Sukses

TikToker Awbimax Reborn Alias Bima Trending Topic Usai Diintimidasi karena Kritik Lampung, Ramai Warganet Beri Dukungan di Twitter

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Sabtu (15/4/2023), sudah ada lebih dari 88 ribu cuitan yang menggunakan keyword Bima di Twitter.

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini, dunia media sosial di Tanah Air sedang diramaikan oleh perseteruan antara pemilik akun TikTok Awbimax Reborn atau bernama Bima Yudho Saputro dengan pemerintah Kota Lampung.

Adapun nama Awbimax Reborn atau Bima menjadi hangat dibicarakan di berbagai platform media sosial, seperti TikTok hingga Twitter, karena video singkat dirinya mengulas "Alasan Lampung Enggak Maju-Maju".

Dalam waktu singkat, video di TikTok tersebut langsung viral dan berbedar ke platform media sosial seperti Twitter.

Saking viralnya video tersebut, Bima mengatakan dirinya sempat dilaporkan ke polisi oleh warga Lampung yang tidak senang dengan videonya tersebut.

Tak hanya itu, orangtua Bima Yudho Saputro juga sempat didatangi pihak kepolisian setempat dan dipanggil oleh Bupati Lampung Timur.

Hal ini diketahui dari curhatan Bima di Instagram Stories akun pribadinya, @awbimax pada Jumat, 14 April 2023, waktu Australia.

"Dan hari ini bokap gue dipanggil sama Bupati Lampung Timur dan polisi dari kecamatan gue juga datang, kayak profiling gitu. Polisi minta ijazah SD, SMP, SMA, dan rekening gue. Semuanya. All the data," kata Bima sambil menangis.

Sontak curhatan Bima ini langsung mendapatkan banyak dukungan dari berbagai pihak, baik dari selebtwit hingga sampai warganet di Twitter.

Saking banyaknya dukungan terhadap pria yang sedang menempuh pendidikan di Australia tersebut, nama Bima trending topic di Twitter.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bima dan Lampung Trending Topic di Twitter

<p>Bima Yudho (Foto: Instagram/@awbimax)</p>

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Sabtu (15/4/2023), hingga berita ini ditulis sudah ada lebih dari 88 ribu cuitan yang menggunakan kata kunci "Bima".

Selain itu, terpantau juga keyword Lampung juga ikutan bertengger di trending topic Twitter hari ini.

Berikut ini adalah rangkuman cuitan warganet berisikan dukungan untuk Bima.

"Bima duta pembangunan Lampung— warga Lampung mengucapkan terima kasih kepada Bima Yudho ketika melihat ada perbaikan Jalan," tulis @Her**** di Twitter.

Akun @ros**** mengatakan, "fyi kabar terkini, pak hotman paris udah di pihak bima guys, malah ngajak dansa tengah malem🗿."

"Bung @gindha_ansori kami kasih saran terbaik ya, silakan cabut laporan terhadap Bima sebab akan menjadi blunder bagi Gubernur Lampung dimana Anda bekerja sebagai tim hukumnya. Silakan membuat pilihan yg bijak," ucap akun @Par****.

Sementara itu, akun Twitter @VLf**** mencuit, "Kebebasan beropini dan memberikan kritik malah dikriminalisasi di negara ini😭👎."

"Benar2 era Bungkam Suara! Menurut pengakuannya, keluarga Bima kena intervensi. Bukannya berbenah, malah kaya gini. Kalau kritikan Bima gak valid, ga bakal byk warga Lampung yg muncul dgn keluhan masing2 pak. Rame ini karena barang kali yg dia keluhkan ada benarnya!" tulis @JS_**** di platform media sosial tersebut.

"Dr video 3 menit cuman kata dajjalnya doang yg dihighlight padahal kritikannya bener semua dan pura2 nggak denger 🤬," cuit @teh****.

