Sukses

Top 3 Tekno: Pencarian Gambar Google Akan Bisa Kenali Foto Rekayasa AI Terpopuler

Google menambahkan fitur baru di pencarian gambar yang memudahkan pengguna mengidentifikasi foto rekayasa AI.

Liputan6.com, Jakarta - Google menambahkan fitur baru di pencarian gambar yang memudahkan pengguna mengidentifikasi foto rekayasa AI. Berita ini menjadi yang terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com, Jumat (12/5/2023) kemarin.

Informasi lain yang juga populer datang dari Timnas Putra Indonesia yang harus menelan kekalahan dari Kamboja dan Myanmar di fase Group Stage MLBB SEA Games 2023.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Google Image Search Bakal Mampu Kenali Foto Rekayasa AI

Google menambahkan fitur baru di alat pencarian gambarnya. Fitur ini bertujuan untuk memudahkan pengguna mengidentifikasi foto rekayasa AI. Pengumuman ini disampaikan perusahaan pada Google I/O 2023 yang digelar, Rabu (10/5/2023).

Dilansir The Verge, Jumat (12/5/2023), foto yang ditampilkan pada hasil pencarian akan menampilkan opsi “about this image” atau “tentang gambar ini”. Opsi tersebut dapat memberi tahu pengguna mengenai informasi kapan foto dan foto serupa pertama kali diindeks oleh Google.

Selain itu, Google juga akan menyertakan informasi kapan foto tersebut pertama kali muncul di web dan di mana lagi foto diunggah secara online. Menurut Google, informasi ini dapat membantu pengguna mengetahui apakah foto merupakan hasil rekayasa kecerdasan buatan.

Dengan fitur ini, pengguna dapat memastikan apakah gambar tersebut telah ada di situs pengecekan fakta atau pertama kali diunggah di situs berita yang sah.

Sayangnya, fitur ini belum dapat memberikan informasi secara langsung apakah gambar telah dimanipulasi. Fitur akan muncul ketika pengguna menekan titik tiga pada gambar di hasil Google Search.

Kendati demikian, perusahaan sedang mencari cara untuk mendeteksi perubahan tersebut.

Baca selangkapnya di sini 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Timnas Putra Indonesia Pupus Harapan ke Semi Final MLBB SEA Games 2023

Pupus sudah harapan Indonesia untuk mengantongi medali di cabor MLBB, setelah timnas putra harus menelan kekalahan dari Kamboja dan Myanmar di fase Group Stage MLBB SEA Games 2023, Jumat (12/5/2023).

Adapun dalam laga Indonesia vs Kamboja yang digelar pada pukul 13:00 GMT+7, di mana timnas MLBB Indonesia menurunkan Albert "Alberttt" Neilsen, Jabran "Branz" Wiloko, Gilang "Sanz", Rizki "Saykots" Iskandar, dan Rachmad "DreamS" Wahyudi.

Dalam laga melawan tim tuan rumah ini, terlihat bagaimana Alberttt dkk lebih unggul pada early hingga menuju mid game dengan serangan yang mampu membuat Kamboja ketar-ketir.

Namun, tim tuan rumah dapat mengambil alih kendali dari tangan timnas putra MLBB Indonesia dan mengulur jalannya pertandingan hingga sampai ke late game.

Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi para pemain Kamboja, dimana berbekal hero--Faramis dan Gloo--yang semakin kuat di late game membuat pemain Indonesia kesulitan men-takedown lawan.

Pemain Kamboja juga tampil lebih "kompak" dengan komunikasi yang on point. Hal ini terbukti setiap kali team fight, timing Sok Roth mengeluarkan skill ultimate Cult Altar milik Faramis selalu tepat.

Baca selangkapnya di sini 

 

3 dari 4 halaman

3. Lolos Kualifikasi, 2 Skuad Timnas PUBG Mobile Melaju ke Tahap Final SEA Games 2023

Timnas PUBG Mobile Indonesia berhasil melaju ke babak Finals cabang olahraga esports SEA Games 2023 Kamboja pada Kamis malam. Baik INA 1 maupun INA 2, berhasil mengamankan posisi 16 besar di babak kualifikasi untuk game shooter battle royale tersebut.

Kepala Badan Tim Nasional Tjahjono Prasetyanto mengucapkan selamat atas lolosnya kedua skuad Timnas Esports Indonesia PUBG Mobile ini ke babak final SEA Games 2023.

Melalui siaran pers Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Tjahjono berharap agar hari pertama menjadi pembelajaran yang berharga buat para pemain.

"Dengan disiplin dan konsentrasi penuh, kami semua yakin bahwa Timnas PUBG Mobile memiliki kemampuan lebih dari cukup untuk meraih prestasi tertinggi," ujarnya, dikutip Jumat (12/5/2023).

Di babak kualifikasi, INA 2 sukses menempati peringkat ke-2 setelah berusaha membalas serangan yang diberikan tim Vietnam, dalam pertemuan mereka di pertandingan pertama dan kedua.

Sementara, Tim PUBG Mobile INA 1 sukses mengamankan predikat winner winner chicken dinner di pertandingan ketiga usai menghajar tim Laos.

Baca selangkapnya di sini 

4 dari 4 halaman

Infografis Google dan Facebook (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini