Sukses

Top 3 Tekno: Metode Cetak 3D untuk Ruang Angkasa Tuai Perhatian

Tim insinyur di Massachusetts Institute of Technology (MIT) membuat terobosan cetak 3D dalam memperkuat material yang digunakan pada aplikasi penting seperti ruang angkasa dan pembangkit energi.

Liputan6.com, Jakarta - Tim insinyur di Massachusetts Institute of Technology (MIT) membuat terobosan cetak 3D dalam memperkuat material yang digunakan pada aplikasi penting seperti ruang angkasa dan pembangkit energi.

Informasi ini menuai perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Senin (22/5/2023) kemarin.

Berita lain yang juga populer datang dari video viral yang memperlihatkan akad nikah dengan mas kawin unik berupa tiket konser Coldplay.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Insinyur MIT Kembangkan Metode Cetak 3D Inovatif untuk Lingkungan Ekstrem seperti Ruang Angkasa

Sekelompok tim insinyur yang dipimpin Massachusetts Institute of Technology (MIT) telah membuat terobosan dalam memperkuat material yang digunakan dalam aplikasi penting seperti ruang angkasa dan pembangkit energi.

Dengan menggunakan pendekatan yang sederhana dan hemat biaya, tim berhasil meningkatkan kinerja bahan utama, dan mereka meyakini bahwa metode mereka juga menjanjikan untuk meningkatkan berbagai material lainnya.

Para peneliti, termasuk Profesor Ju Li dari Departemen Ilmu dan Teknik Material di MIT, memanfaatkan teknologi cetak 3D untuk memperkuat bubuk logam dengan kawat nano keramik. Bahan komposit yang dihasilkan menunjukkan ketahanan yang luar biasa, mampu menahan suhu tinggi dan tegangan tarik tanpa kegagalan.

Menurut Profesor Li, pengembangan material canggih yang mampu bertahan di lingkungan ekstrem merupakan kebutuhan yang berkelanjutan, dan pendekatan mereka menunjukkan potensi luar biasa untuk penerapan di masa mendatang.

Pendekatan tim melibatkan penggilingan Inconel 718, material aloy super yang banyak digunakan dan dikenal karena kemampuannya bertahan dalam kondisi ekstrem, dengan sejumlah kecil kawat nano keramik.

Baca selengkapnya di sini 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Viral Video Akad Nikah dengan Mas Kawin Tiket Coldplay di Medsos Bikin Warganet Heboh

Tiket konser Coldplay tengah diburu para penggemar. Pasalnya, band asal Inggris itu bakal langsungkan konser di GBK Senayan, Jakarta, pada 15 November mendatang. Penjualan tiket konser Coldplay baik melalui metode presale atau public sale pun telah dilangsungkan pada 17-19 Mei 2023.

Terbaru menyoal tiket konser Coldplay di Jakarta, kini ada video viral di media sosial memperlihatkan akad nikah seorang pria dengan mas kawin yang unik. Ya, tiket konser Coldplay jadi salah satu mas kawinnya.

Dalam video yang ramai dibagikan secara berantai di media sosial, termasuk di Twitter, mempelai pria yang mengenakan beskap warna krem dengan blankon batik itu mantap mengucap ijab kabul untuk meminang pujaan hatinya.

Adapun mas kawin yang disebutkan saat prosesi ijab kabul adalah logam mulia seberat 21 gram, seperangkat alat salat, dan tiket Coldplay yang dibayar secara tunai.

Pengantin pria pun terlihat menjabat tangan sang wali nikah dan mengucapkan kabul dengan mantap hingga para saksi mengucapkan "sah" tanda ijab kabul telah sah.

Momen ijab kabul dengan mas kawin tiket Coldplay ini pun bikin warganet heboh. Pasalnya, saat ini tiket konser Coldplay tengah banyak diminati oleh para fans Coldplay alias Coldplayers.

Baca selengkapnya di sini 

 

3 dari 4 halaman

3. Akun Twitter Timnas Argentina Banjir Komentar Usai Umumkan Laga Lawan Indonesia 19 Juni 2023, Warganet: Siap War Tiket

Akun Twitter Timnas Argentina @Argentina hari ini Senin (22/5/2023) mengunggah pengumuman penting bagi pecinta sepak bola Tanah Air. Pengumuman yang dimaksud adalah informasi bahwa Albiceleste bakal berlaga melawan Timnas Indonesia di Laga FIFA Match Day pada 19 Juni 2023.

Timnas Argentina melalui akun Twitter-nya juga mengumumkan laga bakal digelar di Jakarta tepatnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan.

Hal ini pun membuat geger warganet sekaligus pecinta sepak bola Tanah Air. Pasalnya, untuk pertama kalinya mereka berkesempatan untuk menyaksikan Lionel Messi merumput di GBK Senayan. Itu pun jika Lionel Messi termasuk ke daftar pemain yang bakal diboyong Timnas Argentina ke Indonesia.

Meski begitu, riuhnya sambutan warganet tergambarkan dengan jelas di berbagai komentar balasan cuitan Timnas Argentina tersebut.

Pengguna Twitter yang juga pecinta sepak bola banyak yang tak sabar menanti kedatangan para pemain bintang.

Pemilik akun Twitter @ken*** mengungkapkan rasa syukurnya karena Timnas Indonesia bisa berlaga melawan Timnas Argentina. "Alhamdulillah akhirnya Indonesia uji coba dengan Timnas Argentina," kicaunya.

Pengguna Twitter lain dengan akun @riy*** mengaku tidak sabar melihat Lionel Messi. "Woah, tidak sabar melihat Messi usap janggut bang," katanya.

Baca selengkapnya di sini 

4 dari 4 halaman

Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.