Sukses

Apple Akan Umumkan MacBook Air 15 Generasi Terbaru di WWDC 2023

Apple dilaporkan berencana untuk mengumumkan MacBook Air 15 Inci generasi terbaru pada gelaran WWDC 2023 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Apple dikabarkan berencana mengumumkan MacBook Air 15 Inci generasi terbaru pada gelaran WWDC 2023 yang akan diselenggarakan Juni mendatang. Kabar ini pertama kali dilaporkan oleh seorang jurnalis dari Bloomberg, Mark Gurman. 

Laptop ini pun disebut akan meluncur bersama iOS 17, macOS 14, watchOS 10, tvOS 17, dan headset AR/VR Apple yang telah lama dinanti penggemar Apple.

“Sebagai bagian dari watchOS 10, perusahaan berencana mengembalikan widget dan menjadikannya bagian utama dari antarmuka. Strategi baru ini akan memulai debutnya di WWDC pada bulan Juni, bersamaan dengan peluncuran iOS 17, macOS 14, MacBook Air 15 inci, dan, tentu saja, headset mixed-reality yang sangat dinantikan,” tulis Gurman dalam laporannya seperti dikutip dari MacRumors, Rabu (3/5/2023).

Sebelumnya, desas-desus kehadiran MacBook Air generasi terbaru ini sudah ada sejak awal 2021. Menjelang peluncurannya, produksi panel layar untuk laptop pun dilaporkan mengalami peningkatan selama beberapa bulan terakhir. 

Menurut analis Apple, Ming-Chi Kuo, MacBook Air ini akan ditenagai chip M2 standar dengan beberapa konfigurasi GPU. Sementara itu, laptop ini juga disebut akan memiliki desain yang sama dengan MacBook Air 13 inci.

Sebagai informasi, Apple mengumumkan MacBook Air 13 inci dengan chip M2 di WWDC tahun lalu. Maka, tidak mustahil jika MacBook Air 15 inci akan diperkenalkan pada WWDC 2023.

Jika mengacu pada spesifikasi model 13 inci, layar laptop akan memiliki notch dengan kamera 1080p, port pengisian daya MagSafe 3, dua port USB-C/Thunderbolt 3, headphone jack 3,5mm, Magic Keyboard dengan tombol Touch ID, dan Trackpad Force Touch.

Sementara untuk pilihan warnanya, MacBook Air 13 inci tersedia dalam varian Midnight, Starlight, Space Grey, dan Silver.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apple Umumkan WWDC 2023 Berlangsung Mulai 5 Juni

Untuk mengetahui lebih jauh, WWDC yang merupakan singkatan dari Worldwide Developers Conference ini dijadwalkan berlangsung mulai 5 Juni hingga 9 Juni.

Meskipun pandemi kian mereda, WWDC 2023 akan tetap digelar secara online. Namun, pengembang dan pelajar akan mendapatkan sesi special experience di Apple Park. 

Melalui acara ini, Apple membagikan detail mengenai sistem operasi (OS) mereka yang akan datang, mulai dari iOS, macOS, iPadOS, watchOS, atau tvOS. 

Menurut Wakil Presiden Apple untuk Worldwide Developer Relations, Susan Prescott, event tahun ini akan menjadi acara yang paling besar dan terpenting dari Apple.

Seperti dikutip dari Engadget, Jumat (31/3/2023), pratinjau dari iOS 17, macOS 14, dan watchOS 10 kemungkinan bakal ditampilkan di WWDC 2023.

Tak hanya itu, bisa jadi Apple mengenalkan beberapa Mac berbasis M3 pertama mereka, seperti acara tahun lalu yang turut mengungkap MacBook Air M2.

3 dari 4 halaman

Apple Segera Luncurkan Headset “Mix Reality”?

Beberapa rumor yang beredar juga melaporkan Apple akan meluncurkan headset mixed reality di WWDC tahun ini. Perangkat ini kemungkinan disebut Reality Pro atau Reality One.

Headset ini diyakini memiliki chip M2, layar ganda 4K, serta pengaturan yang dapat menggunakan gerakan tangan dan perintah Siri.

Terdapat pula prediksi yang menyatakan perangkat ini akan membawa fitur kesehatan, avatar full-body dalam panggilan FaceTime, serta beberapa fitur lainnya dari iPhone dan iPad. Jika perkiraan ini benar, kemungkinan headset ini tidak akan dikirimkan hingga akhir tahun. 

4 dari 4 halaman

iOS 17 Beta akan Hadir Setelah WWDC

Jika melihat konferensi tahun lalu, versi beta dari sistem operasi Apple terbaru bisa jadi diluncurkan segera setelah WWDC 2023. Versi ini merupakan preview awal dari sebagian besar pembaruan yang akan hadir di OS stabilnya. 

Pada WWDC 2022, misalnya, Apple resmi mengumumkan iOS 16 dan memperlihatkan sejumlah peningkatan dan fitur baru yang dibawa perusahaan ke dalam sistem operasi untuk iPhone ini.

Lalu, OS tersebut resmi diluncurkan bersamaan dengan rilisnya iPhone 14, sama seperti perkiraan sebelumnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.