Sukses

Putri Ariani Pakai Fitur Talkback di HP Android untuk Balas Komentar di Instagram, Begini Cara Akfifkannya

Putri Ariani, peraih Golden Buzzer di America’s Got Talent, ternyata bisa membalas komentar warganet di Instagram dengan menggunakan fitur Talkback di HP Android. Bagaimana cara mengaktifkan dan menggunakan fitur ini? Simak artikel ini untuk mengetahuinya.

Liputan6.com, Jakarta - Suara merdu Putri Ariani di ajang pencarian bakat America’s Got Talent (AGT) menuai banyak pujian, baik dari para juri, warganet, hingga sejumlah selebritis dan tokoh politik di Indonesia.

Sontak, akun Instagram Putri Ariani (@arianinismaputri) pun langsung dibanjir berbagai komentar memuji suara merdunya hingga ada juga yang mengucapkan selamat telah medapatkan golden buzzer di ajang AGT.

Putri sendiri terbilang sangat aktif di ranah media sosial, mulai dari Instagram hingga platform berbagi video singkat asal China, yakni TikTok.

Walau memiliki keterbatasan sebagai tunanetra, Putri ternyata rajin membalas komentar warganet yang muncul di Instagram. Menariknya, seluruh komentar tersebut dibalas seara langsung oleh remaja putri berusia 17 tahun.

Bagaimana cara Putri Ariani membalas komentar warganet di Instagram bila dia tunanetra? Salah satu cara yang ia lakukan untuk mengatasi keterbatasannya adalah dengan menggunakan fitur Talkback di HP Android.

Talkback adalah fitur khusus untuk penyandang disabilitas yang dapat membantu mereka mengoperasikan HP Android dengan suara. Mengutip keterangan di situs Google, Jumat (9/6/2023), fitur ini memungkinkan pengguna disabilitas memakai ponsel tanpa melihat langsung ke layar.

Google menyebutkan, fitur baru Talkback sudah disertakan dengan keyboard braille. Dengan ini, pengguna dapat menggunakan 6 jari di layar untuk memaukkan huruf braille 6 titik.

Berbekal fitur ini, Putri Ariani bisa mendengar informasi yang ada di layar HP, seperti teks, ikon, tombol, atau gambar.

Untuk membalas komentar, Putri Ariani pakai fitur Talkback untuk mendengar apa yang ditulis oleh warganet. Kemudian, ia mengetik balasan dengan menggunakan keyboard virtual di layar HP.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bagaimana cara mengaktifkan fitur Talkback di HP Android?

<p>Fitur Talkback di HP Andoid. (Doc: Google)</p>

Jika Anda tertarik untuk mencoba fitur “Talkback” di HP Android Anda, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka menu Pengaturan di HP Android Anda.
  • Pilih menu Aksesibilitas atau Accessibility.
  • Pilih menu Talkback atau Layanan Suara.
  • Aktifkan fitur Talkback dengan menggeser tombol ke kanan, dan mendengar suara memberitahukan fitur Talkback sudah aktif.
  • Anda juga akan mendengar suara yang memberikan instruksi tentang cara menggunakan fitur Talkback.
  • Anda bisa mengatur volume, kecepatan, bahasa, dan preferensi lainnya dari fitur Talkback sesuai dengan keinginan Anda.

Setelah fitur Talkback aktif, Anda bisa menggunakan HP Android Anda dengan suara. Anda bisa menyentuh layar untuk mendengar informasi yang ada di layar.

Anda juga bisa menggeser jari Anda ke atas, bawah, kiri, atau kanan untuk berpindah antara item yang ada di layar. Anda juga bisa mengetuk dua kali layar untuk memilih atau membuka item yang ada di layar.

 

3 dari 4 halaman

Cara Lain Mengaktifkan Fitur Talkback

Ilustrasi penyebab hp samsung mati total/Copyright unsplash/Daniel Romero

Opsi 1: Tekan kedua tombol volume

  • Anda dapat menggunakan pintasan tombol volume untuk mengaktifkan atau menonaktifkan TalkBack.
  • Di bagian samping perangkat Anda, temukan kedua tombol volume.
  • Tekan dan tahan kedua tombol volume selama 3 detik.
  • Untuk mengonfirmasi Anda ingin mengaktifkan atau menonaktifkan TalkBack, tekan lagi kedua tombol volume selama 3 detik.
  • Jika Anda mengaktifkan TalkBack saat menyiapkan perangkat, pintasan tombol volume juga akan diaktifkan. Pelajari cara mengaktifkan pintasan aksesibilitas setelah menyiapkan perangkat.

Tips: Untuk menonaktifkan pintasan tombol volume secara permanen, buka Setelan lalu Aksesibilitas lalu TalkBack. Kemudian, ubah "Pintasan TalkBack" menjadi nonaktif. Pelajari cara mengubah pintasan TalkBack Anda.

Opsi 2: Dengan Asisten Google

  • Di wizard Penyiapan atau di setelan, ucapkan “Ok Google” setelah Anda mengaktifkan Asisten Google.
  • Ucapkan “Nonaktifkan TalkBack” atau “Aktifkan TalkBack”.

Opsi 3: Dengan setelan perangkat

  • Di perangkat Anda, buka Setelan Aplikasi Setelan.
  • Pilih Aksesibilitas lalu TalkBack. Aktifkan atau nonaktifkan Gunakan TalkBack. Pilih Oke.

 

4 dari 4 halaman

Hal-hal yang perlu diketahui saat TalkBack aktif

  • Ketuk untuk memilih item, lalu ketuk dua kali untuk mengaktifkannya.
  • Gunakan 2 jari untuk men-scroll.
  • Jika "Navigasi sistem" disetel ke "Navigasi gestur", untuk gestur seperti beranda, kembali, atau aplikasi terbaru, gunakan 2 jari, bukan satu jari.
  • Secara default, TalkBack mengucapkan karakter sandi kepada Anda. Untuk memastikan ponsel Anda tidak mengucapkan karakter dalam kolom aman, Anda dapat mengubah setelannya. Pelajari lebih lanjut sandi yang diucapkan.

(Ysl/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.