Sukses

Bocoran Harga dan Spesifikasi Terbaru Samsung Galaxy Z Fold 5 di Galaxy Unpacked 2023

Samsung Galaxy Z Fold 5 akan segera meluncur di Galaxy Unpacked 2023. Simak bocoran harga dan spesifikasi terbaru HP layar lipat canggih ini.

Liputan6.com, Jakarta - HP layar lipat terbaru milik Samsung, Galaxy Z Fold 5, disebut-sebut akan tampil perdana dalam ajang Galaxy Unpacked 2023 pada akhir bulan Juli ini.

Jelang peluncuran Galaxy Z Fold 5 tersebut, bocoran informasi tentang HP terbaru milik Samsung ini sudah mulai ramai beredar di internet.

Salah satu kabar paling banyak dibicarakan adalah tentang harga Galaxy Z Fold 5, di mana tipster kenamaan Revegnus (@Tech_Reve) mengungkap strategi harga Samsung untuk ponsel layar lipat barunya itu.

Revegnus mengatakan, perusahaan asal Korea itu kemungkinan besar akan menurunkan harga HP layar lipat itu saat resmi meluncur di pasaran.

Sebagai perspektif, Galaxy Z Fold 4 pertama kali meluncur dengan banderol harga USD 1,799 (di Indonesia kala itu meluncur mulai dari Rp 25 jutaan).

Sedangkan untuk Galaxy Z Fold 5 ini, Samsung kabarnya akan mengurangi harga HP Android layar lipat barunya tersebut saat meluncur di pasaran.

Sayangnya, Revegnus tidak mengungkap secara pasti berapa. "Galaxy Z Fold 5 bakal mengalami sedikit penurunan harga dibandingkan pendahulunya," sebagaimana dikutip dari Twitter Revegnus, Sabtu (1/7/2023).

Soal spesifikasi Galaxy Z Fold 5, ponsel baru milik Samsung ini akan ditenagai oleh prosesor Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy, dan sudah didukung dengan RAM dan memori lebih tinggi dari sebelumnya.

Tak hanya itu, Samsung juga meningkatkan kemampuan kamera dengan menggunakan sensor 108MP di Galaxy S22 Ultra dan sudah mendukung teknologi Optical Image Stabilization.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bocoran Spesifikasi Galaxy Z Fold 5

<p>Isi di dalam boks penjualan Samsung Galaxy Z Fold 4 5G. Liputan6.com/Iskandar</p>

Dilansir 9to5Google, ponsel foldable milik Samsung ini juga sudah menyertakan slot S Pen di bodi untuk menyimpan stylus ketika sedang tidak dipakai.

Layar Utama 7.6 inci QXGA+ AMOLED, 120Hz/2176x1812
Layar Cover 6.2 inci HD+ AMOLED, 120Hz/2316x904 
Berat   254g
Prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2
Kamera 50MP + 12MP (UW) + 12MP (Tele) / Selfie: 4MP (UD) / Kamera Luar: 10MP
Memori 12 GB 
Storage 256/512 GB 
Baterai 4400mAh, 45W fast charging, 25W wireless charging / USB-C 3.2 
Warna  Phantom Black, Cream, Icy Blue
Wireless Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.2, NFC, 5G
SIM Dual-SIM dengan nanoSIM dan/atau dukungan eSIM
OS Android 13 (OneUI 5.1.1)

Berdasarkan laporan The Elec yang dikutip 9to5Google, Minggu (5/3/2023) diketahui bahwa Samsung telah menjalani uji coba engsel baru ini. 

Akan tetapi, tes ini berkisar pada ketahanannya untuk 200.000 kali lipatan. Angka ini sama seperti tes untuk Galaxy Z Fold sebelumnya dan terpaut jauh dari pesaingnya yang baru muncul, yakni Honor Magic VS dan Oppo Find N2 dengan 400.000 kali lipatan.

Pada laporan tersebut, disebutkan, sebelumnya engsel akan diuji hingga batas maksimum 300.000 kali lipatan. Namun, 200.000 kali lipatan tampaknya merupakan batas utama dari engsel Galaxy Z Fold 5.

Padahal, engsel harus mempertahankan setidaknya 85 persen kekuatannya setelah melewati 200.000 kali lipatan.

Secara teori, tes ini mungkin dapat mewakili sekitar lima tahun penggunaan smartphone layar lipat ini dengan lebih dari 100 kali lipatan per harinya.

Sementara itu, dua pesaing Samsung tersebut diperkirakan akan bertahan selama sekitar 10 tahun, yang umumnya menjadi waktu terpanjang dalam penggunaan perangkat elektronik.

3 dari 3 halaman

Engsel “Water Drop” Dinilai Mampu Kurangi Bekas Lipatan

<p>Samsung Galaxy Z Fold 4 5G. Liputan6.com/Iskandar</p>

Samsung Z Fold 5 atau generasi smartphone layar lipat Samsung berikutnya dikabarkan akan hadir dengan pengembangan engsel baru yang disebut “Water Drop”.

Dengan engsel baru ini, kedua layar bersandar satu sama lain dengan halus sehingga menciptakan lipatan yang lebih sejajar. 

Berbeda dengan Galaxy Z Fold 4 yang menggunakan engsel “U-shape”, terdapat sedikit celah di mana kedua layar tidak bersentuhan.

Menurut The Elec, perubahan pada engsel ini memberi keuntungan dalam hal ketebalan perangkat secara keseluruhan. Saat  ini, engsel Samsung Galaxy Z Fold 4 memiliki ketebalan sekitar 15,8 mm.

Sementara dengan menerapkan engsel baru "Water drop", ketebalan smartphone ketika dilipat dapat dikurangi menjadi sekitar 14 mm.

Sebelumnya, terdapat pula rumor bahwa engsel Samsung Galaxy Z Fold 5 akan dapat dilipat 360 derajat. Samsung Display sendiri telah memamerkan prototipe “Flex In & Out” baru yang memungkinkan Galaxy Z Fold 5 untuk dilipat ke dalam maupun ke luar.  

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.