Sukses

Laptop Asus Zenbook S 13 OLED UX5304 Masuk Indonesia, Diklaim Paling Tipis di Dunia

Asus Zenbook S 13 OLED UX5304 bakal masuk Indonesia, diklaim sebagai laptop OLED 13,3 inci paling tipis dan ringan di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Asus mengumumkan laptop Asus Zenbook S 13 OLED (UX5304) yang mereka klaim sebagai laptop OLED 13,3 inci paling tipis dan ringan di dunia, bakal hadir di Indonesia.

"Zenbook S 13 OLED akan segera hadir dan menjadi laptop ramah lingkungan yang paling ringkas di Indonesia," kata ujar Jimmy Lin, Asus Regional Director, Southeast Asia, seperti dikutip dari siaran pers, Rabu (24/5/2023).

Untuk spesifikasi Zenbook S 13 OLED, ketebalan laptop ini hanya 1 cm dengan bobot 1 kilogram.

Perangkat ini dibuat dengan teknik canggih serta material khusus, sehingga bisa tampil lebih ringkas dan ringan dibanding generasi sebelumnya, tanpa mengorbankan kinerja, konektivitas, atau daya tahan baterai.

Asus juga menyematkan juga kamera IR FHD berukuran lebih kecil, dengan tetap memiliki fitur lengkap dan ditanam langsung ke dalam bagian layar, yang dibuat dengan proses CNC. Panel OLED yang lebih tipis pun digunakan, jadi bagian layar 30 persen lebih tipis.

Proses CNC yang presisi tidak hanya digunakan di layar, tetapi pada bodi utamanya sehingga ruang komponen menjadi lebih luas tanpa mengorbankan durabilitas.

Motherboard sementara itu dirancang dengan presisi untuk menampung dua kipas yang sangat tipis, meningkatkan aliran udara untuk pendinginan yang lebih baik. Ini membuat bagian bodi utama laptop dapat hadir dengan ukuran 25 persen lebih tipis.

Di bagian keyboard deck laptop, paduan bahan magnesium-alumunium digunakan dibuat dengan proses CNC, untuk menciptakan struktur yang kokoh tanpa perlu bagian penyokong tambahan.

Touchpad-nya menggunakan penutup kaca yang sangat tipis, untuk menghasilkan pengurangan ketebalan sebesar 25 persen lagi di bagian keyboard deck.

Laptop Asus tersebut juga menawarkan ketahanan baterai yang disebut bisa sampai 14 jam streaming video, serta menawarkan pendinginan dan kinerja yang lebih baik dibandingkan pendahulunnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur Asus Zenbook S 13 OLED Lainnya

Fitur lainnya, Zenbook S 13 OLED dilengkapi dua port USB-C Thunderbolt 4 mendukung pengisian cepat, tampilan eksternal 4K, dan transfer data hingga 40 Gbps. Selain itu, terdapat juga port USB 3.2 Gen 2 Type-A, port HDMI 2.1, dan 3.5mm combo audio jack.

Kamera IR FHD di Zenbook S 13 OLED telah dilengkapi dengan efek visual khusus serta teknologi AI noise-cancelling. Kamera ini juga mendukung sistem login Windows Hello melalui fitur pemindaian wajah.

Untuk audionya didukung sertifikasi Harman Kardon, teknologi Dolby Atmos, Smart Amp, dan Asus Audio Booster. Sementara Touchpad Asus ErgoSense di perangkat ini tampil dengan ukuran yang 9,5 persen lebih besar.

Asus Zenbook S 13 OLED juga diklaim sebagai laptop seri Zenbook yang paling ramah lingkungan yang pernah dibuat.

 

3 dari 4 halaman

Laptop Ramah Lingkungan

Laptop ini memanfaatkan bahan magnesium-alumunium hasil daur ulang industri, dan digunakan di penutup keyboard, rangka, dan bagian layar, sehingga mengurangi jejak karbonnya lebih dari 50 persen.

Tombol dan speaker Zenbook S 13 OLED juga diproduksi menggunakan plastik daur ulang. Sementara kemasan Zenbook S 13 OLED, 100 persen dapat didaur ulang, dengan bahan yang dapat digunakan kembali sebagai kompos.

Kemasan Zenbook S 13 OLED menggunakan 100 persen kertas bersertifikat FSC Mix dari hutan yang dikelola secara bertanggung jawab, kayu terkontrol, serta sumber daya daur ulang.

Bagian penyangga dalam kemasan Zenbook S 13 OLED juga dapat digunakan kembali sebagai dudukan laptop.

Zenbook S 13 OLED juga memiliki efisiensi energi yang sangat tinggi dan telah melampaui standar dari ENERGY STAR sebesar 43 persen. Seluruh upaya tersebut dihadirkan agar Zenbook S 13 OLED dapat hadir sebagai laptop zero carbon emission.

Meski belum mengumumkan harganya, Asus mengatakan laptop Zenbook S 13 OLED sudah tersedia untuk pre-order di Asus Online Store dan Blibli, dengan bonus Asus Marshmallow Mouse (MD100).

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Hemat Listrik, Kantong Aman Bumi Senang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini