Sukses

Bek Thailand Songchai Thongcham Dirujak Warganet Gegara Angkuh Minta Fans Indonesia Tak Datang Tonton Final Bola SEA Games 2023

Bek Thailand Songchai Thongcham dirujak warganet Indonesia karena angkuh meminta fans Indonesia tidak datang ke lapangan saksikan pertandingan final Indonesia vs Thailand di SEA Games 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas U-22 Indonesia membawa pulang medali emas di final sepak bola SEA Games 2023 usai mengalahkan Thailand dalam laga di Kamboja, Selasa (16/5/2023).

Tidak tanggung-tanggung, Garuda Muda membantai Thailand 5-2 di final, setelah melalui pertandingan penuh prank.

Kemenangan Timnas U-22 Indonesia ini mendapat sambutan hangat dari warganet sampai ke Presiden Joko Widodo.

Namun ada satu momen yang tidak luput dari perhatian warganet, yakni momen bek Thailand Songchai Thongcham meminta fans sepak bola Indonesia untuk tidak ke lapangan (menyaksikan pertandingan) lantaran dirinya pede Thailand bakal memenangkan laga.

Belakangan usai selebrasi kemenangan Indonesia di SEA Games 2023, warganet merujak habis-habisan pemain Thailand bernomor punggung 15 itu.

Linimasa Twitter pun banyak warganet Indonesia yang meledek pemain berusia 21 tahun itu. Salah satunya pengguna dengan akun @ast*** yang meledek, DM Instagram Songchai Thongcham pasti ramai dengan pesan dari warganet.

"Bapak Songchai Thongcham, pasti banjir DM nih," kata pengguna tersebut.

Pengguna Twitter lainnya @eno*** menyebut, Songchai Thongcham terlalu gegabah dengan kata-katanya. "Hei Songchai Thongcham, sebaiknya jangan terlalu gegabah," kicaunya.

Warganet dengan akun @san*** menyebut, pemain Thailand itu tengah kena mental karena mendapat banyak komentar dari warganet Indonesia.

"Songchai Thongcham kena mental," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Unggah Meme Ledek Songchai Thongcham Hingga Pertanyakan Keberadaan Bek Thailand

Ada pula warganet yang mengunggah tampilan Songchai Thongcham meme seorang lelaki menangis usai Indonesia memenangi laga lawan Thailand.

Pengguna internet lain malah berterima kasih karena ejekan Songchai Thongcham justru menambah semangat persatuan Indonesia.

"Makasih Mas Songchai Thongcham, ejekanmu menambah semangat persatuan Indonesia, 5-2, penak mas?" kicau pengguna dengan akun @bio***.

Pengguna dengan akun @and*** mempertanyakan dengan nada ledekan, menyebut, apakah saat ini Songchai Thongcham dalam keadaan sehat?

"Songchai Thongcham kira-kira masih sehat kan ya?" katanyanya.

Pengguna internet lain juga mempertanyakan keberadaan Songchai Thongcham kini, setelah Indonesia selebrasi dengan medali emasnya.

"Songchai Thongcham mana ni, mana ni yang bilang pendukung Timnas jangan datang?" kicau @ggu***.

3 dari 4 halaman

Jalannya Pertandingan

Sekadar informasi, dalam edisi lima edisi SEA Games sebelumnya, Indonesia hampir selalu kalah dari Thailand, kecuali pada SEA Games 2019 di mana Indonesia menang 2-0 di fase grup.

Sempat unggul 2-0 hingga menit ke-60, Thailand akhirnya bisa memperkecil ketertinggalan di menit 64. Pemain pengganti Anan Yodsangwal mencetak gol melalui sundulan meneruskan sebuah umpan penjuru.

Beberapa menit setelah gol Thailand, Dewangga diganjar kartu kuning akibat melakukan tekel keras dan berbahaya kepada pemain Thailand.

Indonesia hampir mencetak gol ketiga pada menit 79 melalui eksekusi tendangan bebas Marselino Ferdinan. Sayangnya kiper Thailand Soponwit dengan gemilang masih bisa menepisnya.

Witan membuang peluang emas pada serangan balik cepat di menit 87. Sudah berhadapan dengan kiper Thailand, Witan gagal memasukkan bola.

4 dari 4 halaman

Thailand Samakan Skor 2-2 Hingga Jadi 5-2

Di menit 92 Thailand nyaris menyamakan skor saat Purachet lolos dari kawalan pertahanan Indonesia. Beruntung sepakannya masih tepat ke arah Ernando.

Thailand menyamakan skor di menit 90+7 lewat kelihaian pemain pengganti Yotsakon Burapha di kotak penalti. Tembakan kaki kanannya tak kuasa dibendung Ernando.

Pertandingan final SEA Games 2023 harus dilanjutkan ke perpanjangan waktu setelah Thailand memaksakan skor imbang 2-2 selama 90 menit.

Indonesia Unggul Lagi 3-2

Babak perpanjangan waktu baru dimulai, Indonesia bisa kembali unggul melalui Irfan Jauhari. Kesalahan passing pemain Thailand diselesaikan dengan dingin oleh Irfan lewat tendangan lob.

Usai gol tercipta terjadi keributan dahsyat di bangku cadangan melibatkan pemain Indonesia dan Thailand serta ofisial tim.

Gol Keempat dan Kelima Indonesia

Pada menit ke-106, Indonesia mencetak gol keempat di awal babak kedua perpanjangan waktu melalui Fajar yang melepaskan tendangan keras setelah meneruskan penetrasi Rio Fahmi. Jarak skor kedua tim pun terpaut 2 poin.

Thailand kembali kehilangan satu pemainnya. Teerasak mendapat kartu kuning kedua di menit 118.

Indonesia menutup pertandingan dengan kemenangan 5-2 berkat sontekan pemain pengganti Beckham Putra. Gol Beckham sekaligus menutup pertandingan final SEA Games 2023. Indonesia meraih emas pertama sejak 1991.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.