Sukses

Mengapa Permintaan akan Data Analyst Sangat Tinggi: Pendapat GROWIA

Apa yang dilakukan oleh seorang Data Analyst dan mengapa permintaan untuk posisi tersebut sangat tinggi? Temukan jawabannya di sini.

Liputan6.com, Jakarta Akhir-akhir ini, terdapat peningkatan minat yang sangat besar dari dunia bisnis terhadap profesi digital. Dari sekian banyak profesi yang paling banyak diminati sekarang, salah satu permintaan yang terus meningkat pesat adalah profesi Data Analyst. Hingga baru-baru ini banyak orang yang belum pernah mendengar tentang spesialisasi ini, sementara sekarang posisi ini menjadi posisi yang sangat umum di banyak perusahaan. Apa yang dilakukan oleh seorang Data Analyst dan mengapa permintaan untuk posisi tersebut sangat tinggi?  

Pengambilan keputusan berdasarkan data semakin menjadi suatu keharusan

Selama beberapa dekade terakhir, komputer dan teknologi digital telah merambah hampir semua bidang kehidupan serta bisnis. Setiap komputer atau sistem TI beroperasi dengan sejumlah besar data, seperti basis pelanggan, riwayat pembelian, statistik aktivitas pemasaran, fluktuasi penjualan musiman, catatan inventaris, dan banyak lagi. Hal ini mengakibatkan kenyataan di lapangan bahwa hampir setiap bisnis pasti mengumpulkan data dalam jumlah besar, dan banyak perusahaan yang sampai saat ini tidak memproses datanya secara terstruktur. Bentuk laporan manual ytang dibuat, tetapi tanpa analisis mendalam tidak dilakukan atau jarang dilakukan.

Pada saat yang sama, jelas bahwa jika basis data dalam jumlah besar dikumpulkan sebuah perusahaan, maka masuk akal kiranya dan menjadi keharusan untuk menganalisisnya serta mengambil keputusan dari basis data tersebut, dan bahkan mungkin mengembangkan strategi berdasarkan data ini. Dari sinilah lahir pendekatan manajemen berbasis data. Pendekatan ini banyak digunakan pada berbagai bidang pengelolaan bisnis, mulai dari pemasaran dan penjualan hingga berbagai jenis manajemen serta logistik. Namun demikian, sejak pendekatan ini mulai semakin diperkenalkan ke dalam kehidupan perusahaan bisnis, banyak pertanyaan logis yang mulai muncul, misalnya: siapa yang akan mengelola, menganalisis, dan mengotomatisasi data ini, serta membuat panel yang mudah digunakan oleh para manajer untuk mengambil keputusan. Analisis data dan ilmuwan data adalah spesialis yang dapat melakukan semua tugas seperti itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebutuhan akan Data Analyst yang terampil

Secara faktual, seorang Data Analyst adalah seseorang yang mengelola pengumpulan data dari berbagai sumber yang ada di dalam perusahaan. Orang ini juga mengelola data yang terkumpul dalam suatu basis data khusus, serta menyiapkan alat bantu yang mudah dipakai untuk keperluan analisis data tersebut. Di beberapa perusahaan, misalnya, di operator eCommerce besar, jumlah spesialis semacam itu bahkan hingga bisa mencapai puluhan atau bahkan ratusan. Pada saat yang sama, jumlah profesional yang terlatih di pasar masih terbilang rendah. Akibatnya terjadi kesenjangan yang signifikan dalam ketersediaan ahli spesialis ini. Situasi ini telah menumbuhkan banyak Lembaga pendidikan yang berspesialisasi dalam pelatihan Data Analyst yang dipercepat. Salah satu perusahaan tersebut adalah GROWIA.

Langkah pertama menuju profesi Data Analyst: Pendekatan GROWIA

GROWIA adalah suatu perusahaan pendidikan informasi yang melahirkan berbagai produk yang sangat efektif untuk melatih spesialis dalam profesi digital, salah satunya adalah Data Analyst. Menurut spesialis perusahaan GROWIA, saat ini mempelajari profesi Data Analyst dalam bilangan bulan dapat dimungkinkan melalui proses pelaksanaan pendidikan yang berkualitas tinggi secara cukup intensif. Hal utama yang membedakan GROWIA dengan banyak perusahaan pendidikan lainnya yang serupa adalah bahwa selama pelatihan, siswa di GROWIA tidak hanya akan mempelajari dasar teori, namun juga banyak melakukan tugas-tugas praktik. Setelah kursus, lulusan program ini akan memiliki portofolio praktik yang dapat mereka tunjukkan selama bekerja.

Selain itu keuntungan belajar lainnya di GROWIA adalah dukungan intensif yang diberikan kepada para siswa. Bantuan yang diberikan berupa individu bagi setiap siswa sampai mereka memperoleh pekerjaan. Salah satu contoh yang diberikan adalah meski siswa masih sedang mengikuti pelatihan, spesialis karier GROWIA akan memilih siswa terbaik yang melakukan semua tugas dengan rajin dan mulai menawarkan kandidat ini kepada organisasi mitra yang memiliki banyak lowongan untuk posisi Data Analyst.

Perusahaan GROWIA telah menjalin banyak kontrak dengan berbagai perusahaan sejenis sehingga Pusat Karier GROWIA dapat dengan cepat membantu menemukan pekerjaan yang sesuai bagi siswa tertentu. Tentu saja, mencarikan pekerjaan bagi lulusan perusahaan GROWIA hanya dapat dilakukan bagi siswa yang memiliki syarat prestasi akademik berkualitas tinggi dan berprestasi dalam semua ujian praktik. Selama ini, besarnya jumlah gaji yang memuaskan yang diterima lulusan di akhir studi adalah bukti nyata bahwa program pendidikan yang dilakukan di GROWIA sepadan dengan waktu dan uang yang dikeluarkan. Faktanya, banyak orang yang memasuki profesi Data Analyst secara radikal mengubah hidup mereka dengan beralih profesi dari spesialisasi yang umum seperti tenaga penjualan, satpam, atau bahkan pelayan.  

Sekarang adalah waktu yang terbaik untuk menjadi profesional digital

Dunia sedang berubah dan menjadi lebih digital. Dan mereka yang menguasai profesi digital saat ini jelas akan berada di posisi yang paling menguntungkan dibandingkan dengan spesialis lain di pasar tenaga kerja di masa mendatang.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini