Sukses

Punya Mesin Canggih Baru, Pabrik Oppo di Tangerang Bisa Produksi Smartphone Layar Lipat Find N2 Flip

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen dalam negeri, pabrik Oppo Indonesia mendatangkan berbagai mesin baru berteknologi canggih guna memproduksi HP flagship model lipat, yakni Oppo Find N2 Flip.

Liputan6.com, Tangerang - Dengan peningkatan kapabilitas, Oppo Manufacturing Indonesia kini menjadi pabrik satu-satunya di dalam negeri yang mampu merakit perangkat kelas flagship, yakni Oppo Find N2 Flip.

Tak tanggung-tanggung, pabrik yang berlokasi di wilayah Kota Tangerang, Provinsi Banten ini mendatangkan mesin baru berteknologi canggih khusus untuk lini produksi ponsel layar lipat tersebut.

Menurut PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto A, kehadiran mesin baru ini membutuhkan investasi yang sangat besar, baik dari segi finansial maupun penyaluran pengetahuan dan penggunaan teknologi ke insinyur-insinyur terpilih. 

"Ini merupakan wujud komitmen dan keseriusan kami dalam menghadirkan perangkat flagship untuk konsumen di Tanah Air," tutur Aryo dalam kunjungan ke Oppo Manufacturing Indonesia di Banten, Kamis (4/5/2023).

Sebelumnya, perangkat flagship dapat dipasarkan di Indonesia dengan bantuan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) software. Namun sejak April 2023, pabrik Oppo meningkatkan kemampuannya untuk bisa memproduksi perangkat kelas premium di dalam negeri sesuai dengan peraturan baru pemerintah.

Dalam pengerjaan perangkat Oppo Find N2 Flip, terdapat beberapa mesin baru yang jarang digunakan dalam merakit HP lainnya. Adapun mesin baru ini terdiri dari mesin humidity khusus dan mesin pemasangan anti gores. Keduanya termasuk dalam satu lini produksi di dalam satu ruangan.

Mesin humidity ini digunakan untuk memastikan tidak ada debu yang masuk ke komponen-komponen perangkat, termasuk lensa kamera. Lensa yang dirakit untuk ponsel lipat ini tidak lagi menggunakan modul kamera, sehingga perakitannya dikerjakan dalam ruangan steril khusus guna meminimalisir kotoran atau partikel lain berkumpul di satu area.

Sementara itu, Degassing Machine merupakan alat yang berfungsi untuk menghilangkan gelembung-gelembung udara setelah pemasangan screen protector Oppo Find N2 Flip, terutama pada bagian lengkungan layar. 

“Dengan memberikan tekanan uap panas, antigores pada smartphone layar lipat ini dipastikan dapat melekat dengan rapat dan tidak dapat dibuka dengan tangan kosong sehingga memberikan perlindungan ekstra terhadap layar,” ujar Rafqi Ramadan, Head of New Product Introduction untuk Find N2 Flip.

Sebagai ponsel layar lipat pertama yang diproduksi di pabrik ini, Oppo Indonesia memberikan fokus terhadap perlindungan layar. Karena itu, pengguna disarankan untuk datang langsung ke Oppo Service Centre untuk penggantian anti gores.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Oppo Find N2 Flip Buatan Pabrik Indonesia Hanya Dipasarkan Dalam Negeri

Untuk saat ini, Oppo Indonesia berfokus untuk melayani permintaan pasar dalam negeri. Maka, produk-produk yang dibuat di pabrik Indonesia ini hanya akan dijual di Indonesia. 

Rafqi menjelaskan, kualitas produk yang buatan pabrik ini tidak perlu diragukan karena sudah menerapkan standar Internasional.

"Kami melakukan produksi sesuai dengan requirement dari TKDN dari pemerintah Indonesia dan pabrik China sehingga kualitasnya setara. Kami juga sudah melakukan pengujian ekstensif seperti di berbagai aspek untuk menghasilkan produk terbaik," ujarnya.

Aryo menambahkan, umumnya Oppo Indonesia menentukan jumlah perangkat yang akan dibuat berdasarkan data dari perangkat sebelumnya. Setiap produk yang sudah dijual akan dilihat bagaimana penerimaannya di masyarakat untuk diproyeksikan pada perangkat selanjutnya. 

Produksi akan dilakukan dalam beberapa batch yang dihubungkan dengan fase dari Oppo Indonesia, misalnya pre-order dan penjualan perdana. Namun, setiap fase kemungkinan memiliki perbedaan jumlah target produksi.  

Untuk kapasitas produksi, pabrik Oppo Indonesia dapat menghasilkan ribuan perangkat Oppo Find N2 Flip dalam satu hari. Sedangkan untuk HP lain seperti kelas mid-range, tentu dapat memproduksi lebih banyak lagi.

3 dari 3 halaman

Berdirinya Oppo Manufacturing Indonesia

Untuk diketahui, pabrik baru Oppo yang berada di Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, Provinsi Banten ini secara resmi mulai beroperasi pada 1 Agustus 2022. Dengan nama Oppo Manufacturing Indonesia, pabrik ini menggantikan pabrik sebelumnya yang berlokasi tidak jauh dari lokasi sekarang. 

Sebagai informasi, pabrik lama Oppo Indonesia berada di Kelurahan Pabuaran Tumpeng, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Provinsi Banten. Selain lokasi anyar, pabrik baru ini juga hadir dengan peningkatan fasilitas dan operasional yang signifikan. 

Pabrik ini menggunakan standar operasional yang mengacu pada standar internasional dan Tiongkok. Bahkan, desain pabrik ini mirip dengan kantor pusat Oppo yang ada di Tiongkok.

Dengan standar yang lebih baik, Aryo menuturkan, operasional di pabrik ini pun lebih efisien. Perusahaan asal Tiongkok ini menerapkan OPS (Oppo Production System) yang mengadopsi Lean Manufacturing System.

Hal ini juga dimungkinkan karena lokasi warehouse dan produksi yang kini berada dalam satu gedung, sehingga perpindahan bisa dilakukan lebih cepat. Berbeda dari pabrik sebelumnya dimana lokasi warehouse dan produksi berbeda. 

Selain itu, dalam proses produksi, Oppo menggunakan conveyor belt mulai dari tahap assembling, testing, hingga packing. Karenanya, proses produksi bisa berjalan lebih berkelanjutan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.