Sukses

Ingin Mudik Lebaran Lancar dan Nyaman, Pastikan Install 5 Aplikasi Rekomendasi Ini

Demi menunjang kelancaran mudik Lebaran 2023, terdapat beberapa aplikasi layanan dan hiburan yang dapat menemani kamu selama perjalanan.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang Lebaran 2023, sebagian besar masyarakat akan melakukan perjalanan mudik atau pulang ke kampung halaman. Momen ini pun menjadi waktu melepas rindu bersama sanak keluarga setelah beberapa aturan pada pandemi COVID-19 tahun lalu membatasi kegiatan mudik. 

Demi menunjang kelancaran mudik, terdapat beberapa kebutuhan yang harus dipersiapkan, seperti akses informasi terkait lokasi dan fasilitas kesehatan. Selain itu, akses hiburan pun menjadi hal penting yang perlu dimiliki agar perjalanan lebih seru. 

Untungnya, kini berbagai kebutuhan tersebut telah tersedia dan dapat diperoleh lewat beragam aplikasi smartphone yang mudah digunakan. Penasaran dengan aplikasinya? Berikut ini lima jenis aplikasi yang bisa kamu unduh untuk membantu dan menemani perjalanan mudik versi Tekno Liputan6.com.

1. Aplikasi Khusus Mudik

Setiap tahunnya, aplikasi mudik terus diciptakan sejumlah penyedia layanan untuk membantu perjalanan para penggunanya. Di Google Play Store misalnya, saat ini sudah terdapat berbagai aplikasi khusus mudik 2023 yang siap diunduh.

Salah satu aplikasi yang disarankan pemerintah adalah aplikasi MitraDarat. Aplikasi multi layanan ini menyediakan beragam informasi terkait pengawasan, perizinan, dan operasional bidang transportasi darat. 

Melalui aplikasi smartphone ini, pengguna juga dapat melakukan pengecekan tentang keterangan laik jalan kendaraan, tracking bus yang terintegrasi, peta mudik, serta program Mudik Gratis oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

2. Aplikasi Travel Agent

Bagi pemudik yang menggunakan kendaraan umum, aplikasi travel agent wajib untuk diunduh. Dengan fitur utama pemesanan tiket, aplikasi semacam ini dapat membantu proses pembelian untuk berbagai moda transportasi umum lebih lebih praktis dan efisien ketika mudik Lebaran.

Adapun beberapa aplikasi travel agent yang populer digunakan di Indonesia, antara lain Tiket.com, Traveloka, Agoda, KAI Access, Red Bus, dan masih banyak lagi. Tidak hanya tiket transportasi, beberapa aplikasi ini juga melayani pemesanan hotel hingga tiket objek wisata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Aplikasi Navigasi

Jika kamu melakukan mudik dengan kendaraan pribadi, aplikasi navigasi mungkin menjadi kebutuhan yang dapat memandu perjalanan kamu. Melalui aplikasi ini, kamu dapat mengakses rute perjalanan ke suatu tempat hingga memantau kondisi kemacetan lalu lintas terkini. 

Mengingat kemacetan merupakan hal yang tidak terhindarkan pada jalur mudik, aplikasi navigasi bisa dimanfaatkan untuk mengetahui jalur alternatif yang dapat dilalui. Bahkan, aplikasi ini juga dapat memberikan informasi tentang lokasi SPBU, rest area terdekat, dan ATM.

Beberapa aplikasi navigasi yang dapat diunduh untuk membantu kamu selama perjalanan mudik antara lain, Google Maps, Waze, Here WeGO.

Selainiitu, terdapat pula aplikasi NTMC Mudik yang dirilis oleh Korps Lalu Lintas Polri. Aplikasi ini memungkinkan pemudik mendapatkan berbagai layanan tambahan, seperti Jasa Marga, NTMV TV, JasaRaharja, dan informasi dari Polri.

3 dari 4 halaman

4. Aplikasi Layanan Kesehatan

Aplikasi yang memberikan akses layanan kesehatan secara online ini penting untuk dimiliki demi menunjang kelancaran perjalanan mudik. Guna mengantisipasi terjadinya suatu hal yang tidak diinginkan, kamu dapat mengunduh aplikasi seperti AloDokter dan HaloDoc.

Melalui aplikasi tersebut, kamu bisa berkonsultasi dengan tenaga profesional terkait masalah kesehatan di mana pun dan kapan pun. Layanan tersebut juga menjanjikan respons yang cepat dan memungkinkan penggunanya membuat reservasi dokter, rumah sakit, serta klinik terdekat.

Di samping itu, kamu juga bisa mengunduh aplikasi SATUSEHAT Mobile yang merupakan pengganti aplikasi Peduli Lindungi. Aplikasi ini untuk menyediakan berbagai informasi tentang vaksinasi COVID-19, pelayanan kesehatan resmi dari Kementerian Kesehatan, dan catatan medis elektronik.

4 dari 4 halaman

Aplikasi Hiburan

Untuk membuat perjalanan mudik lebih menyenangkan, berbagai aplikasi hiburan wajib ada di smartphone kamu. Aplikasi ini dapat menemani perjalanan jauh kamu agar tidak terasa melelahkan dan membosankan.

Sebagai informasi, aplikasi hiburan tersebut bisa berupa platform streaming konten video dan audio, maupun aplikasi game online.

Untuk aplikasi streaming, kamu bisa mengunduh YouTube, Netflix, Spotify, Disney+ Hotstar, dan lain sebagainya. Namun perlu diketahui, aplikasi semacam ini membutuhkan koneksi internet yang stabil agar dapat menikmati konten dengan lancar.

Sementara itu, kamu juga bisa mengunduh berbagai aplikasi game yang sesuai dengan preferensi pribadi. Carilah game yang mudah dimainkan, namun menantang dan memiliki banyak level agar kamu tidak cepat bosan saat memainkannya. 

Akhir kata, semoga perjalanan mudik tahun ini berjalan lancar dan kamu bisa bertemu dengan sanak saudara di kampung halaman!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.