Sukses

3 Teknologi Inovatif untuk Mitigasi Perubahan Iklim

Selaras dengan peningkatan suhu bumi, peristiwa cuaca ekstrem, dan pola curah hujan yang berubah, masyarakat di seluruh dunia menghadapi tugas mendesak untuk beradaptasi dengan perubahan iklim.

Liputan6.com, Jakarta - Selaras dengan peningkatan suhu bumi, peristiwa cuaca ekstrem, dan pola curah hujan yang berubah, masyarakat di seluruh dunia menghadapi tugas mendesak untuk beradaptasi dengan perubahan iklim.

Mengutip World Economics Forum, Selasa (3/7/2023), terdapat tiga teknologi inovatif yang berada di garis depan perubahan iklim. Ketiganya menawarkan harapan dan solusi praktis bagi terhadap perubahan iklim.

Apa saja ketiga teknologi itu, simak paparannya berikut ini.

1. Google Flood Hub - Machine Learning untuk Sistem Peringatan Dini Banjir

Salah satu teknologi yang menonjol dalam ranah perubahan iklim adalah sistem peringatan dini Google Flood Hub. Memanfaatkan algoritme machine learning, sistem ini berfungsi sebagai mekanisme peringatan bagi individu yang tinggal di daerah rawan banjir yang disebabkan oleh sungai, lautan, dan danau.

Dengan memberikan peringatan real-time melalui ponsel, Google Flood Hub memastikan bahwa orang yang berada dalam bahaya dapat mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk melindungi nyawa dan harta benda mereka.

Yang membedakan Google Flood Hub adalah kemampuannya menyajikan informasi dengan cara yang mudah digunakan. Peta genangan, disertai dengan pengukuran ketinggian banjir relatif terhadap tinggi badan orang dewasa, memberikan pemahaman yang jelas kepada individu tentang potensi risiko yang mereka hadapi.

Sejak layanan ini dirilis pada tahun 2018 lalu, ia telah mengirimkan 115 juta peringatan di wilayah berisiko tinggi di Bangladesh dan India, yang secara kolektif menampung 360 juta orang.

Didorong oleh kesuksesan itu, Google pun telah berencana memperluas layanannya untuk mencakup lebih banyak negara di Asia Selatan dan Amerika Selatan, dengan visi jangka panjang perluasan cakupan secara global.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Peran Penting AI dalam Adaptasi Iklim

Menurut perusahaan konsultan global BCG, kecerdasan buatan (Artificial Intelligence, AI) akan memainkan peran penting dalam upaya adaptasi iklim. Dalam Kerangka Kerja Penggunaan AI untuk Memerangi Perubahan Iklim, BCG mengidentifikasi beberapa area di mana AI dapat memberikan dampak yang signifikan.

Prakiraan bahaya untuk kejadian jangka panjang, seperti kenaikan permukaan laut, dan kejadian ekstrem langsung, seperti angin topan, dapat ditingkatkan melalui sistem berbasis AI. Dengan mengelola kerentanan dan keterpaparan, AI memungkinkan pengembangan infrastruktur yang meminimalkan dampak merugikan dari bahaya iklim.

Contoh utama dari potensi AI ditunjukkan oleh Pano AI yang berbasis di San Francisco, yang menggunakan teknologi tersebut untuk mendeteksi kebakaran hutan.

Dengan memindai umpan video dari kamera puncak gunung, Pano AI dapat segera mengidentifikasi tanda-tanda awal wabah kebakaran hutan, sehingga pemilik rumah dan responden pertama dapat mengambil tindakan cepat.

 

3 dari 5 halaman

3. IoT untuk Pengelolaan Air

Pengelolaan air yang efisien menjadi sangat penting seiring dengan suhu yang terus meningkat dan pola curah hujan yang menjadi semakin tidak dapat diprediksi akibat perubahan iklim.

Guna mengatasi tantangan ini, Internet of Things (IoT) telah muncul sebagai alat yang ampuh dalam memaksimalkan dampak pasokan air, khususnya dalam konteks pertanian.

Khususnya, Brasil, Italia, dan Spanyol telah menerapkan sistem pengelolaan air berbasis IoT. Dalam sebuah laporan untuk Komisi Ekonomi dan Sosial PBB untuk Asia dan Pasifik, peneliti Cristina Bernal Aparicio dan Siope Vakataki 'Ofa menemukan bahwa "IoT terbukti efektif dalam mengurangi konsumsi air dan biaya energi.

Proyek SWAMP, yang dilaksanakan di negara-negara tersebut di atas, menunjukkan potensi penghematan air yang luar biasa mulai dari 18 hingga 38 persen."

4 dari 5 halaman

Menempatkan Teknologi di Sektor yang Paling Dibutuhkan

Sementara teknologi ini menawarkan solusi menjanjikan, potensi teknologi untuk memitigasi dan beradaptasi dengan perubahan iklim belum dimanfaatkan sepenuhnya.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah menyerukan tindakan yang dipercepat dalam pengembangan, penerapan, dan transfer teknologi iklim, terutama ke negara-negara berkembang.

Terlepas dari banyak inovasi dalam teknologi adaptasi iklim yang berasal dari utara global, sangat penting untuk memprioritaskan kebutuhan komunitas di selatan global, di mana mayoritas orang menghadapi dampak perubahan iklim yang akan segera terjadi.

5 dari 5 halaman

Infografis Suhu Panas Melanda Sebagian Wilayah Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.