Sukses

Apple Mau Rilis iOS 16.6, Tingkatkan Keamanan iMessage untuk Lindungi Pengguna dari Pegasus

Apple bakal merilis iOS 16.6 yang hadirkan tingkat keamanan iMessage lebih tinggi buat pengguna yang jadi sasaran Pegasus

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini Apple merilis update beta iOS 16.6 untuk para pengembang. Update ini membawa perbaikan sejumlah bug dan peningkatan performa.

Kendati demikian, satu fitur yang paling menarik dari semuanya adalah keamanan iMessage Contact Key Verification.

Mengutip Gizchina, Rabu (24/5/2023), Apple mengumumkan fitur ini pada Desember 2022 bersama Lockdown Mode. Pengumuman ini sejalan dengan komitmen mereka untuk menyediakan keamanan data terbaik bagi penggunanya.

Kini, fitur tersebut tampaknya telah siap digulirkan kepada para pengguna melalui update iOS 16.6.

Apa Itu iMessage Contact Key Verification?

Fitur keamanan yang dirilis Apple ini memungkinkan pengguna memverifikasi mereka tengah berbicara dengan orang yang dituju. Secara umum, ini merupakan fitur yang memberikan lapisan keamanan ekstra pada iMessages.

Hal ini karena bertukar pesan di iMessage antarperangkat iOS kini telah jadi makin aman.

Cara kerjanya, jika kedua pengguna iPhone mengaktifkan keamanan iMessage Contact Key Verification, mereka akan mendapatkan pemberitahuan jika ada perangkat tak diketahui yang mengakses pembicaraan mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Buat Pengguna yang Jadi Sasaran Pegasus

Untuk keamanan yang ditambahkan, pengguna juga bisa membandingkan sebuah Contact Verification Code secara langsung melalui FaceTime atau panggilan yang aman.

Menurut Apple, fitur ini dirancang untuk para pengguna high profile, yang belakangan ini kerap diberitakan jadi sasaran malware Pegasus. Misalya aktivis HAM, jurnalis, pegawai pemerintah, dan lain-lain.

Lantas, mengapa orang-orang pengguna biasa tidak membutuhkannya? Menurut Apple, pengguna biasa tidak begitu membutuhkan fitur keamanan ini karena tidak diserang oleh penjahat siber.

Mendekripsi pesan iMessage yang dienkripsi cukup mahal dan prosesnya sulit sehingga tidak sepadan jika dilakukan untuk menyasar orang biasa yang tidak melakukan komunikasi penting.

3 dari 4 halaman

Cara Kerja Fitur Keamanan iMessage

Lantas, bagaimana mengaktifkan fitur iMessage Contact Key Verification?

  • Pertama, update perangkat ke iOS 16.6 atau yang terbaru.
  • Buka aplikasi Setting di iPhone atau iPad kamu
  • Scroll ke bawah dan ketuk pada menu Messages
  • Lihat di opsi iMessage Contact Key Verification dan aktifkan.
  • Perlu diingat, kedua pihak di percakapan harus mengaktifkan fitur ini.

 

4 dari 4 halaman

Tak Begitu Penting untuk Pengguna Biasa

Sekadar informasi, iOS 16.6 memperkenalkan fitur iMessage Contact Key Verification bagi pengguna yang kerap disasar penjahat siber. Fitur ini sebenarnya tak begitu penting bagi pengguna-pengguna biasa.

Kendati demikian, ini merupakan langkah penting dalam komitmen berkelanjutan Apple terhadap keamanan dan privasi pengguna. Seiring dengan perkembangan teknologi, kita bisa mengharapkan penerapan langkah-langkah keamanan yang lebih maju, guna memastikan iMessage tetap menjadi platform aman untuk komunikasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.