Sukses

Aplikasi Android Akan Lebih Banyak Tersedia di Windows 11, Manfaatkan Amazon Appstore

Microsoft juga akan memberikan panduan tentang pembuatan aplikasi yang kompatibel dengan Windows Subsystem for Android (WSA) untuk Windows 11.

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft telah mengubah sejumlah batasan regulasi di Windows 11, sehingga memungkinkan lebih banyak aplikasi Android dapat berjalan di sistem operasi tersebut. Kini, perusahaan telah mengizinkan setiap pengembang aplikasi mengirimkan aplikasinya ke Amazon Appstore di Windows 11.

Untuk diketahui, sebelumnya Amazon Appstore di Windows 11 diluncurkan dalam versi beta publik. Pada versi ini, pengguna hanya mendapatkan akses ke sekitar 50 aplikasi Android.

Kemudian, Microsoft meningkatkan jumlahnya menjadi lebih dari 20.000 aplikasi. Kini, Amazon Appstore dilaporkan telah memiliki lebih dari 50.000 aplikasi Android, tetapi tidak akan tersedia secara langsung.

Kendati demikian, seperti mengutip informasi dari Gizchina, Sabtu (27/5/2023), pihak pengembang harus terlebih dahulu mengirimkan aplikasi untuk pengujian agar bisa hadir di Amazon Appstore.

Microsoft pun akan memberikan panduan tentang pembuatan aplikasi yang kompatibel dengan Windows Subsystem for Android (WSA). Panduan ini difokuskan untuk membantu pengembang menyesuaikan faktor-faktor berbeda yang ditetapkan WSA.

Ini merupakan langkah penting untuk membuat WSA dapat berfungsi sebagai lingkungan yang stabil bagi pengembang.

Sebagian besar aplikasi Android yang menjalani pengujian di Amazon Appstore berjalan dengan lancar. Dengan aplikasi yang dikompilasi ulang untuk PC Windows 11, Amazon Appstore dapat menyediakan lebih banyak aplikasi untuk pengguna.

Perlu diingat, saat ini Amazon Appstore belum tersedia di Indonesia. Aplikasi ini baru beroperasi di 31 negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Prancis, Spanyol, Kanada, Italia, dan lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Microsoft Umumkan Windows 11 Bakal Punya Dukungan Format RAR dan 7-Zip Bawaan

Di samping itu, belum lama ini Microsoft mengumumkan Windows 11 akan bisa mendukung RAR beserta sejumlah format file lainnya secara bawaan, di mana fitur ini banyak ditunggu-tunggu oleh para pengguna selama beberapa dekade.

"Kami telah menambahkan dukungan asli untuk format arsip tambahan, termasuk tar, 7-zip, rar, gz, dan banyak lainnya menggunakan proyek sumber terbuka libarchive," kata Kepala Windows Panos Panay.

"Sekarang Anda bisa mendapatkan peningkatan kinerja fungsi arsip selama kompresi di Windows," imbuhnya, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (25/5/2023).

Microsoft menambahkan kepada The Verge, dukungan untuk format baru ini bakal dirilis dalam versi baru yang masih dalam progresi akhir pekan ini.

Dengan kabar dukungan untuk tar, 7-zip, rar, dan format lainnya ini di Windows 11, pengguna tidak perlu lagi mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk bisa mengakses file-file ini. Tentu saja integrasinya diharapkan akan lebih baik daripada dukungan format ZIP bawaan.

3 dari 4 halaman

Pengguna iPhone Bisa Hubungkan iMessage di PC Windows 11

Sebelumnya, aplikasi Phone Link yang diperbarui Microsoft akhirnya memberikan dukungan untuk perangkat iOS.

Kini, aplikasi tersebut memungkinkan pengguna iPhone terhubung ke PC Windows 11, termasuk melakukan aktivitas obrolan via iMessage secara langsung di komputer.

Pengguna juga dapat melakukan dan menerima panggilan, serta melihat notifikasi telepon di PC atau laptop yang menjalankan sistem operasi tersebut.

Melalui blog resminya, Microsoft menyatakan bahwa perusahaan menghadirkan pembaruan ini untuk menghapus penghalang antara ponsel iOS dan PC sehingga memudahkan pengguna terhubung dengan orang kesayangan.

“Kini, dengan kemampuan untuk menghubungkan telepon PC/iOS ini, kami berharap pelanggan Windows 11 tidak perlu khawatir kehilangan panggilan telepon atau teks penting saat berfokus pada PC Windows mereka,” tulis Microsoft dikutip Rabu (17/5/2023).

4 dari 4 halaman

Telah Tersedia di 85 Negara

Saat ini, pembaruan aplikasi Phone Link telah tersedia di 85 negara. PC dan iPhone akan terhubung melalui konektivitas bluetooth untuk aktivitas panggilan, pesan, dan notifikasi. 

Meskipun begitu, Microsoft tidak menyebutkan secara pasti negara mana saja yang telah menerima pembaruan ini. Namun, perusahaan mengklaim aplikasi ini telah mendukung 39 bahasa berbagai negara. 

Update aplikasi ini umumnya akan tersedia secara otomatis, tetapi apabila pengguna Windows 11 belum melihat opsi iPhone di aplikasi, pastikan Phone Link sudah menjalankan versi terbarunya. 

Sayangnya, fitur iMessage yang terhubung di Phone Link Windows 11 masih terbatas. Daftar pesan yang muncul di iMessage pada PC hanya pesan yang baru diterima atau dikirim via aplikasi Phone Link.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.