Sukses

Samsung Tingkatkan Fitur Ambient Sound Galaxy Buds2 Pro, Bantu Pengguna yang Alami Gangguan Pendengaran

Memperingati GAAD, Samsung meningkatkan fitur Ambient Sound di Galaxy Buds2 Pro untuk membantu pengguna yang mengalami masalah pendengaran lebih menikmati dunia sekitarnya.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka Global Accessibility Awareness Day (GAAD) atau Hari Kesadaran Aksesibilitas Global, Samsung menghadirkan fitur baru di Galaxy Buds2 Pro. Pembaruan ini akan membantu pengguna dengan gangguan pendengaran lebih menikmati dunia sekitarnya. 

Update ini mencakup peningkatan fitur Ambient Sound yang memungkinkan pengguna tetap sadar dengan keadaan sekitar. Kini, fitur menawarkan lima tingkat amplifikasi yang mampu meningkatkan pendengaran bagi lebih banyak pengguna.

Kemampuan fitur Ambient Sound ini dibuktikan melalui uji klinis yang dilakukan oleh Hearing Aid and Aging Research Laboratory Universitas Iowa. 

Penelitian ini menyimpulkan, Galaxy Buds2 Pro secara signifikan meningkatkan persepsi ucapan pada mereka yang mengalami gangguan pendengaran ringan hingga sedang.

Selain itu, Samsung Medical Center juga melakukan uji coba serupa dan menemukan hasil yang selaras. 

“Galaxy Buds2 Pro dapat menjadi alat yang efektif untuk membantu mereka yang mengalami gangguan pendengaran ringan hingga sedang untuk berkomunikasi dengan lebih baik di tempat yang sunyi,” ujar Samsung seperti dikutip dari Samsung Newsroom, Jumat (19/5/2023).

Adapun kedua tes tersebut dilakukan menggunakan tingkat Ambient Sound tertinggi yang baru diluncurkan, yakni level 5.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur Ambient Sound Dapat Dipersonalisasi Sesuai Kebutuhan

Melalui pembaruan ini, pengguna Galaxy Buds2 Pro juga dapat mengatur fitur Ambient Sound untuk berbagai kebutuhan. 

Pengguna dapat menyesuaikan volume masing-masing earbud di kanan dan kiri, sehingga dapat menyempurnakan amplifikasi berdasarkan telinga pengguna.

Selain itu, rentang nada Ambient Sound juga dapat disesuaikan dari lembut hingga jernih melalui lima tahapan yang tersedia.

Untuk membantu pengguna mendengar dunia di sekitar mereka dengan lebih baik, pengguna juga bisa mendapatkan pengaturan otomatis melalui Adapt Ambient Sound guna memberikan kejernihan suara.

3 dari 4 halaman

Ketersediaan Fitur

Peningkatan fitur Ambient Sound di Galaxy Buds2 Pro ini akan dirilis secara bertahap melalui pembaruan software dalam beberapa minggu mendatang. 

Menurut Master and Head of Advanced Audio Lab, MX Business at Samsung Electronics, Han-gil Moon, pihaknya bersemangat untuk mengenalkan fitur ini untuk memperingati GAAD.

“Samsung akan terus bekerja untuk membantu setiap pengguna merasakan audio terbaik kapan saja, di mana saja dengan Galaxy Buds2 Pro mereka,” ujarnya.

4 dari 4 halaman

Galaxy Buds2 Pro Punya Fitur 360 Audio Recording

Di samping itu, pengguna perangkat Galaxy bisa memanfaatkan dua wearable device tersebut untuk mengoptimalkan pemakaian kamera di HP Samsung.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (13/1/2023), salah satu fitur yang kini dihadirkan adalah 360 Audio Recoding. Melalui fitur ini, pengguna bisa memanfaatkan Galaxy Buds2 Pro mereka untuk menangkap audio berkualitas tinggi.

Jadi, pengguna tinggal memasangkan Galaxy Buds2 Pro dengan smartphone Galaxy mereka. Lalu, fitur ini akan merekam suara 360 derajat menggunakan mikrofon di setiap earbud.

"360 Audio Recording merupakan fitur pertama di jajaran perangkat Galaxy yang memanfaatkan LE Audio, standar audio bluetooth baru yang canggih. Teknologi ini menghadirkan kualitas audio lebih baik serta peningkatan latency dan daya tahan baterai," tulis Samsung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.