Sukses

Hati-Hati, WhatsApp Error Usai Kirim Tautan WA Me Settings

Link yang secara lengkap bertuliskan “wa.me/settings” ini menyebabkan aplikasi eror setelah dikirimkan ke ruang obrolan pribadi atau grup.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, warganet tengah ramai membicarakan sebuah tautan yang membuat aplikasi chatting WhatsApp di ponsel mereka eror. Tautan bertuliskan WA Me Settings itu menyebabkan aplikasi tertutup dengan sendirinya.

Link ini secara lengkap bertuliskan wa.me/settings, di mana, saat pengguna mengirimkan link tersebut ke ruang obrolan pribadi atau grup, aplikasi akan secara tiba-tiba mengalami eror alias WhatsApp error

Umumnya, tautan wa.me digunakan untuk memulai obrolan tanpa perlu menyimpan nomor tujuan ke kontak perangkat. Namun, ketika nomor telepon setelah tanda garis miring diganti dengan kata “settings,” maka terjadi hal yang tidak diduga. 

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Selasa (30/5/2023), masalah ini ramai dibagikan oleh warganet pengguna Twitter. Salah satunya melalui akun base @tanyakanrl, seperti yang tertera di bawah ini.

Pada cuitan tersebut, pengirim mengingatkan ke pengguna lain untuk tidak mencoba mengirim tautan tersebut ke orang lain. Namun, hal ini membuat pengguna lain penasaran lantaran alasan larangan tidak dijelaskan.

Larangan itu untuk dilanggar, gaskeun,” cuit akun @bocorha****.

Beberapa pengguna Twitter pun malah mencoba hal ini dan mengeluhkan dampak yang terjadi pada aplikasinya di ponselnya.

Lantas, apakah yang terjadi jika tautan WA Me Settings dikirimkan ke ruang obrolan WhatsApp? Dari percobaan Tekno Liputan6.com, berikut hasil yang kami dapatkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

WhatsApp Error dan Ruang Chat Tidak Dapat Dibuka

Ketika tautan WA Me Settings dikirimkan ke sebuah ruang obrolan WhatsApp, aplikasi akan tertutup secara tiba-tiba (force close). Hal ini pun menyebabkan aplikasi WhatsApp error karena chat yang berisi link tersebut tidak dapat dibuka kembali.

Dampak tersebut tentu dapat merugikan apabila pengguna iseng mengirimkannya ke ruang obrolan yang memiliki pesan dan informasi penting di dalamnya. Akibatnya, pengguna tidak lagi dapat mengakses pesan tersebut.

Selain itu, tautan tersebut tampaknya memicu bug sehingga aplikasi eror. Sebab setelah aplikasi keluar sendiri, pengguna akan mendapatkan notifikasi pop-up yang menyebutkan bahwa WhatsApp ditutup karena memiliki bug.

Notifikasi itu juga menghimbau pengguna untuk membersihkan penyimpanan dan cache aplikasi terlebih dahulu untuk dapat membukanya kembali. 

Akan tetapi, WhatsApp umunya menyimpan banyak pesan penting yang dibutuhkan pengguna sehingga cara tersebut mungkin bukan solusi yang tepat.

Kendati demikian, pengguna tidak perlu khawatir karena terdapat cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi WhatsApp Error akibat WA Me Settings

Untuk mengatasi WhatsApp error akibat tautan WA Me Settings, pengguna dapat menghapus link tersebut dari ruang chat.

Namun karena pengguna tidak dapat lagi membuka ruang obrolan itu, mintalah penerima yang tidak terdampak untuk menghapus link dengan memilih opsi delete for everyone.

Akan tetapi, apabila pengirim dan penerima mengalami dampak yang sama, pengguna bisa memakai WhatsApp Web. Cobalah untuk login akun WhatsApp melalui desktop, lalu hapus link tersebut dari ruang obrolan yang dikirimkan. 

Cara ini dapat dilakukan karena masalah tersebut tidak terjadi di WhatsApp Web dan cenderung hanya berdampak pada ponsel Android.

4 dari 4 halaman

Bug WhatsApp Sempat Diam-diam Akses Mikrofon di HP Android

Berbicara soal bug, sebelumnya Google dan WhatsApp mengonfirmasi adanya bug di aplikasi yang membuatnya seolah-olah mengakses mikrofon secara diam-diam di beberapa perangkat Android. Masalah ini diungkap oleh seorang insinyur Twitter, Foad Dabiri. 

Melalui akun Twitter-nya, Dabiri mengunggah foto tangkapan layar yang yang menunjukkan akses mikrofon oleh WhatsApp telah berulang kali digunakan di latar belakang. Bahkan, hal ini terjadi saat aplikasi tidak digunakan. 

Dalam foto tersebut, terlihat pula seberapa sering akses mikrofon smartphone berjalan selama Dabiri tertidur. 

Menanggapi isu ini, WhatsApp berdalih bahwa masalah ini terletak pada HP Android, bukan akses mikrofon tersembunyi dari aplikasi chatting tersebut.

“Kami percaya ini adalah bug di Android yang salah memberikan informasi di Dasbor Privasi mereka dan telah meminta Google untuk menyelidiki dan memulihkannya,” tulis WhatsApp dalam keterangan resminya melalui Twitter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.