Sukses

5 Fitur macOS Sonoma dari Apple yang Akan Segera Hadir di MacBook, Ini Daftarnya

Terinspirasi dari nama kota wisata kecil di California, Amerika Serikat, macOS membawa berbagai peningkatan, mulai dari widget interaktif hingga mode game.

Liputan6.com, Jakarta - Sistem operasi untuk Mac versi terbaru telah diperkenalkan pada gelaran WWDC 2023 dengan nama macOS Sonoma. Terinspirasi dari nama kota wisata kecil di California, Amerika Serikat, sistem operasi ini membawa berbagai peningkatan, mulai dari tampilan antarmuka hingga widget interaktif. 

Menurut Vice President of Software Engineering Apple, Craig Federighi, macOS Sonoma akan menciptakan pengalaman menggunakan Mac yang menyenangkan, sehingga lebih produktif.

“Menurut kami, pengguna akan menyukai macOS Sonoma yang memungkinkan untuk personalisasi dengan widget dan screen saver, melihat level performa game, dan mendapatkan produktivitas untuk konferensi video dan menjelajah dengan Safari,” ungkapnya, sebagaimana dikutip dari laman Apple Newsroom, Jumat (9/6/2023).

Saat ini, macOS Sonoma versi beta untuk pengembang telah tersedia melalui Program Apple Developer di laman developer.apple.com. Sementara itu, versi beta publik akan tersedia pada bulan depan melalui Program Apple Beta Software di laman beta.apple.com.

Lalu apa saja fitur-fitur baru yang dibawa Apple ke macOS versi paling anyar ini? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Widget Interaktif

Kini, dengan macOS terbaru, Mac dapat lebih banyak dipersonalisasi dengan widget yang interaktif. Pengguna dapat dengan mudah menemukan widget yang mereka sukai dan menempatkannya di di home screen desktop. 

Melalui Continuity, pengguna juga dapat menambahkan widget dari iPhone ke Mac mereka, menandai ekosistem yang semakin luas. Widget ini pun bersifat interaktif sehingga memungkinkan pengguna untuk mencentang pengingat, memutar atau menjeda media, mengakses kontrol smart home, dan masih banyak lagi.

Widget juga berpadu mulus dengan wallpaper saat pengguna bekerja di berbagai aplikasi, sehingga mereka dapat tetap fokus pada tugas yang yang tengah dilakukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peningkatan Fitur Konferensi Video dan Keamanan Safari

Presenter Overlay untuk Konferensi Video

MacOS Sonoma juga menghadirkan fitur konferensi video yang dapat membuat presentasi lebih efektif dalam aplikasi apapun.

Presenter Overlay menjadi efek video baru yang didukung oleh Neural Engine dalam chip Apple Silicon. Efek ini mampu menampilkan video kamera pengguna di atas konten yang sedang dibagikan selama konferensi.

Fitur ini juga membawa efek AR dan Video Reaction selama panggilan berlangsung. Menurut Apple, semua fitur tersebut dapat berfungsi pada semua aplikasi video conference

Pembaruan Keamanan di Safari

Tahun ini, Safari memiliki perubahan yang signifikan pada Private Browsing. Fitur ini memberikan perlindungan yang lebih baik dari pelacak maupun peretas, selama pengguna menjelajahi internet.

Perlindungan sidik jari juga dalam Private Browsing akan membantu mencegah situs web melacak atau mengidentifikasi pengguna. Jendela mode browsing ini juga dapat terkunci ketika pengguna tidak memakainya.

3 dari 4 halaman

Peningkatan Pengalaman Bermain dengan Game Mode

Berkat kekuatan silikon Apple, pengguna dapat merasakan kinerja grafis yang memukau. Chip ini dapat menjalankan game berat dengan performa mumpuni, masa baterai lama, dan visual berkualitas tinggi.

MacOS juga memperkenalkan Game Mode, yang memberikan pengalaman bermain game optimal dengan frame rate yang lebih halus dan konsisten. Ia bekerja dengan memastikan game mendapat prioritas tertinggi dari CPU dan GPU.

Tak hanya itu, Apple menyebut bahwa mode ini akan membuat gaming menjadi lebih imersif dengan latensi audio pada AirPods dan latensi input pada controller yang minim. 

4 dari 4 halaman

Screen Saver Video dan Ketersediaan macOS Sonoma

Screen Saver Video

Screen saver hadir di macOS Sonoma dengan menampilkan video slow motion dari berbagai lokasi indah di seluruh dunia, termasuk Monument Valley di Arizona, gedung-gedung pencakar langit di Hong Kong, dan perbukitan di Sonoma, California.

Citra grafis dan fotografi yang berkualitas tinggi ini menjadi daya tarik bagi pengguna untuk memberikan pengalaman yang lebih baik di Mac. Kini, pengaturan login juga diposisikan menjadi di bagian bawah layar untuk memberikan ruang screen saver.

Perlu diingat, fitur yang telah diumumkan dapat mengalami perubahan seiring pengujian yang dilakukan perusahaan. Beberapa fitur juga mungkin tidak tersedia di semua wilayah, bahasa, atau perangkat.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.