Sukses

Cara Nonton Live Streaming Google I/O 2023, Ada Peluncuran Pixel Fold dan Pixel Tablet

Tinggal satu hari lagi, Google I/O 2023 akan digelar pada 10 Mei 2023 yang menandakan semakin dekatnya peluncuran Pixel Tablet dan Pixel Fold. Ingin nonton live streaming-nya? simak caranya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Tinggal satu hari lagi, Google I/O 2023 akan digelar pada 10 Mei 2023. Acara ini pun sekaligus menandakan semakin dekatnya peluncuran Pixel Fold dan Pixel Tablet yang telah lama ditunggu-ditunggu.

Acara ini umumnya akan mengungkap hal-hal terbaru yang tengah perusahaan kembangkan, hingga nantinya sampai di tangan konsumen. Seperti sebelumnya, event ini akan digelar di Shoreline Amphitheatre yang berlokasi di seberang kantor pusat Google di Mountain View, California.

Google I/O tahun ini akan menjadi gelaran pertama yang dapat dihadiri peserta terbatas secara langsung dalam empat tahun terakhir. Namun, Google juga telah menyediakan siaran langsung yang dapat disaksikan melalui beberapa platform. 

Mengutip The Verge, Selasa (9/5/2023), penonton bisa mengakses live streaming pada website Google atau channel YouTube Google. Selain itu, versi rekaman ulang dari siaran ini juga dapat disaksikan setelah acara selesai.

Live streaming akan dimulai pada tanggal 10 Mei 2023 pukul 1 siang EST/10 Pagi PT. Sementara untuk penonton yang berlokasi di Indonesia, siaran dapat disaksikan pada 11 Mei 2023 pukul 00.00 WIB. 

Dengan digelarnya event ini, penonton dapat mengharapkan sejumlah perangkat yang diungkap Google. Beberapa perangkat yang menjadi perhatian besar pada gelaran kali ini antara lain Google Pixel Tablet dan Google Pixel Fold.

Selain itu, Android 14 dan pengembangan AI juga disebut akan menjadi fokus Google di 2023 ini. 

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini beberapa penjelasannya terkait perangkat dan pengembangan apa saja yang dapat dinantikan dari Google I/O 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Peluncuran Google Pixel Tablet

Google Pixel Tablet merupakan perangkat yang telah lama dinantikan penggemarnya. Sebab, Google pertama kali mengungkapkan tablet Android ini pada konferensi I/O di tahun 2022.

Rasa penasaran penggemarnya pun kembali tergugah berkat adanya bocoran yang menunjukkan beberapa pilihan warna dari tablet ini. Terbaru, bocoran datang lagi dengan mengungkap spesifikasi tablet.

Menurut laporan, laman khusus Pixel Tablet muncul di situs Amazon Jepang. Kendati laman tersebut kini sudah dihapus, informasi mengenai spesifikasi kunci dari tablet tersebut sudah terlanjur diketahui.

Dari laman tersebut diketahui, tablet ini akan menggunakan chipset Tensor G2, sama seperti Pixel 7 Series. Performa chipset tersebut didukung RAM 8GB dengan dua pilihan memori yang tersedia yakni 128GB dan 256GB.

Tablet ini memiliki layar LCD berukuran 10,95 inci dengan resolusi QHD+.Layar tersebut memiliki tingkat kecerahan 500 nit dan disebut akan mendukung touch pen USI 2.0.

Selain spesifikasinya, laman tersebut juga menyertakan harga Pixel Tablet yakni 79.800 yen atau sekitar Rp 8,7 juta. Hanya mengingat ini masih bocoran, informasi lengkap mengenai tablet ini masih perlu menunggu pengumuman resmi Google.

3 dari 5 halaman

Detail tentang Google Pixel Fold

Sebelumnya, Google mengejutkan penggemarnya dengan merilis gambar dan video Pixel Fold. Gambaran tersebut menunjukkan perangkat yang dapat dilipat secara horizontal, layaknya buku.

Tak hanya itu, raksasa mesin pencari tersebut juga menyertakan informasi lebih lengkap tentang Google Pixel Fold ini akan diumumkan pada 10 Mei 2023 atau bertepatan dengan ajang Google I/O mendatang.

Meskipun Google belum mengungkapkan detail apapun tentang spesifikasinya, beberapa laporan mengungkapkan bahwa perangkat akan memiliki layar 5,8 inci saat ditutup dan 7,8 inci secara utuh. Ukuran ini sama dengan Samsung Galaxy Z Fold 4.

Jika diperhatikan, Google tetap mempertahankan aksen kamera belakang seperti perangkat Pixel yang ada di pasaran ini.

4 dari 5 halaman

Gambaran Pixel 7A

Selama beberapa bulan terakhir, bocoran Google Pixel 7A telah beberapa kali beredar sehingga kemungkinan besar akan ditampilkan di I/O tahun ini. Sejumlah spesifikasi perangkat ini pun sudah banyak diketahui publik.

Berdasarkan bocoran tersebut, Google Pixel 7A akan memiliki chip Tensor G2, kamera utama 64MP yang ditingkatkan, dan kamera ultrawide 13MP. Selain itu, HP ini juga akan mengusung layar dengan refresh rate 90Hz dan dukungan pengisian daya nirkabel 18W.

Jika bocoran ini benar, Pixel 7a jelas mengalami peningkatan besar-besar dibandingkan pendahulunya yang rilis tahun lalu yakni Pixel 6a.

Dengan sejumlah peningkatan tersebut, harga Pixel 7a diprediksi mencapai USD 500 atau sekitar Rp 7,3 juta. Tidak hanya Pixel 7a, Google disebut juga akan memperkenalkan Pixel Fold pada event Google I/O. 

5 dari 5 halaman

Lebih Lanjut tentang Android 14 dan Pengembangan AI

Selain beberapa perangkat di atas, gelaran Google I/O 2023 juga pasti akan memberikan beberapa informasi lebih lanjut mengenai Android 14. Versi terbaru Android ini akan menampilkan sejumlah optimalisasi untuk perangkat lipat, tablet, dan perangkat dengan layar lebih besar.

Sejak Android 14 beta diluncurkan bulan lalu, Google secara bertahap menambahkan fitur baru yang menyatu dengan latar belakang.

Selain itu, dukungan kunci sandi, masa pakai baterai yang lebih baik, serta kontrol atas privasi pada media perangkat juga akan ditingkatkan. 

Di samping itu, Google juga diperkirakan akan memfokuskan topik I/O tahun ini kepada pengumuman terkait teknologi AI. Laporan CNBC Internasional yang dikutip The Verge mencatat, Google tengah menyiapkan presentasi AI yang mencakup peluncuran PaLM2, yakni versi terbaru dari model bahasa besar (LLM) perusahaan.

Beberapa peningkatan pada Google Bard juga disebut akan diumumkan. Ini mengikuti laporan yang menyebutkan bahwa Google akan meluncurkan alat pencarian bertenaga AI.

Kemungkinan, Bard bakal memiliki kemampuan untuk pengkodean, matematika, dan logika, serta menambah dukungan bahasa Jepang dan Korea.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.