Sukses

Pemain The Sims 4 Tembus 70 Juta di Seluruh Dunia, Meroket Usai Jadi Game Gratis

EA mencatat pemain The Sims 4 sudah tembus 70 juta, dengan strategi menggratiskan game dasarnya sukses membuat pemain baru meroket hingga 16 juta

Liputan6.com, Jakarta - Maxis dan Electronic Arts (EA) mengumumkan bahwa gim life simulation andalan mereka, The Sims 4, telah memiliki lebih dari 70 juta pemain, sejak dirilis pada tahun 2014.

EA melalui laporannya pada pertengahan April lalu juga mengklaim, The Sims 4 menjadi game yang paling banyak dimainkan dalam 23 tahun sejarah waralaba The Sims.

Sejak dibuat menjadi game gratis pada Oktober 2022, base game dari The Sims 4 juga dilaporkan telah berhasil menggaet lebih dari 16 juta pemain baru, dengan rata-rata pengguna mingguan meningkat 53 persen.

Game The Sims 4 juga dilaporkan mengalami ekspansi global dengan 75 persen pemain baru yang berbasis di luar Amerika Utara, dengan area pertumbuhan termasuk Brasil, Prancis, Jerman, Inggris Raya, dan Polandia.

Lebih lanjut, EA mencatat adanya peningkatan yang signifikan untuk unduhan konten buatan pengguna dari galeri sejak base game The Sims 4 menjadi game gratis, dengan lebih dari 7 juta unduhan galeri dalam game dalam sepekan.

"Sungguh luar biasa melihat seberapa besar komunitas kami berkembang selama delapan tahun terakhir, dan para pemain terus menginspirasi kami dengan berbagai cara mereka menjelajahi kehidupan di The Sims 4," kata Phillip Ring, Produser Eksekutif The Sims 4.

EA juga mencatat expansion pack terbaru The Sims 4, Growing Together, juga menjadi perilisan konten ekspansi tersukses pada pekan perilisan di 16 sampai 23 Maret 2023, di mana pejnualannya lebih tinggi daripada ekspansi lain sejak 2015.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

The Sims 4 Bisa Dimainkan Secara Gratis

The Sims 4 versi dasar sendiri sudah menjadi game gratis atau free-to-play sejak Oktober 2022 lalu untuk PC, Mac, dan konsol.

Dengan begitu, pemain akan bisa memainkan game tersebut secara gratis, namun harus membayar apabila ingin mendapatkan Downloadable Content (DLC) atau Expansion Pack yang dijual secara terpisah.

Dikutip dari Polygon, The Sims 4 pertama kali dirilis oleh EA pada tahun 2014. Sejak saat itu, pengembang Maxis sudah merilis banyak konten tambahan seperti pergantian musim, sekolah, universitas, atau menjadi makhluk supranatural.

Maxis juga melakukan peningkatan pada game dengan pembaruan secara gratis. Patch bulan Juli menambahkan keinginan, ketakutan, rambut pada tubuh, dan lebih banyak opsi untuk menceritakan Sims di lingkungan pemain.

EA sebelumnya juga menawarkan The Sims 4 untuk diunduh secara gratis dengan berlangganan PlayStation Plus.

The Sims 4 tersedia di PC via aplikasi EA atau Origin, Mac via Origin, Steam, PlayStation 5, PlayStation 4, Xbox Series X/S, dan Xbox One.

 

3 dari 4 halaman

Spesifikasi PC Minimal untuk The Sims 4

Berikut ini spesifikasi PC minimal apabila kamu ingin memainkan The Sims 4, seperti dikutip dari Steam:

  • OS: 64 Bit. Windows 7 (SP1), Windows 8, Windows 8.1, or Windows 10
  • Processor: 1.8 GHz Intel Core 2 Duo, AMD Athlon 64 Dual-Core 4000+ atau setara (Untuk komputer dengan built-in graphics chipsets, membutuhkan 2.0 GHz Intel Core 2 Duo, 2.0 GHz AMD Turion 64 X2 TL-62 atau setara)
  • Memori: 4 GB RAM
  • Grafik: 128 MB Video RAM dan mendukung Pixel Shader 3.0. Supported Video Cards: NVIDIA GeForce 6600 atau lebih baik, ATI Radeon X1300 atau lebih baik, Intel GMA X4500 atau lebih baik
  • DirectX: Version 9.0
  • Penyimpanan: 17 GB

 

4 dari 4 halaman

Spesifikasi PC Rekomendasi untuk The Sims 4

Kalau mau mendapatkan pengalaman yang lebih maksimal saat bermain, berikut spesifikasi PC yang direkomendasikan untuk bermain The Sims 4:

  • OS: 64 Bit Windows 7 (SP1), 8, 8.1, or 10
  • Processor: Intel core i5 atau lebih cepat, AMD Athlon X4
  • Memori: 8 GB RAM
  • Grafik: NVIDIA GTX 650 atau lebih baik
  • DirectX: Version 9.0
  • Penyimpanan: 18 GB

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.