Sukses

Kembali ke Indonesia, OnePlus Ungkap Perbedaannya dengan Oppo

OnePlus Indonesia mengungkapkan apa yang akan jadi pembeda mereka dengan sejumlah brand lain, termasuk salah satunya saudaranya, Oppo.

Liputan6.com, Jakarta - OnePlus secara resmi menyatakan telah kembali ke Indonesia. Perusahaan pun mengungkapkan sejumlah pembeda mereka dari beberapa produsen smartphone lain, termasuk yang ada di bawah grup BBK Electronics seperti Realme dan Vivo.

"Secara product positioning itu sendiri OnePlus berfokus sama produk yang memberikan pengalaman yang cepat dan juga lancar," kata Arga Bima Simanjuntak, Head of PR OnePlus Indonesia.

Selain itu, Arga juga mengklaim bahwa OnePlus banyak disukai oleh para pengguna yang menginginkan fitur-fitur perangkat yang kuat.

"Jadi itu perbedaan mungkin dengan grup lainnya," kata Arga dalam buka puasa bersama awak media dan influencer di Jakarta, Kamis (13/4/2023).

Sementara dengan Oppo yang merupakan saudara dekat OnePlus, Arga mengungkapkan terdapat perbedaan di antara keduanya

"Oppo punya variasi produk yang luas dan menyasar beberapa segmen. OnePlus berfokus pada target yang menyasar performance smartphone," kata Arga menambahkan.

Sejauh ini, OnePlus Indonesia belum mau mengungkapkan produk HP OnePlus apa saja yang akan mereka boyong ke Indonesia, termasuk kapan akan diluncurkannya.

Untuk saat ini, perusahaan mengatakan akan fokus untuk membangun dan memperkuat komunitas OnePlus di Tanah Air.

Menurut Arga, alasan OnePlus Indonesia ingin fokus ke komunitas terlebih dulu adalah karena mereka ingin mendapatkan saran dan masukan, baik dari sisi produk maupun layanan yang disiapkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

OnePlus Mau Fokus Perkuat Komunitas di Indonesia

Selain itu, keberadaan komunitas juga dapat memberikan anggota informasi yang resmi dan lebih banyak, serta dapat bertukar informasi mengenai produk OnePlus.

"Dan bagaimana kami OnePlus sebagai brand, juga membentuk personality dari setiap member kita," kata Arga menambahkan.

Untuk strategi untuk menghadapi pasar Indonesia, Arga mengatakan OnePlus masih melakukan "seleksi yang tepat seperti apa" misalnya terkait kanal penjualan.

"Namun kami sebenarnya juga terbuka apabila ada masukan dari teman-teman komunitas atau pecinta OnePlus yang mungkin bisa kami bahas di internal," kata Arga.

Ditanya soal produk OnePlus apa dan kapan akan dirilis di Indonesia, Arga menjawab: "Ditunggu saja, paling tidak di tahun ini kami juga akan mengundang teman-teman media untuk peluncuran produk kita."

Produk OnePlus pernah hadir di Indonesia pada 2015, tapi kemudian memutuskan untuk mundur, setelah adanya regulasi TKDN yang mengharuskan perangkat 4G memiliki kandungan lokal 30 persen. 

3 dari 4 halaman

OnePlus Melebur Jadi Satu dengan Oppo

OnePlus sendiri kini telah dipasarkan di lebih dari 50 negara dan dikenal memiliki komunitas yang aktif. Saat ini, ada lebih dari 6,6 juta anggota komunitas terdaftar yang telah membuat 22 juta thread di dunia maya.

Sejak 2021, Oppo dan OnePlus akhirnya secara resmi melebur menjadi satu, dengan OnePlus akan menjadi bagian sub-brand dari Oppo.

Adapun kedua merek tersebut dimiliki oleh BBK Electronics, dan sudah beberapa kali kolaborasi untuk pengembangan hardware dan software di masing-masing produk.

Informasi, pendiri OnePlus, Pete Lau dan Carl Pei sebelumnya pernah bekerja bersama di Oppo. Lau, yang merupakan CEO OnePlus, bertindak sebagai chief product officer Oppo pada Mei 2020.

Meskipun OnePlus sekarang berada di bawah payung Oppo, Lau mengatakan akan tetap beroperasi secara independen. OnePlus akan merilis produk dan mengadakan acaranya sendiri, dan akan terus berinteraksi dengan pelanggan secara langsung.

4 dari 4 halaman

OnePlus Resmi Kembali ke Indonesia

Kepastian kembalinya OnePlus ke Tanah Air sebelumnya diketahui dari kehadiran akun media sosial dan situs web resmi OnePlus Indonesia.

Menurut OnePlus Indonesia, situs resmi mereka sekaligus hadir sebagai wadah interaksi bagi komunitas OnePlus di Tanah Air.

Menurut Chief Marketing Office OnePlus Indonesia Patrick Owen, OnePlus akan memberikan komitmen lebih tinggi dan lebih serius untuk pasar Indonesia kali ini.

"Selain meluncurkan akun media sosial dan website OnePlus, pada tahap awal, OnePlus Indonesia akan menyeleksi pasar untuk dapat melayani penggunanya secara maksimal," tuturnya dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Selasa (4/4/2023).

Selain itu, strategi global perusahaan yang menyasar komunitas juga akan diterapkan di Indonesia.

Patrick menuturkan, hal ini dilakukan kerena mereka menghargai bentuk interaksi dengan para pelanggan untuk memberikan pengalaman digital yang memuaskan melalui beragam produk, termasuk HP OnePlus.

Untuk pasar Indonesia, perusahaan pun berkomitmen menghadirkan varian produk berkualitas. Dalam hal ini, perusahaan akan menawarkan produk berfitur canggih dengan harga terjangkau dan bisa bisa bersaing dengan vendor smartphone di kelasnya.

Nantinya, produk dari vendor asal Tiongkok ini pun disebut akan hadir dengan desain estetik dan teknologi terkini. OnePlus juga berupaya untuk membangun ekosistem smart device 5G sesuai dengan keunggulannya sebagai smartphone yang 'fast and smooth'.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.