Sukses

Meta Verified Hadir di Indonesia, Pengguna Instagram dan Facebook Bisa Langganan Centang Biru

Meta Indonesia mengungkapkan bahwa program centang biru berbayar untuk Instagram dan Facebook sudah mulai dirilis di Tanah Air, berikut ini harga dan syarat langganannya

Liputan6.com, Jakarta - Meta diketahui telah menggulirkan program centang biru berbayar mereka atau Meta Verified untuk pengguna Instagram dan Facebook di Indonesia.

Informasi ini diketahui dari unggahan CEO Meta Indonesia Pieter Lydian di akun Instagram pribadinya @pieterlydian, seperti dilihat oleh Tekno Liputan6.com.

"Dengan senang saya menyambaikan bahwa Meta Verified kini telah tersedia dan dapat dibeli secara langsung melalui Instagram atau Facebook di Indonesia," tulis Pieter, dikutip Jumat (14/7/2023).

Dalam pengumumannya, diungkap juga bahwa harga paket langganan bulanan Meta Verified di Indonesia adalah Rp 100.000 di web dan Rp 130.000 di iOS serta Android.

Syarat Langganan Centang Biru Meta untuk Instagram dan Facebook

Berikut ini adalah syarat yang harus dipenuhi, apabila seseorang ingin mendapatkan penandan verifikasi di Meta Verified:

  • Akun harus memenuhi persyaratan aktivitas minimum, seperti riwayat unggahan sebelumnya, dan pendaftar harus berusia minimal 18 tahun
  • Pendaftar diharuskan untuk menyertakan ID pemerintah, yang sesuai dengan nama profil dan foto akun Facebook atau Instagram yang mereka ajukan
  • Langganan akan mencakup pemantauan proaktif untuk peniruan akun

Adapun, pelanggan yang berlangganan Meta Verified bakal mendapatkan Lencana terverifikasi atau verification badge, yang mengonfirmasi bahwa akunnya adalah asli dan telah diautentikasi dengan ID pemerintah

Selain itu, pelanggan akan mendapatkan perlindungan lebih dari peniruan, dengan pemantauan akun secara proaktif untuk peniru, yang mungkin menargetkan orang-orang dengan audiens online yang terus bertambah.

Pelanggan centang biru Meta juga akan dapat bantuan saat membutuhkan akses ke orang sungguhan untuk masalah akun yang umum, serta fitur-fitur eksklusif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Langganan Centang Biru Berbayar Meta

Pieter juga menyebutkan, perusahaan akan melakukan serangkaian pemeriksaan di Meta Verified, baik sebelum, selama, maupun setelah seseorang mendaftar.

Cara Langganan Meta Verified

Dikutip lebih lanjut dari situs resmi Meta, berikut ini langkah-langkah apabila ingin mendapatkan centang biru berbayar di Instagram dan Facebook:

  • Pergi ke "Settings" di Instagram atau Facebook. Klik "Accounts Center", lalu "Meta Verified."
  • Jika tersedia untuk akun Anda, akan terlihat "Meta Verified available" di bawah nama dan foto profil Anda.
  • Pilih metode pembayaran yang diinginkan untuk membayar secara bulanan
  • Selesaikan proses verifikasi dan berikan foto ID yang resmi dari pemerintah, dan apabila tersedia, video selfie untuk mengonfirmasi identitas pengguna, sebelum disetujui untuk berlangganan Meta Verified.
3 dari 4 halaman

Peluncuran Meta Verified oleh Mark Zuckerberg

Meta Verified sendiri diumumkan pada bulan Februari 2023 lalu, dan disampaikan secara langsung oleh CEO Mark Zuckerberg.

Mark Zuckerberg mengatakan, dengan layanan bernama Meta Verified ini, pelanggan bisa melakukan verifikasi akun menggunakan kartu identitas, serta mendapatkan centang biru.

Pelanggan juga bisa mendapatkan perlindungan tambahan dari akun-akun yang mungkin mengklaim sebagai dirinya atau impersonating, serta akses langsung ke dukungan pelanggan.

"Fitur baru ini adalah tentang meningkatkan keaslian dan keamanan di seluruh layanan kami," kata pendiri Facebook tersebut.

Meta Verified saat diluncurkan dihargai USD 11,99 (sekitar Rp 182 ribu) per bulan untuk versi web dan USD 14,99 (sekitar Rp 227 ribu) per bulan untuk iOS. Layanan centang biru berbayar Meta ini juga awalnya dirilis di Australia dan Selandia Baru.

4 dari 4 halaman

Dirilis di AS Bulan Maret

Kemudian, pada bulan Maret Zuckerberg mengumumkan program verifikasi berbayar ini dirilis di Amerika Serikat.

Selain mendapatkan centang biru, pengguna yang bergabung dalam program ini akan mendapatkan sejumlah keuntungan lain, mulai dari fitur eksklusif, proteksi akun secara proaktif, hingga akses langsung ke layanan pelanggan.

Kendati demikian, ada perbedaan antara program yang dibuka untuk pengguna Instagram dan Facebook di Amerika Serikat dan dua negara sebelumnya.

Bagi pengguna di Amerika Serikat yang mendaftar program ini, Meta menuturkan, mereka tidak akan memperoleh peningkatan visibilitas.

(Dio/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.