"Di kritik warga kemudian memberikan bantahan dengan prestasi/data sebenarnya ❌Di kritik warga kemudian melaporkan ke polisi ✅," tulis @tar**** di Twitter.

3 dari 4 halaman

Klarifikasi Awbimax Reborn: Bukan Bupati Lamtim yang Maki-Maki Ayahnya tapi Gubernur Lampung

Awbimax Reborn Adalah Nama Akun TikTok Pemuda Bernama Bima Yudho Saputro yang Saat Ini Berada di Australia. Kali Ini Dia Bercerita Bahwa Ayahnya Ditelepon Arinal Djunaidi, Gubernur Provinsi Lampung, dan Dimaki-Maki (instagram.com/awbimax)

Perseturuan antara pemilik akun TikTok Awbimax Reborn dengan pemerintah Kota Lampung kian memanas. Sebuah fakta baru pun terungkap.

Jika sebelumnya Awbimax bercerita bahwa ayahnya dipanggil sama bupati Lampung Timur dan pihak kepolisian dari kecamatan tempat tinggalnya, yang terjadi sebenarnya bukan seperti itu.

Menurut laki-laki pemilik nama asli Bima Yudho Saputro, yang memanggil ayahnya pada hari ini, Jumat, 14 April 2023, adalah wakil bupati Lampung Timur.

"Ternyata yang datang bukan bupatinya (tapi) wakil bupati Lampung Timur. Pokoknya, ada alasan tertentu yang membuat bupati Lampung Timur tidak berani nemuin bokap gue langsung, agak segan, gue enggak tahu alasannya kenapa, ya," kata Bima di fitur Instagram Stories akun pribadinya, @awbim

Masih menurut Awbimax Reborn, wakil bupati Lampung Timur bertugas sebagai perantara antara ayah Awbimax Reborn dengan Gubernur Provinsi Lampung, Arinal Djunaidi.

"Terus habis itu, habis ketemu, bokap gue... Bukan wakil bupati-nya yang ngomong (tapi) gubernur provinsi Lampung yang ngomong sama bokap gue langsung lewat telepon," katanya.

"Terus si wakil bupati ini kan nelepon langsung sama gubernur provinsi Lampung, si Arinal, dan terus langsung dikasihkan ke bokap gue," Bima melanjutkan.

Melalui sambungan telepon, kata Awbimax Reborn, Gubernur Provinsi Lampung, Arinal, memaki-maki ayah dari laki-laki yang saat ini sedang menempuh pendidikan dan bekerja di Australia.

4 dari 4 halaman

Gubernur Provinsi Lampung Memaki Ayah Awbimax Reborn

Siapa Awbimax Reborn? Awbimax Reborn Adalah Nama Akun TikTok Milik Pemuda Bernama Bima Yudho Saputro yang Saat Ini Berada di Australia. Dia Viral Usai Mengkritik Pemerintah Kota Lampung.

Dilanjutkan Awbimax Reborn, ayahnya dimaki-maki oleh Arinal Djunaidi dan menyebut sang ayah tidak becus dalam mendidik anaknya. Dan, masih menurut penuturan Bima, Arinal bakalan memproses kasus ini lebih dalam.

"Ya gue sudah kalah deh, Wak. Elu yang punya Lampung, elu yang pemimpinnya, kalau pun gue pulang ke Indonesia, gue akan was-was dong karena kan intel di mana-mana. Tukang bakso di mana-mana," kata Awbimax dari Instagram Stories tersebut.

"Bokap nyokap gue kayak langsung 'Protection visa'," ujarnya.

Awbimax Reborn mengaku bahwa dirinya saat ini sudah enggak bisa menangis lagi. Apalagi ibunya yang dikenalnya sebagai sosok paling tegar.

Beda dengan ayahnya, yang disebut Bima masih sering menangis hingga kini.

"Bokap gue nangis, takut. Bokap gue kan yang diintervensi banget," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.