Sukses

iPadOS 17 Tidak Akan Sambangi 3 Model iPad Ini, Apa Saja?

Menurut laporan, iPadOS 17 tidak akan hadir untuk tiga model iPad lawas ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah iPad model lawas dikabarkan tidak akan mendapat pembaruan iPadOS 17. Seperti diketahui, Apple kemungkinan besar akan memperkenalkan iPadOS 17 bersama dengan iOS 17 di tahun ini.

Mengutip informasi dari Apple Insider, Senin (24/3/2023), berdasarkan informasi dari sumber yang mengetahui hal ini akan ada tiga model iPad yang tidak bisa merasakan iPadOS 17 di tahun ini. Pertama, ada iPad Pro 9,7 dan iPad Pro 12,9 inci generasi pertama.

Selain kedua model tersebut, iPad generasi kelima juga disebut tidak bisa lagi diperbarui ke iPadOS generasi terbaru. Hal ini sebenarnya wajar, karena seiring berjalannnya waktu sejumlah iPad generasi lama tidak lagi mendukung sistem operasi generasi terbaru.

Terlebih, ketiga model iPad tersebut memang sudah hadir cukup lama. Karenanya, chip yang digunakan di perangkat tersebut tidak lagi kompatibel dengan iPadOS terbaru.

Bahkan di iPhone, Apple sendiri sudah tidak menghadirkan pembaruan iOS 16 untuk iPhone 6 yang menggunakan chip A9, dimana chip tersebut juga digunakan pada iPad generasi kelima. Sementara model iPad Pro memakai chip A9X.

Kendati demikian, informasi ini masih sebatas rumor. Untuk itu, perlu menunggu informasi resmi mengenai iPadOS 17 dari Apple saat gelaran WWDC 2023 yang digelar pertengahan tahun ini.

Namun jika laporan ini benar, bukan berarti Apple akan langsung menyetop pembaruan software untuk perangkat tersebut. Biasanya, perusahaan masih akan mendukung mereka dengan sejumlah pembaruan keamanan, tapi memang bukan fitur baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ini Jajaran iPhone dan iPad yang Tidak Kebagian Update iOS 17, Ada iPhone X dan iPhone 8

Untuk diketahui, dalam WWDC 2023 yang akan digelar bulan Juni mendatang, Apple akan mengumumkan iOS 17. Menjelang pengumuman tersebut, terdapat rumor baru yang mengklaim bahwa iOS 17 dan iPadOS 17 tidak akan lagi mendukung beberapa perangkat Apple versi lama. 

Rumor itu juga menyebut salah satu tipe iPhone yang akan kehilangan dukungan untuk mendapatkan update iOS terbaru ini adalah iPhone X. 

Mengutip dari 9to5Mac, Rabu (12/4/2023), desas-desus ini berasal dari seorang pengguna Twitter anonim yang sebelumnya sempat mengungkapkan tentang informasi pembaruan software Apple secara detail.

Dalam cuitannya, update iOS 17 dan iPadOS 17 tidak akan tersedia untuk perangkat berikut : 

  • iPhone 8
  • iPhone 8 Plus
  • iPhone X
  • iPad (generasi ke-5)
  • iPad Pro 9,7 inci (generasi ke-1)
  • iPad Pro 12,9 inci (generasi ke-1)

Seperti yang diinformasikan oleh MacRumors, keputusan Apple mengecualikan daftar perangkat di atas dari pembaruan iOS 17 dapat dikaitkan dengan kerentanan boot ROM yang dapat memengaruhi chip A5 hingga A11. 

Untuk diketahui, dihentikannya dukungan ini sebenarnya sama seperti ketika iOS 16 rilis pada tahun lalu.

Ketika itu, Apple tidak menggulirkan iOS 16 untuk sejumlah perangkat besutannya yang terbilang sudah lawas, termasuk iPhone 6s dan iPhone 6s Plus, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, iPhone SE (generasi ke-1), dan iPod touch (generasi ke-7).

3 dari 5 halaman

Apple Terus Perbaiki Masalah Rentannya Keamanan

Kendati demikian, Apple juga akan terus meluncurkan perbaikan keamanan untuk iOS 16, bahkan setelah iOS 17 dirilis. Sama seperti iOS 15 yang tahun ini telah menerima banyak pembaruan untuk menambal kerentanan keamanan utama. 

Namun, satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah kebiasaan Apple yang seringkali membatasi beberapa fitur dalam rilis iOS baru ke perangkat teranyarnya.

Sebagai contoh, fitur iOS 16 seperti Live Text hanya didukung di iPhone XS, iPhone XR, dan yang lebih baru. Artinya, meskipun perangkat didukung iOS 17, pengguna mungkin saja tidak kebagian beberapa fitur terbarunya.  

4 dari 5 halaman

WWDC 2023 Siap Perkenalkan iOS 17?

Di sisi lain, Apple telah mengumumkan tanggal perhelatan WWDC 2023. WWDC yang merupakan singkatan dari Worldwide Developers Conference ini dijadwalkan berlangsung mulai 5 Juni hingga 9 Juni.

Meskipun pandemi kian mereda, WWDC 2023 akan tetap digelar secara online. Namun, pengembang dan pelajar akan mendapatkan sesi special experience di Apple Park. 

Melalui acara ini, Apple membagikan detail mengenai sistem operasi (OS) mereka yang akan datang, mulai dari iOS, macOS, iPadOS, watchOS, atau tvOS. 

Menurut Wakil Presiden Apple untuk Worldwide Developer Relations, Susan Prescott, event tahun ini akan menjadi acara yang paling besar dan terpenting dari Apple.

Seperti dikutip dari Engadget, Jumat (31/3/2023), pratinjau dari iOS 17, macOS 14, dan watchOS 10 kemungkinan bakal ditampilkan di WWDC 2023.

Tak hanya itu, bisa jadi Apple mengenalkan beberapa Mac berbasis M3 pertama mereka, seperti acara tahun lalu yang turut mengungkap MacBook Air M2. 

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.