Sukses

Timnas Esports CS:GO Indonesia ke Arab Saudi, Hadapi Kualifikasi Asia Pasifik IESF WEC Rumania

Timnas Esports CS:GO Indonesia bakal mengikuti babak kualifikasi kontinental Asia Pasifik menuju IESF 15th World Esports Championships di Riyadh, Arab Saudi

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO) Indonesia, terbang ke Riyadh, Arab Saudi, dalam rangka menghadapi babak kualifikasi kontinental Asia Pasifik menuju IESF 15th World Esports Championships, mereka telah tiba pada Senin (11/7/2023) kemarin.

Skuat Timnas ini terdiri dari Daniel Adimasta, Andre Yosua, Muhammad Sulaiman, Grant Hadiputra, Achmad Rismana Handachnie, dan Justin Wilhelm.

Mereka telah melewati tahap open qualifier secara mandiri dan kini tampil sebagai perwakilan Indonesia di nomor CS:GO dengan dukungan penuh dari Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI).

Adapun, babak kualifikasi tersebut bakal mempertemukan para perwakilan dari setiap kawasan antara lain Arab Saudi, Palestina, dan Iran sebagai juara Asia Barat.

Terdapat juga Uzbekistan sebagai juara Asia Tengah, Pakistan dan India sebagai juara Asia Selatan, Mongolia sebagai juara Asia Barat, Australia sebagai juara Oseania, serta Indonesia dan Vietnam sebagai juara Asia Tenggara.

Timnas Esports Indonesia menempati Grup B dan akan berlaga melawan Pakistan, Australia, Palestina, dan Mongolia.

Kepala Badan Tim Nasional IESF 15th World Esports Championships Eddy Lim mengatakan, Timnas CS:GO mengemban misi bela negara yang mulia untuk membawa Indonesia menuju panggung keolahragaan dunia di IESF 15th World Esports Championships.

"Seluruh Badan Tim Nasional, keluarga PB ESI, dan khalayak esports mengucapkan selamat bertanding dan mendoakan hasil yang terbaik bagi Timnas CS:GO pada babak kualifikasi kontinental Asia Pasifik," kata Eddy melalui siaran persnya.

"Niscaya, kalian akan turut membawa Sang Merah-Putih ke Iasi, Rumania!" pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perbesar Potensi Perolehan Medali Indonesia

Ikut sertanya Timnas Esports CS:GO di World Esports Championships atau Kejuaraan Dunia Esports IESF ke-15, akan memperbesar potensi perolehan medali Indonesia dalam kompetisi ini.

Indonesia sendiri telah mengamankan tempat di beberapa gim seperti Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), Dota 2, eFootball, dan Tekken 7.

Richard Permana menegaskan bahwa kepiawaian regu Indonesia dalam permainan tidak kalah dibandingkan negara-negara kompetitornya di Asia Pasifik. "Kuncinya adalah terus fokus, konsisten, dan jangan pernah lengah," ujarnya.

Tiga tim teratas dari masing-masing Grup A dan Grup B nantinya bakal dinyatakan lolos, sehingga total enam tim pada babak kualifikasi kontinental yang akan melaju ke kejuaraan dunia esports IESF 15th World Esports Championships.

IESF 15th World Esports Championships sementara itu akan diselenggarakan di Iasi, Rumania pada bulan Agustus hingga September mendatang.

3 dari 4 halaman

Bigetron Alpha Wakili Indonesia di Mobile Legends IESF WEC 2023

Dari gim MLBB, Bigetron Alpha bakal menjadi wakil Indonesia untuk IESF World Esports Championship 2023 cabang Mobile Legends yang akan digelar di Rumania.

Sebelumnya, Bigetron Alpha berhasil keluar sebagai juara H3RO Esports 4.0 usai menundukkan Aura Fire. Kemenangan ini membuat mereka lolos untuk Seleknas IESF 2023.

Saken dkk, pun bergabung dengan empat tim lainnya yaitu roster Timnas SEA Games Women 2023, Evos Legends yang merupakan juara IESF WEC 2022, serta EVOS Icon sebagai juara MDL ID S7.

Sementara ONIC Esports, juara MPL ID S11 serta MSC 2023, terpaksa mengundurkan diri dari Seleknas IESF karena "kondisi para pemain paska turnamen panjang dan juga minimnya waktu persiapan."

Mengutip laman resmi Bigetron, Jumat (30/6/2023), Bigetron Alpha berhasil mengalahkan Evos Icon di babak Grand Final Seleknas IESF. Sebelumnya, mereka juga berhasil menundukkan Evos Legends di Upper Bracket.

 

4 dari 4 halaman

IESF WEC 2023 Digelar di Rumania

Timnas SEA Games Women harus tersingkir duluan usai dikalahkan Evos Legends dan Evos Icon. Sementara, Evos Legends harus tersingkir setelah ditaklukkan sang adik, Evos Icon, di Lower Bracket Final.

Di Grand Final, Bigetron Alpha sukses mengunci skor 3-0, membawa mereka secara resmi menjadi perwakilan Indonesia di IESF 15th World Esports Championship di Rumania.

IESF WEC 2023 akan digelar di Iași, Rumania, pada 24 Agustus sampai 4 September tahun ini. Sebanyak 120 negara diperkirakan akan ikut dalam pertandingan ini.

Daftar Game di IESF WEC 2023 Rumania

Berikut ini daftar game yang dipertandingkan di Kejuaraan Dunia Esports ke-15 di Rumania:

  • Counter-Strike: Global Offensive
  • Dota 2
  • Tekken 7
  • eFootball
  • PUBG Mobile
  • Mobile Legends: Bang Bang

Dua game mobile yang dipertandingkan di IESF Bali tahun lalu, juga akan dipertandingkan di sini. Mereka adalah PUBG Mobile dan Mobile Legends: Bang Bang, dengan tujuan membuat esports lebih mudah diakses.

Sementara CS:GO, Dota 2, Tekken 7, dan eFootball, sudah ditampilkan di IESF World Esports Championship pada tahun 2021 dan 2022 yang lalu.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.