Sukses

Studi: Android Lebih Mudah Dioperasikan Ketimbang iPhone

Laporan terbaru dari GreenSmartphones mengungkapkan bahwa pengguna Android menghadapi lebih sedikit masalah kegunaan daripada pengguna iOS.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah laporan baru dari GreenSmartphones mengungkapkan pengguna Android menghadapi lebih sedikit masalah kegunaan daripada pengguna iOS (iPhone). Hasil ini mengindikasikan bahwa Android merupakan sistem operasi yang lebih intuitif. 

Laporan ini menganalisis data mesin pencari, serta melacak berapa kali pengguna kedua sistem operasi (OS) ini mencari bantuan untuk operasi dasar, seperti perekam layar, tangkapan layar, dan GPS. 

Dilansir Gizmochina, Senin (26/6/2023), temuan mendapati pengguna iPhone di Amerika Serikat (AS) mencari bantuan tersebut sebanyak sekitar 358.000 kali per bulan. Hasil tersebut menunjukkan mereka 58 persen lebih sering dibandingkan pengguna Android.

Sementara itu, pengguna Android melakukan rata-rata 226.000 pencarian bulanan untuk mendapatkan bantuan dalam melakukan tugas-tugas dasar tersebut. 

Perbedaan terbesar terlihat pada pencarian untuk “cara menghapus semua konten dan pengaturan.” Pengguna iOS mencari fungsi dasar tersebut enam kali lebih sering daripada pengguna Android. 

Berdasarkan 12 operasi umum yang dibandingkan, Android mengungguli iOS dalam sepuluh area, dengan lebih sedikit pengguna yang perlu mencari instruksi.

Android hanya tertinggal dari iPhone dalam hal mengambil tangkapan layar dan memindai kode QR. Karenanya, iOS mungkin merupakan sistem operasi yang lebih intuitif bagi pengguna untuk beberapa fungsi. 

Untuk diketahui, penelitian didasarkan pada analisis volume pencarian Google di Amerika Serikat selama 12 bulan. Untuk menjaga konsistensi penelitian ini menggunakan format kata kunci yang sama untuk kedua OS tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Android Lebih Intuitif Dibandingkan iOS

Sebagai informasi, jumlah pengguna kedua sistem operasi ini juga hampir setara di Amerika Serikat. Akan tetapi, penelitian ini menunjukkan hasil dengan selisih yang jauh berbeda antara pencarian fungsi pengguna Android dan iOS. 

Meskipun perdebatan lama mengenai keunggulan antara Android dan iOS terus berlanjut, penelitian ini menunjukkan bahwa Android lebih mudah dioperasikan oleh pengguna pada umumnya. 

Kendati demikian, pengguna terus berargumen dengan membawa fleksibilitas dan kemudahan kustomisasi Android, sementara iOS melawannya dengan kecepatan dan keamanan jangka panjangnya.

Di sisi lain, laporan terbaru sebuah organisasi menunjukkan pengguna Android cenderung lebih iri pada pengguna iPhone daripada sebaliknya. 

3 dari 4 halaman

Ini Alasan Pengguna Android Banyak yang Masih Iri dengan Pengguna iPhone

Meski Android terus melakukan langkah signifikan selama bertahun-tahun, iPhone tetap menjadi perangkat seluler yang diinginkan kebanyakan orang.

Certified Industrial Relations Professional (CIRP) menyatakan pengguna Android cenderung lebih iri pada pengguna iPhone daripada sebaliknya. 

Studi ini didasarkan pada “indeks loyalitas” yang mengukur persentase penduduk Amerika Serikat yang lebih memilih untuk bertahan dengan sistem operasi saat ini daripada beralih ke pesaing.

Menurut penelitian, 15 persen pembeli iPhone baru sebelumnya menggunakan ponsel Android, sementara hanya 4% pembeli Android baru yang sebelumnya menggunakan iPhone.

Studi tersebut juga mengungkapkan bahwa 9 persen pengguna Android sebenarnya menginginkan iPhone, namun karena berbagai alasan, mereka belum bisa mendapatkannya, seperti faktor harga atau faktor lainnya.

4 dari 4 halaman

Harga Jadi Faktor Utama

Alasan utama mengapa unit iPhone tidak terjual lebih banyak adalah karena harganya. Ironisnya, harga juga menjadi salah satu alasan mengapa iPhone begitu diminati.

Orang rela membayar mahal untuk iPhone karena dipandang sebagai barang mewah. Namun, bukan berarti hanya orang kaya saja yang mampu membeli iPhone. Apple menawarkan serangkaian iPhone dengan harga berbeda, membuatnya dapat diakses khalayak yang lebih luas.

Apakah pengguna Android hanyalah orang miskin yang tidak mampu membeli sesuatu lebih baik? Sama sekali tidak. Juga tidak berarti bahwa orang yang membeli iPhone tidak peduli dengan ponsel mereka dan hanya ingin pamer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.