Sukses

Rayakan Lebaran Idul Fitri, Warganet Twitter Ikut Mohon Maaf Lahir dan Batin

Merayakan Hari Raya Lebaran Idul Fitri 2023, warganet di Twitter pun ikut mengucapkan mohon maaf lahir dan batin

Liputan6.com, Jakarta - Lebaran Idul Fitri secara resmi telah dirayakan di Indonesia. Semarak hari raya pun juga dirasakan oleh para warganet di media sosial Twitter.

Di platform media sosial itu, berbagai kata kunci yang terkait dengan Idul Fitri seperti "Selamat Lebaran", "Happy Eid Mubarak", "Taqabbalallahu Minna Wa Minkum" masuk ke jajaran trending topic.

"Happy Eid Mubarak" misalnya, hingga artikel ini ditulis, Jumat (22/4/2023), sudah mendapatkan 127 ribu cuitan di Twitter. Sementara "Selamat Lebaran" sudah di-tweet hingga 44,2 ribu cuitan.

Selain itu, terdapat juga sekitar 173 ribu cuitan yang mengandung kata kunci "Mohon" di mana ini merupakan bagian dari kata-kata seperti "Mohon maaf lahir dan batin."

Mengingat nuansanya yang saling maaf-maafan, ada juga warganet yang mencuitkan "sama-sama" untuk membalas ucapan yang mereka terima.

Banyak dari warganet yang juga membagikan ucapan kreatif mereka, mulai dari meme, ilustrasi, hingga foto saat kegiatan merayakan Lebaran.

Ucapan Hari Raya Lebaran juga biasa dikirimkan ke saudara atau handai tolan lain yang tidak bisa bertemu tatap muka, melalui aplikasi chatting seperti WhatsApp.

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri pun juga bisa dikreasikan agar tampil unik atau bahkan lucu, tergantung siapa yang menerimanya. Salah satunya dengan memanfaatkan fitur pembuat Stiker WhatsApp.

Beberapa waktu lalu, WhatsApp merilis fitur Sticker Maker di WhatsApp Web dan Desktop, yang memungkinkan pengguna di PC untuk membuat stiker mereka sendiri.

Nah, stiker ini pun bisa digunakan jika kamu ingin membuat ucapan Selamat Lebaran yang berbeda dari yang lainnya, misalnya memakai fotomu sendiri.

Cara Membuat Stiker Ucapan Lebaran di WhatsApp PC

Berikut ini adalah cara untuk membuat Stiker Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri, dengan fitur Sticker Maker di WhatsApp Web atau Desktop.

  1. Masuk ke akun WhatsApp melalui WhatsApp Web dan Desktop, lalu akses chat dan klik tombol lampiran dengan ikon penjepit kertas
  2. Pilih menu Stiker
  3. Selanjutnya, pengguna bisa mengunggah foto, memotong foto, dan menambahkan emoji serta kata-kata untuk membuat stiker. Jangan lupa berikan ucapan Selamat Idul Fitri atau Lebaran di kreasimu
  4. Klik tombol Kirim dan stiker buatanmu akan tampil di chat atau group chat WhatsApp.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kartu Ucapan Idul Fitri ala Pinterest

Beberapa waktu lalu, bekerja sama dengan para kreator lokal, Pinterest menghadirkan sejumlah kartu ucapan Idul Fitri yang lebih inklusif.

Dalam blog resminya, Pinterest menilai Idul Fitri merupakan momen perayaan kemenangan umat muslim setelah sebulan berpuasa. Namun terkadang kita lupa untuk merayakannya dengan lebih inklusif dan ramah lingkungan.

Salah satu ucapan Idul Fitri yang dibuat adalah menggunakan bahasa isyarat, karya akun kreator Isyarat Rani dan Caca.

Selain itu, Pinterest juga bekerja sama dengan The Special Hub, sebuah platform yang menjadi tempat kolaborasi untuk seniman disabilitas. Untuk itu, Pinterest menampilkan beberapa desain kartu Lebaran karya para seniman tersebut.

Untuk memudahkan, pengguna Pinterest bisa menemukan berbagai pilihan ucapan Idul Fitri dari para kreator yang bisa diakses melalui laman khusus.

 

3 dari 3 halaman

Lebaran dengan Cara yang Ramah Lingkungan

Pinterest juga berkolaborasi dengan Zero Waste Indonesia untuk mengajak pengguna merayakan Lebaran dengan cara lebih ramah lingkungan.

Melalui kerja sama ini, Pinterest menghadirkan berbagai tips untuk mengurangi food waste Lebaran, baju Lebaran ramah lingkungan, dan tips mudik yang minim sampah.

Lebaran juga momen yang kental dengan nuansa saling memaafkan. Karenanya, Riliv sebagai partner Pinterest yang khusus berbagi inspirasi seputar kesejahteraan diri ikut meramaikan momen ini.

Kini, Riliv membagikan pengalaman para pengguna tentang perjalanan mereka untuk bisa sampai pada titik memaafkan. Perjalanan itu tertuang dalam pin mengenai kutipan tentang memaafkan sebagai inspirasi untuk pengguna lain.

(Dio/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.