari Seleknas IESF karena "kondisi para pemain paska turnamen panjang dan juga minimnya waktu persiapan."

Mengutip laman resmi Bigetron, Jumat (30/6/2023), Bigetron Alpha berhasil mengalahkan Evos Icon di babak Grand Final Seleknas IESF. Sebelumnya, mereka juga berhasil menundukkan Evos Legends di Upper Bracket.

 

4 dari 4 halaman

IESF WEC 2023 Digelar di Rumania

Timnas SEA Games Women harus tersingkir duluan usai dikalahkan Evos Legends dan Evos Icon. Sementara, Evos Legends harus tersingkir setelah ditaklukkan sang adik, Evos Icon, di Lower Bracket Final.

Di Grand Final, Bigetron Alpha sukses mengunci skor 3-0, membawa mereka secara resmi menjadi perwakilan Indonesia di IESF 15th World Esports Championship di Rumania.

IESF WEC 2023 akan digelar di Iași, Rumania, pada 24 Agustus sampai 4 September tahun ini. Sebanyak 120 negara diperkirakan akan ikut dalam pertandingan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.