Sukses

Gregoria Mariska Tunjung Terhempas di Babak Awal Indonesia Open 2023, Warganet: Semangat Lagi Jorji

Gregoria Mariska Tunjung, wakil tunggal putri Indonesia di turnamen badminton Indonesia Open 2023 harus hengkang lebih awal dari turnamen lantaran kalah dari wakil India, Pusarla V. Sindhu. Warganet pun mengajak Jorji untuk lebih semangat lagi ke depannya.

 

Liputan6.com, Jakarta - Turnamen badminton BWF Super 1000, Indonesia Open 2023, resmi digelar mulai hari ini, Selasa 13 Juni 2023 di Istora Senayan, Jakarta. Turnamen yang diikuti oleh lebih dari 200 atlet badminton internasional ini bakal dihelat hingga 18 Juni mendatang.

Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, ikut turun berlaga di kejuaraan ini dengan draw pertamanya melawan tunggal putri India Pusarla V. Sindhu. Sayangnya di laga awal, ia sudah harus hengkang meninggalkan turnamen Indonesia Open 2023.

Runner up Malaysia Open 2023 itu kalah dua gim langsung dari Sindhu dengan skor 21-9 dan 21-15. Padahal sebelumnya di semifinal Malaysia Open 2023, Gregoria Mariska Tunjung yang karib disapa Jorji ini melenggang mengalahkan Pusarla V Sindhu dalam dua gim saja.

Sayangnya kemenangan tidak berhasil dipetik Jorji dari laga ini. Mengetahui hal ini, warganet sekaligus pecinta badminton Tanah Air pun cukup kecewa, namun mereka juga menghibur Jorji untuk kembali lebih kuat lagi di turnamen berikutnya.

"Sindhu pasti sudah mempersiapkan dengan matang untuk menang dari Jorji karena 2 pertindangan sebelumnya selalu kalah dengan mudah. Tapi sorry to say, hari ini Jorji maennya enggak tenang, banyak unforced error dan kelihatan gugup, kembali lebih kuat Jorji!" kata pemilik akun @Ali***.

Warganet lain menilai dalam laga melawan Shindu kali ini, Jorji terlihat gugup dan banyak melakukan kesalahan sendiri. "Nervous banget ya Jorji gapapa Jor namanya atlet pasti ada naik turunnya, ayo semangat lagi berjuang di next tournament pasti bisa, comeback stronger manis," kicau @ame***.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Warganet Sebut Gregoria Mariska Tunjung Banyak Lakukan Error Sendiri

"Unlucky day for you Jorji, sayang sekali ya... Sindhu gak akan biasa-biasa aja mainnya setelah kalah 2x beruntun di pertemuan sebelumnya," kicau @aya***.

Tidak hanya itu, warganet lain menilai dalam turnamen Indonesia Open 2023 kali ini, Gregoria banyak melakukan error sendiri hingga membuat Shindu beruntung bisa mendapatkan banyak poin.

"Shindu beruntung. Sebagian besar poinnya hasil dari error Gregoria," kata @Ken***.

"Gak apa-apa Jorji, comeback stronger. Emang draw aja yang bau, menang hari ini besok ketemu TTY lagi, pilihannya kalah kalo ga hari ini ya besok," kata @you***.

Warganet lainnya mengatakan, Gregoria masih perlu belajar menstabilkan mental agar lebih kuat saat bertanding.

"Emang harus diakui Jorji masih perlu stabilin mental lagi. Di match ini keliatan banget ga tenangnya, mulai nunjukkin lagi ekspresi tertekan kayak dulu. But its okay, you already did your best. Semoga ke depannya bisa nyari cara buat keluar dari tekanan," kata @mya***.

 

3 dari 5 halaman

Jalannya Pertandingan

Wakil tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung harus angkat kaki dari turnamen Indonesia Open 2023 usai ditaklukan oleh wakil India Pusarla V Sindhu dalam dua game langsung.

Pertandingan yang digelar di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada Selasa (13/6/2023) itu berakhir dengan skor 21-19 dan 21-15 untuk kemenangan Pusarla. Dengan hasil ini, Gregoria gagal untuk melaju ke babak 16 besar dan harus meninggalkan kompetisi lebih dulu.

Awalnya, duel berlangsung sangat ketat, dengan kedua pebulu tangkis tersebut saling berebut keunggulan. Skor pun hanya selisih satu atau dua angka saja. Namun, Gregoria mulai tercecer dan menyerah 19-21 di game pertama.

Memasuki game kedua, Gregoria yang awalnya masih bisa memberikan perlawanan ketat mengalami penurunan performa di tengah-tengah pertandingan. Pusarla pun sempat unggul sembilan angka atas wakil Merah Putih.

Hingga akhir, Gregoria tak kunjung membalikkan keadaan dan ia pun harus tersingkir dari kompetisi usai takluk 15-21.

Dengan begitu, sementara ini masih belum ada wakil Indonesia di babak 16 besar kategori tunggal putri. Harapan satu-satunya untuk kategori ini berada di pundak Putri Kusuma Wardani yang akan berhadapan dengan wakil Malaysia Iris Wang hari Selasa (13/6/2023).

4 dari 5 halaman

Hasil Pertandingan Lain di Indonesia Open 2023

Tunggal Putri:

Pusarla V. Sindhu (India) vs Gregoria Mariska Tunjung 21-19, 21-15

Ganda Putri:

Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto vs Febriana Dwipuji Kusuma/Amaliga Cahaya Pratiwi: 15-21, 18-21

Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose vs Vivian Hoo/Lim Chiew Sien (Malaysia) 21-18, 23-21

Ganda Campuran:

Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China) vs Adnan Maulana/Nita Violina Marwah 21-15, 21-9

Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand) vs Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela 21-17, 21-9

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan Indonesia Open 2023

Lapangan 1

Ganda Campuran:

(Match 8) Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemis (Malaysia) vs Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati)

Lapangan 3

Ganda Putra:

(Match 8) Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Jeppe Bay/Lasse Molhede (Denmark)

(Match 10) Ayato Endo/Yuta Takei (Jepang) vs Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

Tunggal Putri:

(Match 9) Iris Wang (Malaysia) vs Putri Kusuma Wardani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.